Mbak Chantelle

Begitu buka youtube kemaren lusa, aku langsung kegirangan pas ngeliat music video Guts Over Fear nya Eminem sudah rilis di hari itu. Lagu Eminem yang dulu aku download gara-gara ngeliat ada meme Spongebob di bawah ini,



Aku kira lagunya sedih, mellow gitu. Eeeeh sekalinya enggak sih.  Lagunya bagus, keren seperti biasa. Ngemotivasiin kita buat berani ngelawan ketakutan kita. Liriknya yang paling keren itu, 

"So this is for every kid who all's they ever did was dreamt of one day just getting accepted

I represent him or her, anyone similar, you are the reason that I made this song

And everything you're scared to say don't be afraid to say no more

From this day forward, just let them a-holes talk

Take it with a grain of salt and eat their fucking faces off

The legend of the angry blonde lives on through you when I'm gone

And to think I was... gone"

Selain liriknya emang keren, dia nyanyiinnya juga keren, fast rapping uuuuuuh. Dia kolaborasi sama mbak amberegul emeseyu, Sia. Tumben gak sama Rihanna, tapi gak kalah keren kok, keren banget malah. Sayangnya part buat Sia sedikit, coba dibanyakkin.

Pertama-pertama dengerin aku gak suka-suka banget sama lagunya, gak sesuka aku sama lagu Space Bound. Abadi mah kalau Space bound itu. Tapi aku mendadak jadi suka banget gara-gara liat mv-nya, Awal mv-nya sih biasa aja, ada cowok paruh baya yang lagi siap-siap mau tanding tinju, trus flashback tuh ke enam bulan yang lalu, enam bulan yang penuh tekanan, mulai dari bapaknya, istrinya, sampe orang-orang tempat kerjanya. Rada ngebosenin, untung ada penampakan Eminem yang ganteng, pake kupluk dan jumper hitam. Kerennnnn!





Trus di menit 1:42 itu part-nya Sia mulai, aku ngeliat cewek, aku kirain cewek itu Sia eeeeh sekalinya lain. Rambutnya emang blonde, pendek, kayak Sia, tapi itu wig. Mukanya juga gak tembem kayak Sia. Dan yang lebih bukan Sia banget, kulit belangnya. Entah itu penyakit atau apa, yang jelas narik perhatian banget. Yang sempat bikin aku bergidik ngeri ngeliatnya, merinding, lama kelamaan jadi kagum. Dia itu guts over fear sesungguhnya! 


Justru malah pemeran utama mv-nya gak ada apa-apanya dibandingin sama mbak-mbak kulit belang itu. Makna guts over fear-nya nyampe, dia berani pake baju terbuka dengan kulitnya gak normal itu mennn, melawan ketakutan kan itu namanya. Aku sama Kak Ira sempat bahas panjang ngomongin mbak-mbak itu,

"Emang ada beneran penyakit kayak gitu Kak?"

"Ada kok, kayak albino setengah gitu. Coba kamu search di google."
Kak Ira mengakhiri sesi bahas membahas kami.

Aku search di google, dengan keyword "nama penyakit kulit model mv guts over fear" tapi gak nemu, yang nongol tentang mv itu juga sih tapi gak terperinci tentang model mv-nya, apalagi nama penyakit kulitnya huhu. Mungkin karena baru aja dirilis kali ya makanya belum ada banyak yang ngulas.

Besoknya, yaitu kemaren, seharian aku play mv-nya itu mulu di youtube. Biar nambah-nambahin total penayangannya hahaha fans yang baik kans :) Tapi emang karena lagunya bagus, plus model mv-nya itu lohhhhhhhhhhhh!!!!!! Kekagumanku makin nambah aja. Sempat gak habis pikir sih kenapa bukan Sia-nya aja langsung, kenapa pake orang lain buat lipsync-in dia. Tapi emang giitu sih Sia, kayak gak mau terekspos media, dia aja waktu perform Chandelier dia ngadap belakang mulu sampe selesai lagu. Malah model mv-nya yang jadi sorotan banget.

Kekagumanku sama mbak-mbak kulit belang berbuah rasa penasaran. Dia itu memang punya penyakit itu atau didandanin kayak gitu demi kepentingan mv? Pokoknya aku mau tau dia itu siapa! Tapi gak dapat-dapat.

Hasil capture mv Guts Over Fear aku jadiin display picture bbm, aku share di path, berharap siapa tau ada yang ngeh dan bilang kalau ngefans juga, trus bisa cari informasinya bareng-bareng deh haha.

Sampe akhirnya Audya, atau biasa aku panggil Abang, nge-chat aku di bbm.

"Ca dia gila ya habis tereleminasi dari top model?" 

Aku bingung. TOP MODEL? Reality show tentang model-model gitu kah? Rasanya aku pernah dengar acara gitu, Asia's Next Top Model, setauku para finalisnya gak ada yang mukanya kayak mbak-mbak kulit belang, adanya yang kayak Fahrani.

Kayaknya aku bakal tau si mbak-mbak kulit belang itu siapa, dari Abang.

Aku tanya-tanyain tuh si Abang. Dia bilang kalau mbak-mbak itu namanya Chantelle, finalis American's Next Top Model, baru tereliminasi. Lantas aku langsung search, dan nemu!

Makasih Bang makasih banget. Ntar kalau kita ketemu bakal aku ciumin kamu dengan sepenuh hati.

Namanya Chantelle Brown-Young, umurnya ada yang nulis 19 tahun ada yang 20 tahun. Entahlah, yang jelas sekarang aku tau dia bukan mbak-mbak, tapi seumuran sama aku. Dan ya, ternyata dia memang mengidap penyakit itu, nama penyakitnya vitiligo. Kelainan pada pigmentasi kulitnya. Kalau kata Wiki, Wikipedia, Vitiligo dikatakan langka karena hanya 0,5% hingga 1% pria atau wanita yang mengalaminya. Menurut National Institute of Health (NIH), vitiligo biasanya mulai timbul di usia 20-an. Umumnya, jenis kelainan kulit ini dialami oleh pria atau wanita berkulit hitam walaupun tidak menutup kemungkinan kalau ras lain juga bisa mengalami hal serupa.

Gadis berdarah Afro-Amerika itu dipercaya sama Tyra Banks, pengagas sekaligus mentor America's Next Top Model gara-gara postingan-postingan di instagramnya. Jadi singkat cerita si Banks nemuin Chantelle di instagramnya Chantelle. Wow puja teknologi masa kiniiii!!! Banks kagum sama Chantelle dan akhirnya ngasih kesempatan Chantelle buat ikut acara itu. Lucu, pas Chantelle bilang kalau Mamanya putih trus Ayahnya hitam trus dicampur dan jadi gak sempurna haha gitu deh kayaknya, Aku liat di video ini sih,





Sayangnya dia tereleminasi di 14 besar. Tapi gapapa sih, toh sekarang dia bisa bintangin music video, lagu dari penyanyi favoritku juga fufufufu. Lebih beruntung daripada finalis lain perasaan.

Aku kagum dan semakinnnnn kagum! Satu lagi idolaku aaaaaakkkkkkkkk! Dia ngejadiin kekurangannya sebagai kelebihannya. Dia gak malu, sangatttt percaya diri. Dia istimewa. Dia gak kemakan trauma dibully lagi kayak waktu dia sekolah dulu, dimana dia gencar dibilangin "zebra" atau "sapi belang". She's one in a million. She's fuckin beautiful. Kecantikan yang natural.





Chantelle menginspirasi banget. Kekurangan yang dia milikin gak menghalangi dirinya buat jadi "orang", Dia justru bangga sama kekurangannya itu. Oh, itu bukan kekurangan tapi keunikan. Seperti yang dia bilang, 

"Setiap orang memiliki cerita dan latar belakang yang berbeda-beda, seperti saya yang mempunyai 'lukisan' di tubuh"

Sumpah, jadi malu rasanya. Dia aja pede dengan kulit belangnya, masa kita-kita yang punya jerawat satu-dua aja udah males keluar rumah? Kita-kita yang hidungnya pesek udah nangis darah ngiriin yang hidungnya mancung? Kita-kita yang badannya rada gemukkan dikit udah ngeluh sepanjangan surah yasin? Kita-kita yang ngerasa terlalu kurus udah main caci maki diri sendiri aja? 

Lawan rasa minder kita, ketakutan kita, kayak lagunya Eminem tuh. 

Belajarlah untuk menerima diri kita sendiri, girls. Mencintai diri kita sendiri. 

Ya Cha? Bisa kan Cha? 

You Might Also Like

0 komentar