Selasa, 16 April 2013

Wake Me Up When UN Ends


Seharusnya sekarang aku lagi getol-getolnya belajar Bahasa Inggris, mata pelajaran yang (seharusnya) diujikan besok. Seharusnya. Ehm, seandainya. Tapi nyatanya aku lagi nulis ini, nulis tentang kenyataan kalau besok, hari ini, dan kemaren, UN belum dilaksanain. UN nya diundur. Pasti udah gak kaget lagi soalnya kabar ini udah merebak menuhin acara berita di tv.

Pas aku dengar kabar ini pas hari Minggu, aku pikir cuma kabar burung, atau cuma harapan bahkan cuma doa anak-anak yang jadi gila karena UN. Di twitter di facebook pada heboh. Sms-sms dari bubuhannya ngeramein inbox-ku, ngasih tau kalau UN diundur jadi hari Rabu dan jadwalnya menjadi:

 Rabu         : Matematika
Kamis        : Teori Kejuruan
Jum’at       : Bahasa Indonesia
Senin        : Bahasa Inggris

Trus ada sms juga tentang Senin disuruh turun buat dengerin pengumuman dan penjelasan lengkap tentang UN dari Kepala Sekolah. Aku berharap semoga ada perubahan jadwal, ngenes banget hari pertama UN langsung ketemu Matematika.

Seninnya tu kami semua dikumpulkan di lapangan, ada kamera juga disitu bersemayam, kayaknya dari Tepian Channel deh. Iss tapi bagusan Trans TV deh, eh coba Metro TV sekalian huhu. Aaah lanjut, nah kami doa bersama dulu mendoakan anak XII AK 3 yang wafat Sabtu kemaren karena stroke. Aku gak kenal sih anaknya tapi kayaknya pernah liat. Model jilbabnya mirip-mirip Chintya gitu. Begitu dibilang mirip, Chintya langsung panik~

Selesai berdoa bersama, Pak Kepala Sekolah, Pak Ojji, ngumumin kalau UN diundur jadi hari Rabu, dan alasan pengunduran  tersebut karena tersendat di masalah pendistribusian soal. Sebelas provinsi di Indonesia khususnya wilayah tengah Indonesia mengalami pengunduran ini. Kalau bagian Jawa kecuali Banten, dan bagian Sumatra, UN nya tetap dilaksanain pada hari Senin. Aneh, ini tanda-tanda kiamat atau apa, tahun-tahun sebelumnya gak pernah kejadian kayak gini. Ujian nasional tapi kok gak dilaksain nasional serempak se-Indonesia.
Oh iya, pas hari Senin tu  kami nyeplokkin Reny. Sempat was-was sih soalnya takut dimarahin sama Pak Idris yang daritadi matanya udah jelalatan ngeliati kami yang grasak grusuk nyusun strategi. Akhirnya gak jadi nyeplokkin di belakang kantin. Kami pindah ke depan. Reny sempat curiga gitu sih tapi alhamdulillah bisa juga nyeplokkin Reny di depan sekolah walaupun dipelototin sama guru-guru yang masih nongkrong di ruang TU.

Sebenarnya Reny tu ulang tahunnya tanggal 17 hari Rabu besok. Tapi karena kami gak mau ngerusak kekhusyukan UN nanti dan lagian kami gak tahan mau ngeliat Reny berlumur telor tepung maka ritual penceplokan dipercepat menjadi hari ini, gak diundur kayak UN tuh huhu.

Dan ternyata UN diundur lagi menjadi hari Kamis dengan jadwal baru yaitu:

 Kamis        : Teori Kejuruan
Jum’at       : Matematika
Senin         : Bahasa Indonesia
Selasa        : Bahasa Inggris


Nyaho deh nyaho tu. Nyaris gak dipercaya, ini maksudnya apa sihpake dua kali diundur? Ada sih siang-siang Shela sms, “ Kamis kita UN” tapi kutanggapi biasa aja karena ku kira itu berlaku buat sekolahnya aja ehhh sekalinya sekolahku juga, sekolah lain, sekolah-sekolah di sebelas provinsi pokoknya. Aku jadi rajin nonton TV dan bukannya jadi rajin belajar buat nyari-nyari informasi seputar UN. Ada berita banyak siswa datang telat pas UN, ada yang pingsan, ada yang ngelakuin terapi relaksasi sebelum ngerjain soal UN, ada yang minum air cucian kaki Ibunya, ada yang bela-belain potongan 30 juta buat beli kunci jawaban UN, Alhamdulillah sampai saat ini belum ada berita anak bunuh diri gara-gara UN ditunda, kan biasanya ada aja tuh berita anak bunuh diri, tapi gara[gara gak lulus sih.

Tapi bakal ada gak ya yang bunuh diri karena UN gak jadi, UN dibatalin? Ada sih kayaknya, awalnya tuh kan kesenangan kan terus minum-minum sampe mabuk trus pake narkoba kelebihan dosis trus mati deh, bunuh diri kan itu. Itu sepertinya bakal terjadi kalau seandainya sms Dita tadi bener,
 
 Asslkm.. UN thn ini gagal, Kemendikbud akan pastikan lulus untk smua siswa, silahkan cek @detik.com atau http://t.co/md.. Sebarkan, jgn pelit penting ni!”

Sayangnya pas aku cek alamat itu udah gak ada, tulisannya tu ‘Sorry, the page doesn’t exist!’. Gak jadi seneng. Lagian aneh juga masa UN dibatalkan, trus gimana nasib anak-anak yang udah duluan UN. Aku pun smsan sama Dita ngomongin soal itu. Dita nyuruh aku nonton Metro Tv. Tapi apa daya lagi mati lampu tempatku,  jadi pas Mama lagi telponan sama Kak Fitri aku langsung ngomong ke Kak Fitri suruh dia nonton Metro TV. Dari yang aku dengar pas Kak Fitri dekatkan hapenya ke tv sama pas Kak Fitri ngasih-ngasih  tau aku, UN dipastikan bakal dilaksanain Kamis ini. Fhuuuhh legaaaa. Awas  aja diundur-undur lagi bikin kesal aja walaupun ada senengnya juga sih soalnya bisa belajar lebih lagi tapi sumpahhh udah muak liat buku ni. Kata Dina ini semua bukan karena masalah di pendistribusian soal tapi karena kualat udah ngasih soal 20 paket makanya ribet kayak gitu haha.

Yaudah sih intinya hari Kamis anak-anak kelas 3 wilayah tengah Indonesia bakal ngadapin UN, penentu apakah bisa lulus atau enggak. Si empat hari yang sebenarnya gak ada apa-apanya dibanding sama tiga tahun makan bangku sekolah. Si empat hari yang ngegantungin yang nge-php-in kami. Si empat hari yang bakal dihadapi lusa nanti.  Di satu sisi aku, kami, takut kalau empat hari itu datang, tapi di sisi lain kami pengen dia cepat datang dan cepat pergi juga. Aaaah daripada ngerasain abu-abu kayak gini mendingan tidur deh, dalam lautan buku.

Nggg, would you please wake me up when UN ends?

Huuuffh, selamat menyonsong UN.

0 komentar:

Poskan Komentar

POSTINGAN YANG LAKU

GUMPALAN KESEHARIAN

BLOG BINAL INI DILIHAT BERAPA KALI?

PARA PENGETIK YANG TERJERUMUS

Copyright © Pelacur Kata | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com