Yang Enak Pas Lagi Naik Motor

Siapa yang suka naik motor sambil dengerin lagu? 


Bukan, bukan dengerin lagu pake boombox trus ditenteng-tenteng pas lagi naik motor. Tapi pake headset.


Sekali lagi....


SIAPAAAAAAA? 


Mari kita ditilang bersama. 


Pada kenyataannya, aku gak pernah ditilang gara-gara dengerin lagu pake headset pas lagi naik motor. Cuma pernah ditilang gara-gara nerobos lampu merah, lampu depan motor gak nyala, dan berada di jalur zebra cross pas lagi di lampu merah.


Cuma itu.


Sumpah, aku gak bisa menghilangkan kebiasaan naik motor sambil dengerin lagu, sebuah kebiasaan yang bisa membahayakan keselamatan saat berkendara. Rasanya ada yang kurang aja kalau gak ada yang nyantol di telinga pas lagi menyusuri jalan. Dan ya, mungkin karena aku ngerasa musik itu pelarianku dari hal yang menyebalkan. Entah dari hal menyebalkan di rumah atau dimanapun.



Padahal Mama udah berulang kali ngelarang aku. Tapi memang dasar aku anak yang berbakti, aku tetap aja pake headset dengan cara kabel headsetnya diumpetin di balik jaket pas mau berangkat, atau pake headset pas udah agak jauh dari rumah. Berbakti banget. Ya, berbakti sama headset. Astaghfirullah.


Dan aku punya lagu-lagu tersendiri yang aku rasa cocok didengerin pas lagi di jalan. Lagu-lagu yang bikin aku pengen di jalan aja terus ngendarain motor, gak usah nyampe-nyampe.


Berikut ini adalah lagu-lagu yang sukses ngehabisin bensinku.


1. Sweet Disposition - The Temper Trap

A moment of love
A dream
A laugh
A kiss
A cry
Our rights
Our wrongs
A moment of love

Ost. 500 Days of Summer ini enak banget didengerin pas lagi dalam perjalanan. Perjalanan pake kendaraan apapun, kemanapun. Ke rumah gebetan buat nembak dia jadi calon yang diselingkuhin, eh jadi pacar, misalnya.


Aransemen musiknya yang unik dan easy listening serta bikin nagih buat di-play seolah bikin aku ngerasa jalanan yang aku telusuri itu cuma milik aku aja. Bukannya bikin jadi gak peduli sama pengendara motor lain, tapi jadi ngerasa gak malu kalau bersenandung di jalan plus senyum-senyum. Entahlah, banyak perasaan aneh yang muncul kalau dengar lagu ini. Salah satunya, ngerasa secantik Zoey Deschanel. Bahkan lebih cantik.

Jangan muntah, please. Gak ada kantong plastik.


2. Everybody's Changing - Keane

I try to stay awake and remember my name
But everybody's changing
And I don't feel the same

Gatau ya, suaranya Tom Chaplin yang diiringi sama alunan piano drum dan alat musik lainnya itu loh....... bikin ngerasa bodo amat sama makna lagunya yang aku gak ngerti, yang penting suaranya bagus. Sumpah, aku gak ngerti sama makna lagu ini, udah cek di sini juga tapi masih gak ngerti. Kayaknya kemampuan bahasa inggrisku harus diminumin obat kuat deh, habisnya lemah banget.


Lagu ini bikin pandanganku gak sekedar noleh ke arah depan aja, fokus ke jalanan, tapi pengen mandang ke sekeliling sambil senyum-senyum bijak nyenandungin lirik di atas. Ngeliatin pengendara motor lain. Ngeliatin pengendara mobil. Ngeliatin yang lagi jalan kaki. Ngeliatin yang lagi nyeberang. Ngeliatin yang lagi dibegal.


3. Angel's Blue Jeans - Kara Flowers

How can I miss anything about you
When I don't even know what your name is?
I feel like I know you as well as I know the sun
So please tell me where is my sunshine now

Tiap dengerin lagu ini, aku selalu ingat momen pas lagi girang-girangnya gowes sendirian pagi-pagi waktu masih SMK. Pokoknya dulu lagu ini udah kayak jadi sarapan pagi.

Sekarang, sekalipun pas lagi dengerin lagu ini sambil naik motor, rasanya kayak lagi naik sepeda. 

Petikan santai dari gitar bikin yang dengerin lagu ini jadi ngerasa santai juga. Belum lagi sama suara Adam Levine yang sudah tersohor keunikannya itu, huaaaaa adek pengen meluk kamu dari belakang pas dibonceng, Bang! 


Btw, Kara's Flowers ini nama band Adam Levine dkk sebelum bernama Maroon 5, sebelum James Valentine, gitarisnya yang terkenal dengan rambut panjang Sunsilknya itu bergabung dengan mereka. Dan ya, suara Adam Levine ternyata emang seksi dari dulu. Orangnya juga. Ah.


4. Us - Regina Spektor

We're living in a den of thieves
Rummaging for answers in the pages
We're living in a den of thieves
And it's contagious
And it's contagious
And it's contagious

Ini lagu bikin ngerasa kijil sendiri kalau didengerin pas lagi naik motor. Bikin senyam-senyum di jalan. Jadi ngerasa kasmaran. Pemandangan di sekeliling itu jadi kayak ada daun-daun beterbangan. Bunga bermekaran, banyak pohon-pohon rindang di sisi jalan.

Dan kayak ada angin bersemilir yang membelai wajah, mengibaskan rambut, mengacak-ngacak poni. Padahal lagi pake helm.



Suaranya Regina Spektor bener-bener emas di lagu ini. Improvisasi yang khas itu susah buat diikutin. Aku paling suka pas di lirik, "And it's contagi-oooo-us." Kadang, tanpa sadar, aku suka berbisik ke diriku sendiri kalau dengerin lagu ini. Berbisik, 

"I love us. You and me both." 

Lagu Regina Spektor yang satu ini juga jadi original soundtracknya 500 Days of Summer. Bahkan Regina juga punya lagu Hero sebagai original soundtrack di film itu juga. Keren, Mbak Reg! Kenapa gak sekalian aja jadi pemain di film itu. 


5. Style - Taylor Swift 

You got that long hair, slicked back, white t-shirt
And I got that good girl faith and a tight little skirt
And when we go crashing down, we come back every time
'Cause we never go out of style

Jujur, rasa sayangku (?) ke Tay mulai pudar pas dia mengumumkan ke seluruh dunia kalau dia hijrah dari aliran musik country ke pop. Aku lebih suka Tay dengan gitarnya, bukan Tay dengan joget-joget kakunya di MV Shake It Off.

Entahlah, apa cuma aku aja disini yang kurang suka sama gebrakan yang dibuat sama cewek yang sekarang hobi pake lipstick merah tebal ini. Aku ngerasa kesan cantik yang ditampilkan udah gak senatural dulu lagi (bukan karena lagi sirik sama Taylor Swift kok nulis ini). Tapi terkecuali di lagu Style ini. 


Kampret lah, disini Taylor bener-bener cantik. Bibirnya itu loh, emutable banget. Lagu ini juga nimbulin sensasi yang sama kayak yang ditimbulkan lagu Us, yaitu angin membelai wajah. Cuman, kalau dengerin lagu ini. segalanya serasa slow motion. Bawaannya pengen noleh sekeliling, ngibasin rambut, dengan muka pose beku ala model. 


6. Rap God - Eminem 

I'm beginning to feel like a Rap God, Rap God
All my people from the front to the back nod, back nod
Now who thinks their arms are long enough to slap box, slap box?
They said I rap like a robot, so call me rap-bot

"WHAT A BEAUTIFUL FUCKING SONG!!!!!!!!" teriak Alzhema dari kejauhan. 

Lalu berusaha merebut kuasa keyboard ini, tapi keburu kucegah. Bukan giliranmu buat ngisi postingan kali ini, Zhem!

Lagu ini bikin aku pengen jadi secepat dan seganteng (?) Marc Marquez kalau lagi didengerin pas lagi naik motor. Biasanya ngepas banget sama momen-momken mengejar lampu hijau yang beberapa detik lagi berubah jadi kuning lalu merah. Bikin kakiku menghentak dengan beringasnya di pijakan motor. Kadang ditambah dengan gelengan kepala sama badan yang naik turun ngikutin irama, serta mulut yang komat kamit sok-sok hapal sama liriknya. 


Aku jadi ingat sama Zai yang teriak pas dengar lagu ini di depan rumahku setahun lalu, tapi masih terngiang jelas di telingaku,  

"Why be a king when you can be a God? Faaaakkkk! Sombongnya! HAHAHAHA."

Emang sombong sih. Tapi sombong yang keren. Eminem memang pantas jadi Tuhannya rap. Aku dan Zhema udah jadi salah satu hambanya. Walaupun ada rapper di dunia ini yang punya kemampuan ngerap lebih cepat dari Eminem kayak Mac Lethal atau Busta Rhymes. tapi tetap Eminem Tuhannya. Seperti yang aku baca di kolom komentar MV Detroit vs Everybody,

"No one said being a Rap was about how fast you rap. It's about how you combine those lyrics how you fit them on a beat, how well the message gets through to the listener. Not how many you can say in 30 seconds." 


8. Break Your Heart Right Back - Ariana Grande ft. Childish Gambino



All this time, I was blind running round telling everybody
My baby loves me, my baby love me

My baby, my baby

My baby loves me

Kepincut sama lagu ini gara-gara si Ariana featuring Childish Gambino, rapper yang single Sweatpants dan muka datarnya aku jatuh cintain. Selain sama Big Sean si mantan pacar, Ariana juga keren kalau dipasangkan sama rapper lain, Lagunya sendiri bercerita seorang cewek yang patah hati karena selama ini ternyata si cowok gak sayang sama dia, dan si cewek pun matahin hati cowok itu. Balas dendam ceritanya.


Dengerin lagu ini pas lagi naik motor, rasanya kayak ikutan patah hati terus diumumin ke semua orang di jalan. Bahkan kalau udah terlalu menghayati lagu ini, aku suka teriak-teriak nyanyiin liriknya dengan mata berkaca-kaca sedikit, sambil ngebayangin lagi ngebonceng cowok yang udah bikin aku patah hati, trus sambil ngancam dia, 

"Tell them, you love me! YOU LOVE ME! ATAU AKU TURUNIN KAMU SEKARANG!"



Sebenarnya masih banyak sih lagu yang suka aku dengerin kalau lagi naik motor. Tapi daripada mata yang baca postingan ini tambah jereng ngebacanya, jadi cuma tujuh lagu aja. 

Semoga jadi ada yang berminat buat download lagu-lagu di atas, atau ada yang terinspirasi dengerin lagu sambil naik motor kayak aku, dan ditilang bareng aku. Duh, jangan sampe deh ditilang beneran. apalagi kecelakaan beneran. 

You Might Also Like

61 komentar

  1. Aku kalo naik motor gamikirin mau denger lagu apaan. Pokoknya cepat sampai udah lega, dengerin lagunya lebih puas pas udah nyampek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemikiran yang harusnya ada sama aku juga, Tapi masih gak bisa juga buat berpikir kayak gitu, masih aja keukeh pake headset :(

      Hapus
  2. Kalau naik motor biasanya saya gak suka dengerin lagu, sukanya malah nyanyi2. sekalian nambah2 penghasilan jadi tukang ojeg sambil ngamen gitu :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sukanya dengerin diri sendiri nyanyi ya?
      Waaah, bisa-bisa. Multitasking gitu ya :D

      Hapus
  3. Aku suka dengerin lagu-lagu itu (Keane ama Eminem) tapi nggak saat naik motor. Belom pernah nyobain, karena khawatir gak kedengeran kalo ada temen yang manggil. Misal, pas di lampu merah.

    Tapi kalo lagi dibonceng, hayuklah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dicobain ntar ketagihan kayak aku, Bang :(

      Iya sih, temenku suka bilangin aku sombong gara gara dipanggil gak nyahut pas di jalan, padahal bukannya gak mau nyahut tapi karena gak denger.

      Iya Bang, kalau dibonceng terserah aja mau ngapain, asal gak gelitikin yang ngebonceng aja. Kalau dibonceng aku sampe bisa ketiduran malah. Haha parah ya :(

      Hapus
  4. Dulu gue sering banget dengerin musik pas lagi naik motor gitu. Kalo lagi macet, ngilangin stres banget pokoknya. Semenjak ada pembegalan, udah enggak pernah. Takut sendiri. Pas lagi dikasih tau sama orang, atau diteriakin orang kalo jangan lewat jalan itu atau gimana, nanti nggak kedengeran. Berusaha jadi pengendara yang baik. Eaakk :)

    Lagu yang lu tulis itu, jarang banget yang gue denger, paling Keane doang. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu faktor kenapa aku suka dengerin lagu pas naik motor itu supaya gak mati bete di jalan sih, Yog. Sama, Yog, kalau macet kerasa hilang stressnya kalau dengerin lagu,

      Apa aku harus dibegal dulu biar kapok dengerin lagu pas naik motor? Huaaaa. Astagfirullah. Jangan sampe deh.

      Lucu, awalnya nulis postingan ini cuman mau ngasih tau playlist aja siapa tau bisa asik di telinga orang lain bukan di telingaku, tapi kenapa malah jadinya aku mau berubah ya jadi pengendara tanpa headset, Yog. Hahaha.

      Yang Keane kebanyakan cowok-cowok yang suka, sama kayak Bang Haw juga. Iya enggak sih?

      Hapus
  5. Aku ga suka denger lagu sambil naik motor. Bukan ga suka, sih, tapi ga berani. Takut kenapa2 di jalan. Konsentrasi jadi pecah.
    Ngomongin ditilang, pernah beberapa kali. Pertama muterin bundaran HI Jakarta (motor ga boleh lewat situ), sama nerobos lampu merah. Soalnya tanggung, kalo berhenti takut ditabrak dari belakang. Eh, malah kena tilang.

    Btw, masih asing banget sama lagu-lagu di atas, Cha. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, Nggo. Tapi anehnya aku malah gak konsen kalau gak sambil dengerin lagu. Kalau gak dengerin lagu aku suka melamun soalnya.

      Nah iya, aku juga pernah ditilang gara-gara nerobos lampu merah gara-gara alasan "Soalnya tanggung" itu. HAHA TOSS!

      Dengerin aja, Kakak Renggo. Apalagi lagu yang nomor 6 itu, Kak, harus didengerin. *ini Alzhema yang ngetik*

      Hapus
  6. Gue juga suka tuh Sweet Disposition. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagunya bagus kan, bikin eargasme kalau didengerin terus-terusan :D

      Hapus
  7. Buset woy, ini rap god sambil naik motor?! Heeeeeeh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha. Biar kerasa lagi diboncengin Eminem, Her.

      Hapus
  8. Dulu gue suka dengerin lagu sambil naik motor, tapi setelah banyak kasus kecelakaan akibat menggunakan hedset saat berkendara, gue jadi gak lagi. Mending nyanyi2 aja. Bahaya men. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, bahaya. Sekarang belajar buat jauhin headset pas naik motor aaaaahh :)

      Hapus
  9. Asal sepanjang jalan ada temen ngobrol aja. Kalo sendirian naik motor, ogah! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada teman masih ngerasa aman ya, Mbak. Kalau sendirian, apalagi kalau malam, gak denger kalau ada makhluk halus yang manggil-manggil. Eh tau-taunya itu makhluk langsung muncul di depan muka, huaaaa. Alah aku ngetik apasih ini :(

      Hapus
  10. yang enak pas lagi naik motor itu ngupil mba *ekh :v
    untung belum pernah kena tilang smpe sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau ngupil pake jempol kaki. Hahaha.
      Bagus, lanjutkan terus. Sukses ya shay~

      Hapus
    2. Kalau susah pake kaki sendiri, yaudah pake kaki orang aja :D

      Hapus
    3. bisa jadi tuh, pke kaki yang di bonceng :D

      Hapus
  11. Hahahaa sama cha. Aku juga suka gitu orangnya, kadang bahu sampe ikut2an goyang sambil dengerin lagunya.

    walaupun orang2 yg liat dijalan jadi heran sendiri. Hahaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Iya kadang suka lupa diri kalau dengerin lagu sambil naik motor. Lama-lama ntar lupa nyawa sendiri sama nyawa orang. Astaghfirullah :(

      Hapus
    2. astagfirulloh
      jangan sampe chaaa

      SEREEEM HAHAAA

      Hapus
  12. Aku pernah nyobain dengerin lagu pake headset pas naik motor, tapi gak cocok. Rasanya aneh. Gak pernah lagi sampai sekarang, Cha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya bagus, Kalau yang udah ngerasa cocok susah buat ngehilangin kebiasan itu. Kayak aku, Dar :(

      Hapus
  13. Gue baru tahu lho kalo denger lagu pas naik motor bakal ditilang. ._.
    Padahal kan di mobil ada radio, tv, dll. Tapi kalo mobil enggak ya? Hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temenku pernah kena tilang. Cuman diperingatin sama polisinya aja sih.
      Tau situ sering bawa mobil, Di. Mobil tunjuk, alias angkot kan ya? Hahaha.

      Hapus
  14. Aku ngga pernah dengerin lagu pas lagi bawak kereta, Cha.. Ngga sukak aja.. :P Mungkin karena dulu pernah kecelakaan berkali-kali, jadi lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu. Eaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta api, Beb? Atau bahasa Medannya motor itu kereta?

      Iya, kecelakaan bikin kapok, bikin jadi lebih berhati-hati. Aku juga pernah kecelakaan, tapi kecelakaan cemen macam jatoh sendiri karena lobang besar di jalan sama nabrak mobil di depan gara-gara melamun. Haha.

      Hapus
    2. Errr.. Motor, Cha.. Motoooorrrr.. -_-

      Lha.. Itu kan sakit jugak toh? :P
      Enggak sih. Keknya uda sok sadar diri aja, semacam faktor U. Uda takut kenapa-napa. :P

      Hapus
    3. Ooooh. Hahaha. Maklum, Beb. Gak pernah ke Medan xD

      Iya, sakit :( Tapi gak keren kayak orang-orang yang sampe patah kaki. Hehe.

      Iya sih, aku takut kenapa kenapa, takut mati muda juga, belum ngerasain nikah soalnya. HAHAHAHA.

      Hapus
    4. Hahah.. Nikah apa kawin nih? :P

      Hapus
  15. Aku ndak bisa naik motor *ngumpet malu* tapi kalu dijalan biasanya suka ndengerin radio aja biar random lagunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti bisa naik kuda? Atau onta? *loh
      Iya, dengerin radio juga asik. BIsa request lagu sama kirim salam buat mantan juga. Haha.

      Hapus
  16. Gue gak bisa naik motor, lebih sering naik angkot. Di angkot juga diputer lagu kok. Bedanya, ya... paling yang diputer lagu dangdut koplo

    Btw, kunjungan pertama kesini. Salam kenal~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sering dengerin lagunya Duo Serigala yaaaa, eh Duo Serigala itu genrenya dangdut koplo gak sih? xD

      Iya, salam kenal juga Robby~

      Hapus
  17. dari sekian list, aku suka keane, lagunya pas banget ngiringin kita lagi otewe ya kann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lagunya bagus. Lagunya Keane kalau gak salah ada di postingan Mbak Nita juga ya :D

      Hapus
  18. Ehh beneran itu kalo ndengerin lagu make headset waktu berkendara bisa ditilang ..??
    Tau aja ya polisinya, kalo kita lagi dengerin lagu, padahal kan biasanya ketutup helm . . -_-
    Canggih !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,temen aku pernah kena tilang, Ka. Tapi aku belum pernah sih kena tulang, eeh tilang. Mudahan gak akan pernah :D

      Tapi jarang juga sih ada polisi yang capek-capek mau nilang. Kadang udah tatap-tatapan sama polisinya gitu, keliatan banget kabel headsetnya, tapi dilolosin aja.

      Hapus
  19. Saya juga dulu sering dengerin lagu kalau sedang naik motor, apalgi kalau lagi perjalanan jauh, serasa lebih deket hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul, serasa lebih dekat ya. Perjalanan ja gak berasa. Tapi kalau udah kecelakaan, baru deh kerasa :(

      Hapus
    2. hahahadeh amit-amit deh, emang biar aman taati peraturan lalu lintas, kalau perlu nggak usah pake headset tapi disetel keras2 aja he he he

      Hapus
  20. sepakat banget, baru ngebayanginnya ajah kayanya melakukan hal-hal yang tertera diatas udah nikmat dan enjoy banget, apalagi jika beneran di praktekin...pasti makjleb banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya nikmat dan enjoy banget, tapi kalau kelewat enjoy bisa kecelakaan, Mang :(

      Hapus
  21. Tobat cha, jangan dengerin lagu saat mengendarai...Gak kasian apa sama orang dirumah, banyak menanti kedatangan mu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perlahan lahan udah mulai tobat kok. Kasian juga sama Mamaku yang suka ngelarang larang buat dengerin lagu di motor ;/

      Hapus
  22. nih ca, kali aja li mau nambahin list buat nemenin diperjalanan, gue juga sering dengerin ini kalo lagi berangkat kuli~
    1. A Static Lullaby - Bear Trap, Toxic, love to hate hate to me, Scavenger etc~
    2. Walk Of The Earth - Man Down, Rule The World, Rude, Royal, Summer Vibe, Am I Wrong, Magic, etc~
    3. BFMV - Hand of Blood, Hearts Burts Into Fire, Waking The Demon~
    4. No Doubt - Don't Speak
    5. MSG - Nightmare
    6. The Red Jumpsuit Apparatus - Angels cry, Believe, Face Down, Guardian Angel.

    tuh coba :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak amat. Huahahahahahahahahahahaha makasih yak! *sembah sujud*

      Ada yang beberapa yang aku tau, kayak Don't Speak, Face Down, sama Guardian Angel. Sisanya baru tau dari kamu, Di.

      Yang Guardian Angel seringnya pas mau tidur dengerinnya. Asik juga kalau didengerin sambil naik motor ya :D

      Hapus
    2. ngahaham kali aja suka gitu.

      coba download gueardian angel yang di cover fiersa besari deh, sama enak tuh, ca \m/

      Hapus
    3. Di, aku kok gak nemu guardian angel cover nya fiersa besari di youtube :( Malah nemu yang dia cover Call Me Maybe. Youtube-ku yang pelit atau gimana :(

      Hapus
  23. Saya dulu paling sering naik musik sambil dengerin motor. Eh kebalik... Musiknya yang ngebeat model musik dugem, jadinya bawa motornya semangat dan ngebut, hehehe... Tapi sekarang udah gak pernah lagi dengerin musik. Nice share icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu-lagu EDM gitu ya, Hen?
      Iya, kalau lagi dengerin lagu jadi semangat dan ngebut. Haha.
      Hehe makasih makasih :D *sembah sujud*

      Hapus
  24. yg sweet disposition aku suka tuh. lagunya enak banget didengeerin.

    satu lagi, lagu dear god dari avange sevenfold... keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sweet kan lagunya :)

      Njiiiiiiirrrrrr, yang Dear God bikin nangis pas waktu SMP. Maknanya dalem :(

      Hapus
  25. gue paling nyanyi-nyanyi pas naik motor, trus gara-gara itu gue sering masuk angin dan gampang radang tenggorokan,
    habis itu gue cuma dengerin doang lewat headset, tapi ya gak niat-niat kek lo cha.. haha
    cobain (McFly - All About you, Little Joanna) atau (Jack Johnson - Banana Pancakes, Better Together, semua deh)

    BalasHapus
  26. naik motor sambil musik is the best

    BalasHapus