Rabu, 13 Mei 2015

Dear LDR

Nomor gak dikenal tiba-tiba mengusik handphoneku, yang lagi aku gerayangin dalam rangka ngeliatin foto-foto jaman dulu. 

“Halo?" sapa suara di seberang sana.

“INI SIAPA?” 

“Zai.”

Dan seterusnya, suara ketusku berubah jadi suara terlalu ramah, atau lebih tepat disebut sebagai suara manja-manja-kegirangan-bikin-jijik. 

Zai nelpon aku pake nomor salah satu juru masak di mesnya. Katanya, hape juru masak itu paling kuat buat nerima sinyal daripada hapenya dan hape teman-temannya. Jadi selain dia, teman-temannya juga turut buat make hape itu. 

Setelah dulu harus naik ke menara atau ke bukit, harus berada ke Sangkulirang, dan sekarang harus minjam hape orang demi saling bertukar kabar dan menghujat lewat telpon? 

Sekali lagi, aku ngeliat betapa hubungan kami diuji sama sesuatu yang keparat bernama sinyal.

Aku langsung keluar dari kamar, turun ke lantai bawah, sambil kegirangan. Oh iya, aku tidur bareng Mama dan Nanda dalam satu kamar, tapi beda tempat tidur. Padahal di rumah ada satu kamar lagi di lantai bawah, yang bisa ditidurin sama Mama, ataupun sama aku. Tapi Mama bilang kamar itu gak bikin tidur nyenyak entah karena apa. Begitu aku pengen nempatin kamar itu, Mama langsung berdalih kalau aku bakal gak kenal yang namanya tidur malam kalau dibiarin tidur sendirian. Faaaak lah. Eh, fa afaan (gak maksa kan?) Mama ini.

Gak masalah sih sebenarnya tidur sama adek sendiri dalam satu kamar, tapi kalau tidur sama Mama? Bukannya apa-apa, tapi aku ngerasa gak bebas aja. Beliau gak bisa tidur kalau anaknya masih nonton TV atau sekedar main hape. Jadi kalau beliau udah mau tidur, kami harus tidur juga, Buat Nanda yang emang gak hobi tidur larut malam, itu gak jadi masalah. Buat aku, itu juga gak jadi masalah sih. Selama aku bisa pura-pura tidur beberapa menit dan pas beliau tidur terlelap baru aku bisa melanjutkan apa yang aku lakukan tadi, kayak main twitter, nonton film di laptop, atau ngeblog. Jangan ditiru ya, anak-anak. 

Lanjut, nah jadi aku langsung turun, dan bisa ditebak, Mamaku langsung terbangun. 

“Siapa yang nelpon?”

“Zai, Ma.” 

Meski dengan matanya yang sayu efek baru bangun tidur, Mama masih bisa menatapku tajam.

Sebentar lagi aku bakal disuruh tidur, dan berakhirlah telponan indah yang jarang-jarang terjadi ini. Aaarrrrrggghhh!!!

“Jangan belinyai (bahasa banjar, artinya berhambur) di kamar lah, di ruang tengah aja.” 

Kemudian beliau membalikan badannya. Lanjut tidur.

Ini tumben induk singa gak marah kalau aku telponan jam segini. 

Aku kembali meneruskan phone sex, eh meneruskan telponanku sama Zai. Kami ngobrolin banyak hal, meski dengan suaranya yang kadang hilang dan suaraku yang hilang juga, dengan telpon yang tiba-tiba terputus karena sinyal tiba-tiba hilang.  

Seperti biasa dimulai dari aku dan dia mengambil peran sebagai pendengar sekaligus penghujat ulung atas apa yang aku ceritakan. 

Sempat ada hening beberapa saat ketika ceritaku habis. Sampe akhirnya,

"Eh, kamu pernah nonton film Dear John gak?" Zai memulai obrolan baru.

"Gak pernah. Emang itu film apa? Bagus kah? Siapa yang main?"

"Channing Tatum. Tau Channing Tatum gak?"

"TAU AY, YANG DI 21 JUMP STREET ITU KAN?" 

"Tumben tau. Iya, yang itu. Yang jadi ceweknya itu Amanda Seyfried, yang semok itu."

"Terus terus, ceritanya bagus?" Aku langsung cepat-cepat skip yang masalah semok, ntar ujung-ujungnya dia ngolokin berat badanku yang segitu-gitu aja.

"Enggak juga sih. Ceritanya tuh tentang Channing Tatumnya itu tentara, dia sama si Amanda... Beuh, LDR." Ada ketawa yang ditahan pas mau nyebutin kata terakhir. 

Zai pun dengan luwesnya menduduki posisi sebagai pembicara. Menceritakan alur film Dear John. Menorehkan senyum dan tawa di bibirku sekaligus.

"Akhirnya Amandanya nikah sama si Tim, bapaknya anak yang kena autis itu. Dia kan dapat cuti terus dia nemuin Amanda, tau-taunya Amandanya udah nikah sama orang lain. Apa dia langsung gak galau. Maka alasannya tuh karena si Tim gak ada yang ngurus. Alasan aja. Bangkai."

"Oh gitu ya. He he he he he. Ntar aku download lah." 

Hening kembali tercipta. Aku menoleh ke arah jam dinding. Udah jam dua belas aja.

"Aku keingatan kamu pas ngeliat Amandanya kayak gitu." 

"Kenapa? Aku cantik kayak Amanda ya? Ya-ya emang sih."

Sebenarnya aku tau maksudnya dia apa, tapi you know kan, cewek, kadang pura-pura bloon biar si cowok ngomong lebih jauh dan lebih jelas, yang bikin si cewek seneng. Eeeh, itu rahasia cewek sih sebenarnya.

"MATAMU! Kamu mirip kayak dia, yang. pina iya-iyanya nyuruh cerita semua yang dilakuin, eeh ntar ujung-ujungnya nikah sama orang lain."

"Emang cewek semua kayak gitu kan, minta cowoknya cerita apa yang terjadi sama cowoknya?"

"Bukan itunya sih. Hhhhh. Makin bungul ya kamu. Maksudnya, antara kamu sama aku, kamu yang paling takut diantara kita ada yang selingkuh. Kamu yang paling pengen dikabari, diceritakan apa yang terjadi. Kamu yang kelihatannya paling takut kehilangan. Sama kayak Amanda. Tapi nyatanya dia malah sama yang lain, bukan sama Channing padahal udah setia. Udah ngerti, Bitch?"

Sudah ngerti dari awal sih sebenarnya. Tapi masih belum ngerti kenapa kamu jadi mendadak alay gini, nyama-nyamain kisah di film kayak kisah sendiri. Tapi aku suka kamu alay, Asshole. 

Jawabku dalam hati. 

Habis itu aku berkoar-koar untuk gak jadi kayak Savannah, nama karakter Amanda di Dear John. Dan dia menanggapi dengan cemoohan, kayak meremehkan. Nyebelin sih, tapi emang dasar salahku dulu pernah jadi Savannah. Jadi dia masih suka ngungkit yang waktu itu. 

Kelar telponan, sekitar jam setengah satu, aku kembali ke kamar. Tujuan utama memang untuk tidur, tujuan lainnya untuk ngeliatin foto alay yang aku gantung di kamar pake tali yang entah apa namanya, bentuknya mirip tali jemuran. Ngeliatin fotoku sama Zai dari dua tahun lalu sampe terakhir ketemu, Januari kemarin. Sambil browsing soal film Dear John.

quote paling aku suka. alah, padahal belum nonton filmnya.
Dengan terasa, baru, atau udah empat bulan kami terjerumus ke dalam long distance relationshit.

Aku benci pake kalimat 'gak terasa', yang biasanya dipake buat status menjelang lebaran, atau kelulusan. Gak terasa udah mau lebaran aja. Gak terasa udah mau lulusan, pisah sama teman-teman. 

Aaaakk. Bullshit! Seenggaknya buat yang lagi LDR, kalimat 'gak terasa' itu bullshit. Karena nyatanya, LDR itu sangat amat terasa. 

Rasanya aneh LDR-an tapi gak kayak orang-orang. 

LDR yang bukannya dipisahkan sama pulau, selat, laut, jarak ratusan bahkan ribuan kilometer, planet. Kami masih di provinsi yang sama, kalau mau ke tempat dia berada harus menempuh perjalanan selama tujuh jam. Tapi aku baru tau, itu baru nyampe di Sangkulirangnya aja. Karena sesungguhnya dia berada di kawasan perkebunan kelapa sawit. Dari Sangkulirang kesana menempuh waktu sekitar dua jam dengan menyeberang laut. Menurutku lebih kampret daripada menempuh perjalanan keluar provinsi.

LDR yang gak diwarnain telponan smsan bbman Line-an tiap hari, bertukar kabar tiap hari. Dari jaman belum LDR, kami emang jarang komunikasian tiap hari. Ditambah dengan LDR, makin jaranglah komunikasian. Bukan lagi soal sifatnya yang gak suka komunikasian macam nanyain lagi-apa, udah-makan,-udah-boker, tapi soal sinyal yang susah didapat. Hampir sebulanan ini mulai bisa bbman sih, tapi kampret juga. Wi-fi disana kadang udah kayak terong-terongan pake celana sama baju ketat, minta disodomi pake powerbank. Nyebelin banget. Sering centang aja. Pas obrolan lagi seru-serunya, tiba-tiba centang, besok baru terkirim. Kan eek. 

LDR yang tercipta bukannya karena kami beda pulau saling jatuh cinta. Gara-gara dia lulus kuliah dan harus, atau mau, entahlah, kerja sesuai apa yang dia pelajari dulu waktu kuliah. Dia masuk SMK SPP (SPMA) Negeri Samarinda, sekolah menengah kejuruan dengan sistem asrama, mempelajari pembangunan pertanian. Kuliahnya pertanian lagi, di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Itu anak kayaknya cinta banget sama pertanian, bukannya sama aku.

LDR yang aku pikir bakal berjalan dengan menyedihkan, ternyata berjalan dengan..... sangat menyedihkan. Aku kayaknya gak bisa tegar kayak pejuang LDR lain. Yang biasanya ke rumah ngegodain dua keponakanku, Khansa sama Tasya, sekarang gak ada. Yang biasanya nongol di depan pagar dan aku baru pulang baru mandi, sekarang gak ada. Yang biasanya pamer MV Eminem yang baru maupun yang lama, sekarang gak ada. Yang biasanya suka nampar  pipiku, yang aku tendang kakinya kalau ngolokin selera filmku, sekarang gak ada. 

Mulai nge-drama queen deh, Cha. 

Tapi, dengan Zai nelpon pake hape ibu dapur tadi, aku jadi mikir kalau LDR telah mengubah sosok orang cuek yang aku kenal selama ini jadi sosok yang sedikit, hoek, romantis. 

Bikin aku makin berpikir, kehilangan sinyal aja aku udah takut, apalagi kehilangan dia. 

Hoek. Lagi. Kali ini dari yang baca. 

Oh iya, aku belum nonton filmnya sih sampe sekarang. Padahal rencananya mau download dulu, nonton, baru aku nulis postingan ini. Tapi udah keburu gatal mau ngetik sih. 

Eh, bukan. 

Tapi sebenarnya karena postingan ini bukan tentang Dear John, tapi tentang Dear LDR. Kalau aku bisa nulis surat buat si LDR itu, aku pengen nulis surat yang isinya bilang kalau ada dua orang yang telah 'dia' ubah. 

Satu, Zai. Yang lebih mau cerita tentang dirinya, lebih terbuka, mulai ngomong aneh (aneh karena keluar dari mulutnya) macam,

"Kamu jangan jalan sama monyet lain."

"Tunggu abang pulang ya, Dek. Abang disini buat masa depan kita. Hueeek."

"Jangan mati."

 Dan selalu ngusahain untuk bisa komunikasian sama aku. 

Dua, aku. Yang dulu selalu insecure, takut, saking takutnya sampe pergi ninggalin dia, sekarang berubah jadi pribadi yang berusaha buat berpikir positif, buat percaya, kalau dia sayang sama cewek kurus bergumpal kentut sama rindu ini dengan segenap jiwa cueknya. 

Udah pusing karena gak nemu hikmahnya habis baca postingan ini? Sama, aku juga pusing nulisnya. 

56 komentar:

  1. klo teleponan ma pacal terus tetiba adek ama mama nongol, rasanya kayak mana cha? hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau adek yang nongol sih gak masalah, Mbak. Nah kalau Mama yang nongol langsung mati kutu deh. Mendadak jadi pendiam. Haha.

      Hapus
  2. SIAPA PEJUANG LDR YANG BISA TEGAAAR??? SIAPAAAAAAHHHH??? *nyolot*

    Ah.. Ternyata LDR aku en Febri ngga ada apa-apanya dibandingkan kamu en Zai yah, Cha.. Alhamdulillah.. Masih lebih mending. Faaaak.. Wkwkwk.. :P

    Tapi emang gitu sih. Febri jugak sering bilang yang Zai bilang itu, cewek yang paling takut kehilangan tapi malah yang kegoda buat ninggalin.. :( Makanya susah ah kalok mau ngeyakinin. Pas di-iya-in malah digampar T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. tersabarkan oleh hamparan sawit ya cha...

      Hapus
    2. Beby: HUAHAHAHAHAHAHAAHAHAHA, Berarti aku ada temennya ya, sama-sama gak tegar :D

      Ini pujian atau apa ya, Beb. Huhuhu. Iya sih, makanya suka ngenes sendiri kalau ngingat long distance relationshit-ku ini shit banget. Haha.

      Berarti cewek makhluk yang gampang kegoda sama menggoda ya? Eeeh.
      Cowok mah kalau makin diyakinin malah makin gak percaya T__T


      Mbak Nita: Iya deh kayaknya, Mbak. Sabar kalau jadi yang kedua, yang pertama si sawit itu. Loh haha.

      Hapus
    3. Mmm.. Aku kalok ngomong sukak ambigu sih. Silakan pilih sendiri maknanya mau yang mana yak. Wkwkwk :P

      Ah iya.. Tapi semoga dilancarkan semuanya yaaaak! :*

      Hapus
    4. Hahaha ambigu.Dasar kamu absurd, Beb :p
      Milih dipuji aja deh biar seneng.

      AAAAAMIIIIIIIIN *udah kayak makmum pas shalat berjamaah sesudah baca al-fatihah*

      Hapus
  3. Hahaha lucu amat sih phone sex-nya, ehm telponannya. Btw, saya juga LDR, Cha. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak ngerti, Bang. Aku masih kecil. Phone sex itu apa? :(

      Hapus
    2. Bang Haris: Lucu darimana -_____- Iyakah? Waaah, makin banyak aja teman sepermainan, eeh seperjuangan. Semangat ya LDR-annya :))

      Yoga: Mau tau aja atau mau tau banget, Yog?

      Hapus
    3. Yoga pura-pura polos. Haha. Iya, Cha. Mari berbagi dukungan. :D

      Hapus
    4. Yoih, Bang. Semangat! \m/

      Hapus
  4. Pulsa juru masak'a pasti banyak, soal'a banyak yg pinjem buat tlpon 😁:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bonus telponnya sih katanya, Kasian, hape sendiri gak bisa nangkap sinyal. bisanya nangkap nyamuk. Haha.

      Hapus
  5. Disini yang nggak LDR dan nggak punya pacar boleh koment nggak . .??

    LDR tapi rasanya nggak kayak orang2 waktu LDR . . jadi kamu LDR nggak nih . .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue jomlo komen-komen aja, :)

      Hapus
    2. Azka: Boleh, boleh banget. Mau curhat sekalian juga boleh, Ka.
      LDR ini, tapi bukan LDR yang kepanjangan dari Long DIstance Relationship, tapi Long Distance Relationshit. Hehe.

      Yoga: What the fuck are you talking about, Yog? JOMLO? *mukulin pipi sendiri* *ceritanya gak percaya ngerasa cuma mimpi*

      Hapus
  6. LDR tergantung orangnya masing-masing, sih. Dan kayaknya gue bukan tipe orang yang suka LDR. Nggak tau kenapa, pas LDR waktu itu, gue malah ngenes. Lebih bahagia pas sendiri. Hehehe.

    Duh, ditinggal nikah sama yang cewek emang pait banget itu. Kebanyakan cewek juga nggak kuat sama penantian, kan? Hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, enak gak enaknya LDR itu tergantung sama yang ngejalanin. Intinya jangan salahkan jarak yang gatau apa-apa. Kasian. Alah, kayak gak pernah salah-salahin jarak aja lagi Chaaa.

      Tapi LDR suka kamu gak, Yog? *gak nyambung*

      Jadi kamu.......... combro? Eeeh, jomlo? Sama kayak Zhema dong. Sama, bisa dibully, Haha.

      Memang pahit. Duh itu quote dari mana ya, cewek gak kuat sama penantian? Kampret banget itu quote-nya, Yog -___-

      Hapus
  7. Telfon terus. Kapan ketemunya?

    Btw, aku mau ngasih tau juga kalo di blog aku lagi ada Giveaway :) http://gebrokenruit.blogspot.com/2015/05/giveaway-kedua-mfrosiy.html Ditunggu partisipasinya ya :) Tuliskan aspirasimu dan tebarkan inspirasi terhadap sesama. Selamat berkreasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan retorik nih. Nusuk juga. Huhuhuhu.

      Thanks infonya ya, Rosiy :)

      Hapus
  8. :')
    walaupun seseknya kerasa banget, tapi seenggaknya perubahan karena LDR-an membawa kebaikan buat bersama. *eh, iya nggak ya? iya aja lah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aja deh. Emang iya sih. :D
      Perubahan karena LDR-an kayaknya lebih membawa kebaikan daripada perubahan karena presiden baru. Lah ini kok malah bahas apaan...

      Hapus
  9. LDR berat di pulsa -_- sedih juga kalau terhalang oleh sinyal. mending pesen tower aja si zai nya... LDR bagaikan matahari, terlihat dekat tapi jauh sekali...Kalo LDR jadi inget lagu bang rhoma "pertemuan"... #yeah nge-dangdut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cintaku berat di pulsa. Udah kayak judul FTV aja, Mad :(

      Kalau bisa dipesan, udah pesan dari kemaren-kemaren kayaknya. Bener tuh, udah kayak matahari aja. Bukan matahari departement store kan ya?

      Kayaknya lagunya bagus. Download aaah, buat didengerin kalau lagi kangen, Haha.

      Hapus
  10. kalo saya LDR kayanya engga kuat deh cha :D soalnya saya engga mau di tinggalin dia rasanya pengen terus deket dia hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Sebenarnya juga gak kuat sih, Pah. Tapi harus dikuat-kuatin. Huhuhu.

      Hapus
  11. Pejuang LDR semoga kuat ya kalau ad yg lebih ehem terus ngajakin nganu buat anu jadinya anu anuan terus nganu punya anu *ditabok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih doanya, Zi. Moga kamu jadi pejuang LDR juga. Huahahaha.

      Nggg... anu Zi, aku gak ngerti anu. Anu itu apa ya?

      Hapus
  12. Bahas LDR yaa, aku malah LDR ga kuat akhirnya putus di tengah jalan aja, semoga kamu ngga ya ca *peluk icha*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diminumin obat kuat biar kuat LDR, Wid. Hehe.

      Iyaaaaa maacih ya Widaaaaa :*
      *peluk juga*

      Hapus
  13. akh baru 4 bulan aja kok baru sebentar itu...ntar lama2 biasa...
    aku malah uda 4 tahun *sok bangga* wkwkwkw....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, hebat, Udah 4 tahun. Itu gak kerasa apa kerasa banget, Mbak Han?

      Iya, semoga aja ntar aku terbiasa. Hehe.

      Hapus
  14. aku juga LDR an udah 3 taun mba, setiap hari pengen teleponan sampe kehabisan topik,
    btw, kasian juga ya mba kalo mau tlp zai harus pinjem hp juru masak nya hehe, tp itu sebuah perjuangan karena dia menyayangimu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerennn, udah 3 tahun. Ternyata banyak juga blogger yang jadi pejuang LDR :) Iya sih, kalau telponan tiap hari juga bingung mau ngomongin apa.

      Iya, Def. Soalnya cuma hape juru masak itu yang bisa dipake buat nelpon. Hehe. Mudahan emang bener kayak gitu deh :$

      Hapus
  15. kaa, aku LDR yg bertemu di game lebih ngenes nih. ketemu belom jatuh cintanya udah. belom sebulan pacaran udah kebakaran jenggot mulu karna si doi deket sama cewe2 di game. tapi soal komunikasi lancar2 aja sihh, apalagi jaman skrg udah ada video call, setidaknya ya setidaknya *apasih wkwk��
    semangatt LDR ya kakaa semoga langgeng!❤️

    BalasHapus
  16. Yg ldr pasti pernah phone sex to vcall kan...hayo pada ngaku

    BalasHapus
  17. Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com
    Kami AGEN POKER TERPERCAYA Juga Menyediakan bonus Seperti:
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  18. Agen Poker Terpercaya | Agen Domino Online | Poker Online Terpercaya.
    Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang dan Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com
    Kami AGEN POKER TERPERCAYA Juga Menyediakan bonus Seperti:
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5% Dan
    - Bonus Refferal 20%

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  19. Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com
    Kami AGEN POKER TERPERCAYA Juga Menyediakan Berbagai bonus Seperti:
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  20. Kami AGEN POKER TERPERCAYA http://www.nontonpoker.com Menyediakan 6 Game dalam 1 id.
    Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda
    kami Juga memberikan bonus Seperti
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  21. Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda:
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%
    Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang dan Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  22. Bosku mau nyari AGEN POKER TERPERCAYA ?
    yang ngasih BONUS Menari Untuk Anda..
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%
    Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang
    Hanya DI >> http://www.nontonpoker.com

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  23. Mencari AGEN POKER TERPERCAYA Yang memberikan bonus Seperti:
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%
    Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang dan Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  24. Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda
    kami Juga memberikan bonus Seperti
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%
    Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  25. Kami Mungkin bukan Yang Terbaik, Tapi Kami AGEN POKER TERPERCAYA
    Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang dan Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com
    Banyak Bonus Dan Jackpot yang akan menanti anda
    kami Juga memberikan bonus Seperti
    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99
    Judi Poker Online
    Agen Domino Terpercaya

    BalasHapus
  26. Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan...

    Judi Poker
    Judi Poker Online
    Poker
    Agen Poker

    BalasHapus
  27. Thank you for the information you give hopefully in the future could be great again

    Bandar Togel
    Bandar Togel Online
    Prediksi Togel

    BalasHapus
  28. Ayo Gabung Bersama Kami Sekarang dan Daftar Diri Anda di POKER ONLINE TERPERCAYA, http://www.nontonpoker.com

    - Bonus Deposit 10%
    - Bonus Turnover 0.5%
    - Bonus Refferal 20%

    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Dewa Poker
    Poker99

    BalasHapus
  29. Ayuk Buruan Daftar Diri Anda Di Armanitogel Dan Sekarang Sudah Ada Promo Bonus Deposit Di Armanitogel 10%, Tunggu Apalagi.
    Ayuk Daftar Diri Anda Sekarang Juga Di http://www.armanitogel.com
    Tersedia berbagai macam prediksi yang akurat dan jitu mulai dari prediksi SINO, SYDNEY, WUHAN, KOLN, HONGKONG, Dan Singapore...
    Permainan Togel Online,Live 24D,Live 48D Dan Dragon Tiger
    Permainan Togel Ini Juga Tersedia Hadiah Utama, Hadiah Kedua, Dan Ada Juga Hadiah Ketiga Untuk 3D Dan 4D.
    2D : Prize 1 X 70
    3D : Prize 1 X 400, Prize 2 X 200, Prize 3 X 100
    4D : Prize 1 X 3000, Prize 2 X 2000, Prize 3 X 1000,

    Prediksi Togel
    Agen Togel
    Agen Togel Terpercaya

    BalasHapus

POSTINGAN YANG LAKU

GUMPALAN KESEHARIAN

BLOG BINAL INI DILIHAT BERAPA KALI?

PARA PENGETIK YANG TERJERUMUS

Copyright © Pelacur Kata | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com