Review: Best Friend - Yelawolf ft. Eminem

Yang gak ngefans sama Eminem, yang gak mau tau siapa itu Yelawolf bahkan Eminem, yang anti hip-hop, jangan close tab dulu ya Kakaaaaaak. Karena di postingan ini aku gak cuma nge-review lagu terbaru dari Yela yang MV-nya juga baru dirilis tanggal 24 kemaren sih, tapi lagu lain juga. Lebih tepatnya, tentang pengalamanku soal menyukai lagu.

Btw, yang pake jaket abu-abu itu Eminem. Yang pake baju krem itu Yelawolf.
Ganteng mana sama kamu, Bang?
Pernah gak sih, suka sama satu lagu tapi gak paham banget sama makna lagunya? Suka sama satu lagu karena ikut-ikutan gebetan atau ngikutin trend? 

Aku pernah.  

Dulu waktu SMP, aku suka banget sama lagunya Justin Bieber ft. Ludacris yang judulnya Baby. Waktu itu juga banyak yang suka, yah cewek-cewek sih, jarang cowok yang suka Bieber. Kalau disuruh milih mereka lebih milih suka Om Ludacris aja. Dan banyak cewek-cewek yang mengabdikan diri rela ngabisin uang saku demi ke warnet buat ngeliatin MV-nya lagu itu, termasuk aku.  Rasanya dulu gak gaul aja kalau gak suka sama lagu Baby. 

Selain emang ganteng ganteng ponian, suaranya Justin Bieber waktu itu bikin lagu Baby jadi enak didenger terus-terusan. Bikin eargasme lah pokoknya. Hei, eargasme ya, bukannya.... ah kamu pasti tau. 

Berbulan-bulan aku dengerin lagu ini dengan keyakinan ini-lagunya-tentang-Justin-manggilin-si-cewek-dengan-sebutan-Baby-terus-terusan-tapi-si-cewek-gak-ngeranin-karena-gak-suka-sama-Justin-ah-bego-banget-sih-itu-cewek. Sebagai orang yang waktu itu ngaku bakal jadi calon nyonya Bieber, tiap ada yang nanya makna lagu Baby itu apa, ya aku jelasin kayak di atas, dengan pedenya. Sampe akhirnya, pas sepupuku nanya soal lagu Baby, Kak Dayah, kakak keduaku, dengan sengaknya nyela,

"Bukan itu, BEGO! Jadi itu si Justinnya ngibaratin dirinya nangis-nangis kayak bayi gara-gara ditolak sama ceweknya itu. Udah jelas-jelas gitu di refrainnya."

Kemudian dia ngeloyor pergi sambil menyemburkan tawa. 

Aku pun langsung buka buku laguku, dan ngecek lirik Baby (maklum, dulu punya hape yang gak bisa dipake browsing lirik, jadi dicatat di buku, sungguh manual sekali). Dan bener apa yang dibilang Kak Dayah, 'Baby' itu bukannya panggilan sayang buat si ceweknya itu, tapi maksudnya ya bayi, arti sebenarnya dari baby, diliat dari liriknya yang, 

"And I was like
Baby, baby, baby ooh
Like baby, baby, baby noooo"


Sumpahhh aku ngerasa malu. Bego banget. Selama ini aku koar-koar dengan pemikiran salah, nyanyiin lirik lagunya tanpa tau artinya apa. Kasian banget yang percaya sama pemikiranku, lebih kasian lagi aku yang diam-diam diketawain di belakang, dibilangin sok tau. 

Sejak saat itu, aku berusaha buat memperdalam bahasa Inggrisku yang cetek. Mulai rajin bacain lirik lagu yang disuka dan nyoba buat ngertiin makna lagunya sebisa mungkin biar gak malu-maluin diri sendiri lagi kalau pas ngepromosiin itu lagu. 

Tapi emang dasar kemampuan berbahasa Inggris masih cetek juga, aku masih aja salah ngartiin makna lagu. 

Waktu Zai suka sama Rap God-nya Eminem, aku nyomot lagu The Monster sebagai lagu yang aku suka dari albumnya Eminem yang MMLP2. Alasannya, lagu itu ngingatin aku sama duetnya mereka di Love The Way You Lie, lagu paling galau yang pernah aku dengar sampe sekarang. Udah, cuman itu. Waktu ditanya makna lagunya itu sama teman-temanku, aku dengan entengnya (dan takut malunya) ngejawab,

"Dia tidur bareng sama monster tiap malam. Biasalah, kayak gak tau Eminem aja. Kalau bikin lagu emang suka aneh-aneh."

Lagu itu rilis bulan Oktober 2013, aku dengerin terus-terusan bahkan sampe sekarang apalagi kalau lagi naik motor, dannnn aku baru ngerti makna lagunya, dua minggu yang lalu. 

Itupun gara-gara komen di MV-nya di Youtube. Salah satu hal yang aku lakuin selain buka blog, buka video belajar beatbox dasar yang B T K, B T K yang sekarang masih belum bisa aku kuasain, aku juga suka buka video lagu-lagu favoritku. Saking seringnya buka Youtube sampe hapal sama dialog di iklan situs jual beli yang nampilin tiga cowok ganteng-ganteng ada yang kumisan, dialog antara orang iklan situs jual beli sama tiga cowok itu, yang ditampilin di setiap video yang mau dibuka. 

Balik lagi ke komen di Youtube, nah jadi aku liatin komen-komennya itu. Lucu ketika ngeliat fans dan haters berkumpul dalam satu wadah, saling nuangin komen. Lama-lama buka MV di Youtube bukan karena pengen liat penyanyi lagu atau bintang MV-nya, tapi gara-gara pengen liat komennya yang beragam itu. Kadang aku juga suka ikutan komen, dengan bahasa Inggris yang belepotan. Belepotan oli.

Aku pun nemuin satu komen, yang menarik, karena dapat 74 likes. Ini komennya,


"This song is about... Eminem vs. Slim Shady. His alter ego, a crazy dude. Featured in many eminem songs as a bad man. This one shows eminem conquering slim ( the monster). Slim is taking over his life, and he's trying to stop that. I got all this from the end."

Ada komen lain, yang ternyata dapat lebih banyak like, 722.

"When some of you say 'I want the old Eminem back' u do realize that eminem was on drugs and drank alcohol at that time right? So you want him back on all that to have better raps?? I mean that's why his raps were fueled with so much anger but honestly, his rapping style hasn't changed. He's just let all of his resentments, anger and hatred go there's nothing wrong with that. Slim Shady was his ego and if any of you have been in AA then you can understand why he 'caged' that part of himself. It was destroying him emotionally and spiritually (Another AA term). He's still as amazing as he is now."


Aku nganga. Takjub. T-A-K-J-U-B. Jadi itu makna sebenarnya dari The Monster? Pantesan aja, MV lagu-lagu yang dulu ditampilin di MV lagu ini. 'The Monster' yang dimaksud di lagu ini adalah alter egonya, si Slim Shady. Dia, Eminem, pengen 'mematikan' Shady, karena sudah mengambil alih hidupnya selama ini. 

Keren, Om! Eeeh, Em. 

Oh iya, buat Zhema, aku gak bakal matiin kamu kok. Selama kamu gak ngambil pacarku, si Josh Hutcherson.

Selanjutnya aku buka MV-nya I Need A Doctor, soalnya itu lagu aku gak ngerti maknanya apa, dan sebenarnya aku juga gak suka dengerin lagu itu. Begitu ngeliat baik-baik MV-nya, ngeliatin liriknya, dan ngeliatin komen-komennya di MV itu, ternyata......

HUAAAAAAAA LAGUNYA SEDIH BANGET KAMPRETTTT!!!!

Aku pikir lagunya tentang si Eminem sakit terus butuh dokter, yaitu Dr. Dre itu, walaupun di MV-nya itu malah Dr. Dre yang kayaknya butuh dokter karena habis kecelakaan. Ternyata gak sesederhana dan sebego itu, tapi tentang ucapan terima kasihnya Eminem ke Dr. Dre. karena cuma Dr. Dre aja yang percaya kalau Eminem punya bakat jadi rapper walaupun dia berkulit putih. Dr Dre datang di saat semua pada menghina Eminem. Tanpa Dr. Dre, Eminem bukan siapa-siapa. Dan Eminem pengen Dr. Dre bangun dari koma, karena Em gak bisa hidup tanpa Dr. Dre, orang yang selama ini ngedukung dia penuh.

Aku gemetar pas baca liriknya yang, 

"You risked your career for me, I know it as well as you
Nobody wanted to fuck with the white boy, Dre, I’m cryin' in this booth
You saved my life, now maybe it's my turn to save yours
But I can never repay you, what you did for me is way more"

Trus ngerasa so sweet pas denger verse-nya Dre, nyeritain waktu pertama kali mereka ketemu. Ditambah sama Skylar Grey yang nyanyiin chorusnya. Duh, makin trenyuh dengernya. Ya ampun, ternyata lagu yang sering aku skip itu maknanya sebagus itu. 

Telat banget sih Chaaaaaaaaaa. Kalau Zhema tau pasti dia ngetawain aku aja. Ah tapi gak apa sih telat ngerti makna lagu, daripada telat datang bulan.

Belajar dari pengalaman-pengalaman bego di atas, jadi sekarang kalau ada lagu baru, khususnya lagu Eminem yang kata-katanya gak mudah dimengerti itu, aku langsung cari lirik lagunya. Dan kalau MV-nya udah rilis, aku langsung buka. Trus liat komen-komennya. Kasian banget, kalau mau ngerti makna lagu harus liat komen-komen di Youtube.

Nah, pas MV Best Friend rilis, aku langsung buka Youtube. Total view-nya masih sedikit untuk ukuran official video artis luar, satu juta-an gitu. 




Yela lagi di tengah-tengah padang ilalang sambil bawa-bawa ganteng-ganteng serigalanya.  Kadang berpindah ke gereja dan ke tengah kuburan. Sementara Eminem lagi berdoa dan menyumpah di dalam gereja. 

Aku langsung keingat sama chat di grup Slum Shady di WhatsApp, waktu itu ada yang bilang kalau lagu Best Friend ini religi banget. Dan ternyata bener. verse yang dibawakan sama Yela itu tentang dia yang percaya Tuhan. 'Best Friend' yang dia maksud itu Tuhan. disitu dia cerita kalau dia memang bukan orang yang taat beragama, tapi dia percaya kalau hari akhir itu ada dan dia bakal diminta pertanggungjawabannya atas apa yang udah dilakuin di dunia. Kalau lagu ini ada versi Islaminya, mungkin udah dijadiin theme song acara curhat Mamah Dedeh.

Nganga lagi mennnnn. Tambah nganga pas dengerin verse Eminem yang lebih panjang daripada verse-nya Yela. Nyeritain rasa kehilangannya sama sahabat tebaiknya, Proof, salah satu rekannya di grup hip-hop D12/Dirty Dozen karena ditembak. Rasa kehilangan yang sekarang berubah jadi a higher power. Ditinggalkan orang yang kamu cintai bukan melemahkanmu, tapi memberimu kekuatan. Kira-kira kayak gitu yang mau disampaikan sama Eminem di verse-nya. Tuh, jadi kalau ditinggalin pacar, harus tetap kuat ya, jangan sedih hati. *ngomong depan kaca spion motor*

Keren banget. Itulah kenapa aku, terutama Zhema, suka lagu hip-hop. Karena bukan cinta menye-menye mulu yang dijadiin tema, tapi ada banyak. Huaaaaa Zaiiiiii, cepat pulang dong, aku mau bahas lagu ini empat mata sama kamu secara langsung, kayak waktu kita bahas lagu When I'm Gone, bukannya di telepon :(((((

Sempat ada perdebatan juga sih di kolom komen Youtube buat lagu ini. Ada yang bilang lagu ini bukan lagu tentang Tuhan, bukan about God or religion, gara-gara di salah satu interview, si Yela ngaku kalau dia itu atheis. Ada yang bilang Eminem masih jadi anggota Illuminati. Ada juga yang bilang kalau cuma Eminem aja yang berani nyumpah-nyumpah di gereja. Bahkan ada yang ngehina agama Islam, orang Muslim itu fuckin' terrorist katanya. Apaaan coba.

Tapi mau kayak gimana pun makna lagu sebenarnya, aku udah terlanjur yakin makna lagunya ya kayak lagu di atas. Makna lagunya keren. Sebenarnya ngerasa aneh juga sih, aku muslim tapi dengerin lagu ginian. Aaaaah tapi gak apa kali ya, yang penting Eminem selalu keren. Iya gak, Zhem?

Eh, review lagunya kepanjangan ya. Haha.

Ada yang pernah salah ngartiin makna lagu gak? 

Kalau gak ada, bagus. Berarti cuman aku aja yang emang cetek bahasa Inggrisnya. Populasi orang bego tampaknya tidak banyak. 

You Might Also Like

35 komentar

  1. Aku jarang bisa nyanyiiin lagunya Eminem, Cha.. Ngga bakat ngerap. Hahah.. :D Nantik malem pas banjir kuota mau nonton videonya ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaaaaaaaa, aku juga gak bisa, Beb. Syusah huhu. Coba ada obatnya biar bisa jago ngerap secara instan ya. Haha.
      Okesip, dijamin langsung cinta sama serigalanya. Unyu-unyu soalnya.

      Hapus
    2. Errr.. Aku kok malah fokus ke tattoo-tattoonya ya? Huahahaha.. :D

      Ya kali ciuman sama mereka bisa langsung jago ngerap :P *digiles Febri*

      Hapus
    3. Aku juga, tatonya Yela sampe ke muka-muka gitu. Haha.
      Mau dong ciuman sama Eminem. Hahaha. Ijin dulu sama Febri, Beb :D

      Hapus
  2. yang bikin gue nyess, makna lagu when i'm gone nya, cha.
    ternyata, banyak uang, terkenal, banyak fans, ga bikin hidup em di lingkungan keluraganya ga seindah yang kita bayangkan. kasian hailie. tapi si hailie cakep ya. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget!!! Nyessss. Liriknya bener-bener kayak mereka saling berdialog, ya.
      Iya, cantiknya bikin sirik. Rambutnya itu lohhhhhh :(
      Katanya sih pinter juga. Perfect deh :)

      Hapus
    2. hebat emang semua lirik yang marshall buat (y)
      yah, haha. keren dia jadi lulusan terbaik di kampusnya.

      Hapus
    3. Kalau Hailie ke Indonesia, udahhhh, lamar aja. Lumayan punya mertua rapper :D

      Hapus
    4. Ajak Bapaknya battle rap, pasti dia langsung mau. Haha

      Hapus
  3. lagu eminem yang paling saya suka itu yang judulnya Love The Way You Lie kalo ga salah feat sama rihana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga suka. Rihannanya cantik, Megan Fox yang main di MV-nya cantik, Eminemnya juga cantik. Eeh.

      Hapus
  4. Aku pertama kali tau Eminem itu waktu dia featuring sama Rihanna di Love the Way You Lie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe/ MV lagu itu dulu sering diputar di MTV sih, Dar. HIks, jadi kangen channel MTV :(

      Hapus
  5. Anjirr asli. Habis baca ini, apa yang gue tahu tentang lagu eminem, ternyata cetek banget. Sumpah, gue jadi malu. Tapi kayaknya gue bakal punya mainan baru sih, ngebedah lirik eminem yeeeeeeeay. Thanks loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga cetek kok.
      AYOOO DIBEDAH, KALAU PERLU DIJADIIN POSTINGAN SEKALIAN, AKU SENANG BANGET ADA YANG SUKA LIRIK EMINEM JUGAAAAA!!
      Eh sorry, efek terlalu semangat makanya capslocknya on.

      Hapus
    2. Tapi, lagu eminem yang rap god, ada plagiatnya. Cek deh "Clash of the titans. Krayzie Bone." Katanya sih, ini lagu di ciptakan buat ngebuktiin siapa rap god yang sesungguhnya. Emang sih rapnya doi lebih cepet, cuman tetaplah plagiat selalu di nomor 99 kan. Gak di anggep.

      Hapus
    3. Begitu baca komen ini aku langsung buka Youtube. Dannnnn WHAT THE FUCK KRAYZIE BONE MIRIP BANGET SAMA RAP GOD!!!!!!!!
      Iya bener, lebih cepet, tapi perasaan flownya berantakan deh. Suaranya juga udah pasaran, apa karena dia itu nigga ya gak kayak suara Eminem yang khas itu. Teteplah Eminem yang nomor satu :))

      Hapus
  6. klo eminem, aku sukanya pas dia duet ama rihanna cha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga suka!!! Sini cipika cipiki dulu. *loh?

      Hapus
  7. ShadyArmy yang cewe banyak juga ya?

    BalasHapus
  8. Tolong yang ini dibedah juga
    No love, beautiful, not afraid, fast lane, lighters, guts over fear

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, banyak juga ya...
      Oke, tunggu postingan berikutnya ya ;)

      Hapus
    2. Icha minta kontaknya dong. Siapa tau biaa sharing

      Hapus
  9. ada lagunya em yg judulnya "its been real"
    kyk cuma lagu iseng tp reff nya bikin gemeter
    di lagu itu dia kyk ngucapin trima kasih nya ke org2 terdeket dia
    Reff nya itu loh yg bikin hati gemeter wkwkw
    gw suka sama personal eminem,
    permainan kata katanya dia gokil, sampe smpe gw slalu coba niruin permainan kata dia pake bhasa indo yg pasti, karena gw gabakal bisa baca kamus bahasa tiap malem kayak eminem hahaha
    so, peace out stan :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau ada lagu itu. Thanks infonya ya. *brb buka youtube*
      Iya, walaupun keliatannya bajingan tapi dia peduli dan down to earth , gak sombong. Ditambah lagi dia itu ganteng. Aaaaakkk.

      Hahahaha iya gokil banget, bikin kita mikir kok bisa ya pake kata kata itu buat lirik lagu. Bikin ngakak juga kata-kataya. Sarkastik banget :D

      Wah, hobi nulis lirik lagu hip-hop ya? Keren :))

      Hehe.. Salam kenal ya, Stan :))

      Hapus
  10. Ada film nya juga tuh. 8mile tonton deh seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget. Udah nonton. Aktingnya Eminem keren. Paling suka sama scene battle rap-nya :D
      Btw kontakku ada. Add aja Line-ku, ichairunnica. :D

      Hapus
  11. Slim shady ini emg spesial banget!!

    Review lagi dong yg fast lane

    BalasHapus
  12. Slim shady ini emg spesial banget!!

    Review lagi dong yg fast lane

    BalasHapus
  13. yg lebih sedih judulnya "difficult as it sounds"

    BalasHapus
  14. yg lebih sedih judulnya "difficult as it sounds"

    BalasHapus
  15. 081256496955 undang gw ke grup slum shady nya donggg, keknya mantep dah~ salam...

    BalasHapus
  16. Elton john yang bantu eminem sembuh dari kecanduan narkoba

    BalasHapus