Manusia Merencanakan, Tuhan Menentukan, Icha Bikin Syukuran

Selain berita tentang seorang pria yang ereksi selama lima hari karena overdosis Viagra, dan itu dia lakukan cuma demi bercanda sama teman-temannya, dulu aku juga sempat dibuat merinding sama berita tentang calon penumpang pesawat yang selamat dari kecelakaan maut. 

Para calon penumpang itu lolos dari maut karena nggak jadi melakukan perjalanan pake pesawat itu. Seandainya rencana mereka berjalan lancar, nggak ada penghalang macam ketinggalan pesawat, kehabisan tiket, atau belum adanya aplikasi Traveloka yang memudahkan mereka buat booking tiket pesawat, udah pasti mereka jadi korban dari kecelakaan pesawat itu. Mereka selamat, karena kegagalan rencana mereka. 

Merinding, sekaligus terharu. Rencana manusia digagalkan Tuhan, demi kebaikan manusia itu sendiri. 

Sebagai manusia, udah pasti kita pernah (sampe sekarang pun) punya banyak keinginan dan rencana dalam hidup. Tapi nggak semuanya berhasil, trus ngalamin kegagalan. Kegagalan yang bikin menyesal, kegagalan yang bikin sedih, kegagalan yang jadi motivasi, atau kegagalan yang nimbulin hasrat pengen bikin syukuran. 

Aku juga pernah ngalamin kegagalan yang patut disyukuri. Ya, walaupun nggak sefantastis kayak di atas, yang sampai menyangkut hidup dan mati. Tapi kalau ingat kegagalan-kegagalan ini, bawaannya pengen sujud syukur aja. 

Langsung aja, 


1. Gagal punya rambut ala Skrillex

Waktu kelas dua SMK, aku pengen banget punya potongan rambut kayak DJ Skrillex.

Sebenarnya bukan karena ngefans sama Skrillex, tapi karena terpesona sama Cassie, model MV Roll Up-nya Wiz Khalifa. Udah lagunya bagus, modelnya juga bagus. Cantik maksudnya. 

Sumber: disini
Dengan kulit coklat eksotis, badan bohay, dan potongan rambutnya yang unik, model MV yang berprofesi jadi penari itu bikin aku pengen mantengin channel MTV mulu, berharap MV itu bakal diputar lagi. 

HUAAAA CASSIE! YOU’RE SO FUCKIN’ BEAUTIFUL! I LOVE YOU! AKU TRESNO KARO KOWE! (lah, kenapa jadi bahasa Jawa?)

Ditambah lagi Rihanna, Avril Lavigne, dan Kesha ternyata juga cukur rambut kayak gitu. Di mataku, mereka makin keliatan cantik dengan rambut belah pinggir tergerai panjang, dan sisi kirinya dicukur habis. Aku juga baru tau, ternyata mereka terinspirasi sama DJ bernama Skrillex. 

Aku tambah jatuh sayang sama potongan rambut itu. Tiap malam, bukannya ngitungin domba supaya cepat terlelap, malah ngitungin berapa persen kadar kekerenanku kalau misalnya aku pake crop tee, celana jeans belel, sepatu keds, dan berpotongan rambut ala Skrillex. 

Dengan penampilan kayak gitu, aku bisa pede nge-beatbox dan ngerap, trus Eminem ngangkat aku jadi anaknya. BAHAHAHAHAHAHAHA.

Aku pun bertekad manjangin poniku yang biasanya selalu sealis, jadi sedagu. Begitu udah panjang, tinggal cukur deh.

Di proses pemanjangan poni, ada teman sekelasku yang pengen punya potongan gitu juga, dan berhasil ngewujudinnya, yaitu Owi. Di akun Facebook-nya, aku ada ngeliat foto, dia berpose lagi di atas bukit sambil mamerin sisi kiri rambutnya, yang tercukur habis tapi nggak sampe plontos. Sementara sisi kanannya, masih ada rambut lebatnya yang panjang dan tergerai indah. 

HUAAAAAA! ITU RAMBUT GUEEEEEEE! 

Aku sempat nggak habis pikir sama Owi. 

Sebenarnya dia kepentok izin orangtuanya, tapi dia tetap ngecukur rambutnya ke salon. Trus sebisa mungkin dia nyembunyiin cukurannya itu, dengan natain rambutnya yang belah pinggir jadi belah tengah kalau lagi di rumah, biar cukurannya nggak keliatan. Di sekolah, dia juga bisa nyembunyiin cukurannya dengan hijab, karena dia kalau ke sekolah memang berhijab. 

Owi dan aku punya keinginan dan tipe orangtua yang sama. Orangtua yang nggak ngebolehin anak buat cukur rambut kayak gitu. Ya, kayaknya semua orang tua bakalan nggak kasih ijin sih. 

Tapi Owi berhasil, berkat kenekatannya. 

Caranya boleh juga sih. Tapi begitu ingat kalau aku tidurnya sekamar sama Mama (dan Nanda) dan posisi tidurku suka berganti nggak menentu, aku yakin kenekatanku nggak bakal seberhasil Owi. 

Takutnya pas tidur, rambutku tersingkap trus cukuranku jadi keliatan. Udah bisa ditebak, kalimat-kalimat mengutuk macam apa yang bakal keluar dari mulut Mama. Dan pas bangun tidur keesokan harinya, aku jadi membatu di tempat tidur. THE END.

Lantas aku keingat Bapak. Beliau selalu sehati sama aku, mungkin aja nggak terkecuali sama keinginanku ini. Lagian kalau aku udah ngantongin izin dari Bapak, pasti Mama nggak bisa berkutik. Bukankah istri itu harus tunduk sama suami? Pikirku waktu itu, dengan senyum kemenangan. 

Aku langsung nelpon Bapak. 

“Kau mau potong seperti laki-laki?”

“Tapi nggak cuma buat laki-laki kok, Pak. Cewek juga banyak. Bapak tau kan yang main di Battleship? Rihanna? Dia potong gitu juga loh. Boleh ya, Pak?”

Ada hening yang cukup lama. Antara karena beliau lagi ngingat-ngingat kembali potongan adegan film Battleship yang ada Rihanna-nya, berpikir keras bakal kasih izin apa enggak, atau cuma mau bikin aku deg-deg an. 

“Tanya Mama kau saja.”

“Hah? Lah, Icha nih nelpon Bapak, biar Mama ngizinkan. Ngapain lagi nanya Mama?”

“Kau ini macam tak tau Mama kau saja. Bapak kalah kalau berdebat dengan dia tuh. Sudah, pokoknya tanya Mama kau saja!”

Tut tut tut. 

Telepon terputus. Memunculkan anggapan baru, kalau ternyata Bapak itu suami yang kelewat nurut, atau suami yang takut istri. Entahlah. 

Perjuanganku buat ngedapatin rambut ala Skrillex berhenti sampai disitu. Poniku yang nyaris sehidung itu kupotong jadi sealis. Bersamaan dengan rencanaku yang gagal total.

Bertahun-tahun kemudian, aku baca berita kalau rambut Skrillex itu dinobatkan jadi rambut terburuk sepanjang abad 21. Tepatnya rambut Rihanna, yang meniru rambut Skrillex. Aku juga baru tau kalau Islam ngelarang keras perempuan berpotongan rambut mirip laki-laki. Lagian, rambut yang dicukur gitu, kalau numbuh bakalan keliatan aneh. 

Pas tau semua itu, aku cuma bisa ngakak. Syukurlah kalau gagal.


2. Gagal sekelas sama Nina
Nina adalah sahabatku dari SMP. Pas masuk SMKN 1 bareng, aku pengen kami jadi best friend forever, dengan cara sekelas lagi kayak waktu SMP dulu. Kami ngerencanain bakal duduk sebangku. Bakal bawa bekal setiap hari, trus uang jajannya dipake buat ngemall tiap pulang sekolah, ngeborong aksesoris rambut dan gelang-gelang warna pink. 

Cetek banget ya impian anak SMK. 

Tapi rencana kami gagal karena papan pengumuman pembagian kelas. Begitu tau kalau kami nggak sekelas, spontan aku nangis kejer melukin Nina. 

Ya, dulu aku memang punya kebiasaan suka melukin Nina di kondisi apapun. Tapi perasaan, itu pelukan paling dramatis yang pernah aku lakuin sama Nina. Oh iya, sama yang waktu minta maaf berlebihan itu juga. Intinya waktu itu aku nangisnya udah kayak anak yang mau dijual orangtuanya ke Batam. 

Selama setengah semester, aku nyedihin soal gagal sekelas itu. Sedih, di SMP kami lengketnya udah kakak-adek, jadi nggak lengket gara-gara beda kelas. 

Tapi akhirnya aku bersyukur, karena kalau aku sekelas sama Nina, aku bakalan jadi orang yang bergantung sama Nina mulu. Aku bakal maunya temenan sama Nina aja, nggak mau temenan sama yang lain. 

Kalau rencanaku itu nggak gagal, aku nggak bakal akrab sama Dea, cewek yang mudah antusias sama apapun, yang ternyata rumahnya nggak jauh dari rumahku. Aku nggak bakal ngalamin kejadian-kejadian memalukan bareng Reny, cewek sabar yang bakal jadi pemarah begitu tau aku masih suka mikirin mantan. 

Aku nggak bakal duduk sebangku bahkan sering bertukar pikiran sama Dina, cewek tomboy yang cantiknya kayak Kimberly Ryder itu. Sahabat yang udah kayak malaikat berbulu iblis, karena paling peduli sama aku di balik kata-kata sinis yang sering dia ucapin. Aku nggak bakal dapat sahabat macam Dita, yang udah aku anggap kayak adek sendiri.

Aku nggak bakal ngerasain kebahagiaan dikelilingi orang-orang yang sayang sama aku, kalau rencanaku berhasil. 


3. Gagal ke Bontang
Tahun kemarin, aku ada ngerencanain mau ke Beras Basah Bontang bareng Zai. Rencana yang aku susun sendiri, dan bakal langsung kulontarkan begitu anak itu cuti pulang ke Samarinda, bulan Juli. Mau nggak mau dia pasti bakal nurut sama aku kalau udah ditodong rencana itu di depan mata. 

Tapi sekitar awal Juli, maagku kambuh parah. Puncaknya pas pertengahan bulan Juli, tepatnya lebaran hari kedua, aku masuk rumah sakit dan diopname selama seminggu. Rencanaku langsung gagal total. Tambah ngerasa gagal total pas aku tau kalau dia lagi di Beras Basah Bontang, bareng teman-temannya. Di hari pertama aku diopname. 

Kesal banget. Dasar lelaki bajingan! Sakit maag dan demamku bercampur sama sakit hati. Aku bukan cuma sakit hati sama dia, tapi juga sakit hati sama penyakitku. Datangnya di saat yang nggak tepat banget. 

Dua hari kemudian, dia pulang dari Bontang dan ngejengukin aku. Dia minta maaf karena mendadak pergi ke Beras Basah, dan dia nggak nyangka aku bakal masuk rumah sakit. Sebenarnya bukan nggak nyangka, tapi gimana ya, soalnya dengan senyum mengoloknya dia bilang, 

“Akhirnya masuk rumah sakit juga.”

Malam itu, dia ngejagain aku semalaman di rumah sakit. Dan malam itu, aku jadi tau, walaupun dia orangnya cuek, tapi dia sayang sama aku. Huehehehehe. Hoek. 

Aku bersyukur sama kegagalan rencanaku sama dia ke Beras Basah Bontang. 

Kalau seandainya rencana itu berhasil, dan itu misalnya bareng teman-temannya, mungkin nggak bakal berkesan daripada waktu di rumah sakit. Bisa aja pas disana, dia nyuekin aku karena lebih asik sama teman-temannya. Dan aku disana, mau nggak mau sibuk mainin dildo demi menghibur diri. 

Untung aja rencana itu gagal. 


4. Gagal nyelesain cerpen
Cerpen WIDY baru sampe di bagian keempat. Kami ada berencana buat posting bagian kelima, tapi berhubung Wulan, aku, Darma, dan Yoga lagi ada kesibukan masing-masing, hal itu pun jadi ketunda. 

Yoga sibuk UAS dan cari kerja. Darma sibuk kelarin skripsi. Wulan sibuk mikirin siapa jodohnya. Eh, sibuk mikirin tugas di semester duanya. Sedangkan aku sibuk cari gadun yang bisa terima aku yang bukan dedek gemes ini. 

Maka, kami pun gagal buat nyelesain cerpen secepatnya. 

Sebagai gantinya, kami berencana nyeriusin permainan kalimat kami yang lain, yaitu bikin tulisan bertema. Pertengahan bulan ini mulai jalan. Kami berempat bakal serempak bikin tulisan dengan tema yang sama, yang Insya Allah diposting di hari yang sama juga. Lumayan, buat makin ngasah kemampuan nulis kami, sekalian pemanasan sebelum posting cerpen lagi. Lebih lumayan lagi buat Darma, yang blognya berdebu karena udah lama ditinggal sama penghuninya. Huahaha. 

Kegagalan yang satu ini lagi-lagi bikin aku bersyukur. Kami jadi makin akrab dan bersemangat nulis. Ceilah. 


Segitu aja sih kegagalan yang bisa aku syukuri. Sisanya, masih banyak. Cuma pada ngenes sih. 

Tapi dengan nulis ini, aku jadi mikir, selain bisa mendapatkan hikmah atau pelajaran, kita juga mendapatkan karunia dan rasa syukur yang teramat banyak dari kegagalan. Gagal nggak selamanya buruk. Dan nggak selamanya berhasil itu baik. 

Seperti firman Allah di Surah Al-Baqarah ayat 126,

“Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah yang paling mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.”

Iya sih, kita sebagai manusia nggak tau, sama sekali. Manusia kebanyakan suka ngutukin kegagalan. Apalagi kalau gagal keluarin di luar, malah keluar di dalam.

Btw, ada yang pernah ngalamin kegagalan trus pengen bikin syukuran juga?

You Might Also Like

84 komentar

  1. Subhanallah!!
    Akhirnya kamu nuangin ayat suci Al-Qur'an juga didalam postinganmu .. \w/
    Yapz setuju, semua pasti ada hikmahnya, gue juga bersyukur kalo gebetan ditikung sama orang lain, walaupun sempet kepikiran buat minum antimo yang dioplos sama pepsodent tapi akhirnya bisa move-on dan menemukan kenyataan bahwa cewek itu ternyata hanya mandang dari segi harta saja .. :'(

    Padahal pengen liat tau kalo rambut kamu dimodel in kayak Skrillek lo cha, wujudin dong.. terus post di blog .. buahahaha
    O jadi WIDY ketunda ya sayang banget, tapi udah bikin plan baru tentang cerita bertema ..
    Semoga jalan deh, dan ditunggu karyanya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAHAHAHAHA. Habis menurutku pas gitu sama tema postinganku. Huehehe.

      Alhamdulillah, Duta Nikung Kawula Muda ngerasain hikmah di balik penikungan. Untung aja bisa move on secara alami tanpa antimo dioplos pepsodent ya, Ka. Ternyata dia bukan yang terbaik buat kamu :|

      Sialaaaan. Kalau aku masih mau nekat potong gitu, siap-siap aja nggak bakal dianggap anak. Hiks.

      Iya gitu deh. Aamiin. Makasih ya, Ka! :))

      Hapus
  2. gue berenti baca di gadun, apaan itu gadun, ca -_-

    emang iya ya, tiap kemauan yang kita ngebet banget mau itu terus gagal, pasti ada gantinya dengan hal yang lebih baik. lu aja gitu, gajadi maen ke beras merah, eh beras apa namanya ? yah itulah, tapi akhirnya lu bisa ngerasain sakit sekaligus romantis yang ada. beuh, kampret lah.
    Gue juga gitu, ca. kalau engga putusan sama mantan, mungkin gue gakan bisa buat puisi kampret kayak yang pernah gue posting hahaha. tumben juga gue komen panjang :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama loh tadi aku juga mau nanya ini ternyata eh udah ada yang nanya.

      gadun. apakah itu ?

      Hapus
    2. Tuh udah dijelasin sama Yoga, Di :D

      Beras merah. Beras basah, Di. Ini anak lagi lapar atau apa ya, ngiranya beras merah. Huahahahaha.

      Nah iya, kalau kita ngebet banget biasanya gagal. Ciyeee ngambil hikmah dari mantan. Iya tuh, gagal menjalin percintaan sama dia malah berbuah keberhasilan berpuisi. Yuhuuuu~

      Hapus
    3. Itu udah dijawab sama Yoga, Li. Aku juga tau istilah gadun dari dia :D

      Hapus
    4. Bahahahahaha. Makasih ya, Yogadun.

      Hapus
    5. oh :D
      gadun, njir hahaha
      iya ca, alhamdulillah lah,banyak hikmah dari situ :v

      Hapus
  3. Wtf, pengen punya rambut macem skrilex hahaha. Itu gokil juga sih ca.
    Widiiih ada project nulis baru lagi nih, ikutan dong ca hahaha. Ditunggu banget nih tulisannya ya!

    Akhirnya masukin ayat suci juga ya haha.
    Duh ayat itu sungguh enggak asing deh buat aku.
    Memang sih, terkadang kalau kita mau sesuatu itu dan ngerasa yang terbaik eh malah gak dapet ya, mungkin itu gak baik menurut Allah ya. Dan giliran kita lagi gak mengharap haraop banget akan sesuatu, eh malah dapet itu. Terkadang emang ada banyak hikmah dibalik suatu kejadian.
    Aku pernah mimpi mau masuk ITB, ikut tes eh ga dapet dan akhirnya nganggur setaun. Eh di taun depannya malah dapet unpad. Disitu aku mikir, kalo masuk ITB aku jadi orang paling bego se ITB kali ya HAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu keinginan yang naif banget, Di. Untung nggak terwujud. Hahaha.

      Boleh boleh. Ntar rencananya sih kami mau ngajak blogger lain juga buat nulis bertema. Semoga lancar :))

      Ciyeee. Ayat favorit ya?

      Alhamdulillah masih dikasih kesempatan buat kuliah. Nah iya bisa jadi sih. Ah tapi perasaan kamu aja kali bego se-ITB :'D

      Hapus
    2. Nulis bertema itu... What a brilliant idea! Haha :D

      Bisa dibilang termasuk salah satu ayat favorit lah. Banyak ayat favoritku mah
      Alhamdulillah sih da aku gak nyesel juga kok masuk universitasku sekarang.

      Hapus
  4. berarti kita beda ca, kamu cewek abang cowok
    .
    yg nomor 1 mirip2 rencana abang
    kalo qm kan masalah rambut
    kalo abang masalah tampang
    abang dulu punya rencana dan pengen bnget muka abang ini kayak cr7
    tapi engga kesampean
    walau g kesampean abang tetep ganteng kok
    .
    yang nomor 2 juga sama neng
    kalo qm gagal sekelas
    kalo abang gagal sekelas juga sama cr7
    kebetulan abang tuh dulunya beda sd sama dia
    dia di portugal
    abang di indonesia
    gara2 beda negara
    jadilah beda kelas
    .
    yg nomor 3 juga hampir sama
    kalo neng gagal ke bontang
    kalo abang gagal ke inggris
    ceritanya itu abang dulu pernah hampir di kontrak chelsea
    chelsea klub bola neng
    gara2 sih sepele
    cuma kontraknya itu boongan
    jadi gagal deh
    .
    dibalik kegagalan manusia emang bener neng
    tuhan menyimpan yg terbaik buat kita
    namun kadang2 sebagai manusia
    kita hanya bisa memandang dari sudut kita sendiri
    dan menyalahkan apa yg terjadi
    sepatutnya sbg manusia
    kita haruslah bersyukur
    karena nikmat yg paling indah itu adalah bersyukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, ngakak. Ini penyusunan kalimatnya udah kayak puisi aja, ada bait-baitnya gitu, nik. Tapi kalimat di bait terakhirnya dalem euy, tumben banget :'v

      Hapus
    2. YAWLOH CR7
      AAAAAAKK MAU NANGIS

      Hapus
    3. Bang Nik sehat? Tumben ini komen panjang trus nggak gelar lapak.

      CR7? Itu pemain bola kah, Bang Nik? Kirain mau tampang kayak CJR. Kiki CJR lebih tepatnya.

      Dari semua kalimat di komen Bang Nik, aku paling setuju sama yang nikmat paling indah adalah bersyukur itu. Eh sama kontraknya itu bohongan sih. Setuju banget. Bahahaha.

      Hapus
    4. Iya. Kayak puisi gitu ya, Nov. Twist ending gitu komennya Bang Nik. Bahahaha.

      Hapus
    5. CR7 itu Christiano Ronaldo ya maksudnya, Lan? Aku baru gugling tadi :D

      Hapus
    6. Iya, Cha. Christiano Ronaldo hhahaa

      Hapus
    7. Bang nik bisa nih kayaknya jadi content writer prosa selasa HAHAHA.

      Hapus
    8. y udah di
      asal materinya tentang kelebihan gw di

      Hapus
  5. Kalo yang model rambut itu ak juga pernah pengen ca karena liat temen yang tomboy rambutnya kek gitu tapi cuma sebatas pengen aja ga sampe nafsu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohahaha trus kalau aku bisa dibilang nafsu gitu ya. Huaaa kita sama, sama-sama pernah kepengen :D

      Hapus
  6. Hahah cowok emang gak jarang kalah kalau berdebat sama cewek, sama kayak bapak kamu yang udah menyerah duluan sebelum memulai debat sama istrinya. Huahaha. Waduh aku baru tau kalau ternyata gaya rambut DJ Skrillex di nobatkan sebagai rambut terburuk sepanjang masa, untung kamu gagal motong rambut kayak gitu ya, cha. wkwkw.

    kadang kita juga harus belajar untuk gak selalu bergantung sama orang lain bahkan orang terdekat sekalipun, karna gak selamanya kita bisa selama bersama dengan orang itu kan ya? huhuhahuhuk, pembagian kelas yang berbeda ternyata dampaknya luar biasa ya, Cha. Jadi mandiri dan dapet temen baru juga. Huish \:D/

    Eh itu “Akhirnya masuk rumah sakit juga.” wkwkw, kesannya kayak mengharapkan kamu masuk rumah sakit ya, cha? O.o Wah orang cuek itu justru sebenernya adalah orang yang paling perhatian. Soswit banget di jagain waktu sakit. Ahay~

    Aih, ngomong-ngomong soal cerpen WIDY, kemaren aku belum sempet baca lanjutan ceritanya gara-gara gak blogging 2 minggu wkwk. Semoga rencana Widy-nya berjalan lancar ya, pertengahan bulan ini, di tunggu \:D/

    Selalu ada hikmah di balik kegagalan~

    Aku pernah ngalamin kegagalan yang ternyata itu sebenernya jadi keuntungan hahah, Alhamdulillah :'3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, ngakak. Ini penyusunan kalimatnya udah kayak puisi aja, ada bait-baitnya gitu, nov. Tapi kalimat di bait terakhirnya dalem curhatannya euy, tumben banget :'v

      Hapus
    2. Iya, Nov. Kayaknya anggapan kalau cewek selalu benar cowok selalu salah juga ada di pikiran Bapakku. Makanya beliau nyerah duluan. Hahahaha.

      Iya. Parah kan. Tapi sebenarnya aku masih nggak habis pikir sih kenapa rambut itu jadi terburuk, padahal menurutku keren-keren aja kok. Jujur dari lubuk hati yang paling dalam aku masih kepengen punya rambut model gitu sih, Nov. :D

      Nah iya, nggak selamanya kita bersama dengan orang itu. Jadi jangan bergantung sama orang lain gitu ya. Iya Alhamdulillah, jadi mandiri dan dapat teman-temab baru yang asik-asik. Yeaaah.

      Bahahahah. Iya kayaknya dia memang nantiin aku banget buat masuk rumah sakit. Bahagia banget kayaknya dia. Hiks.

      Ahahaha. So sweet. Aamiin.

      Iya semoga aja ya. Makasih ya, Nov.

      Kegagalan jadi keuntungan. Luar biasa :D

      Hapus
  7. Itu baru diri lo sendiri ca, malah waktu itu sekelas mau pada janjian yang cewek potong ala skirlex yang cowok botak sekelas. tapi ternyata kami tidak seberani itu, kalo yang cewek si bisa ditutup Kerudung, yang cowok masalahnya, udah nggak ganteng mereka takut di kucilkan dari pergaulan pula.
    Ternyata icaa, suka gadun-gadun lucuu.. -_-
    Gadun-gadun kaya raya gitu ca? buat meningkatkan status sosial?

    Ya semua kegagalan adalah cara Allah untuk memperlihatkan kita kepada pintu yang lain.
    Gak ada kegagalan yang sia-sia.
    Gak ada perjuangan yang tidak ada hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOW! Buset dah itu kompak banget sekelasan punya rencana gitu. Kekeluargaan banget. Kan lucu tuh kalau sekelasan yang cewek berpotongan ala Skrillex, cowok-cowok botak. Iya sih kasihan cowok-cowoknya, ntar itu kelas juga kasihan. Dikira peternakan tuyul :(

      Ah, itu cuma tuntutan profesi aja kok, Dib.

      Biar kayak Syahrini, yang sebentar di Belanda, sebentar di Paris. Hempas datang lagi. Hempas datang lagi..

      Iya, Dib. Bener banget :)

      Hapus
    2. Cha, arti kata "GADUN" itu apa ya ? -__-

      Hapus
    3. Kata Yoga, gadun itu om-om hidung belang, Mas :D

      Hapus
  8. Yawloooh ca, jangan sampe kamu jadi peliharaan gadun. aduh jangaaaaaan ='D

    Aku juga gitu, pengen banget sekelas lagi sama sahabat tapi pilihan sekolah kami berbeda jadi terpaksa kami pisah tapi komunikasi alhamdulillah masih tetep jalan sampe akhirnya sahabat aku nikah duluan terus sekarang udah punya anak. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha. Iya, Wid. Jangan sampe lah aku jadi simpanan gadun. Kalau mau bertahan hidup harus kerja keras, bukannya gadun yang diperas.

      Alhamdulillah kalau masih terjalin persahabatannya ya. Hohoho. Jadi Wida kapan mau nyusul sahabatnya? Eeeh xD

      Hapus
  9. "Apalagi kalau gagal keluarin di luar, malah keluar di dalam", ini maksudnya apa ya, Ca?
    Kok gue bacanya agak ambigu ambigu gitu, ya? Hahahaha.

    Akan ada saatnya, kita harus menerima Tuhan mengambil alih rencana yang sudah kita pilih. Mungkin, kita merasa itu sebuah kegagalan. Tapi, percayalah, Tuhan hanya sedang memeprsiapkan sesuatu yang lebih indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahaha. Maksudnya gagal keluarin uneg-uneg di luar gitu, gagal ngungkapin uneg-uneg. Jadinya malah keluar di dalam deh, alias kependam aja dalam hati. Gitchu~

      Iya bener, Har. Mempersiapkan sesuatu yang lebih indah. Karena Allah itu Maha Mengetahui, juga Maha Penyayang.

      Hapus
  10. SUBHANALLAH ICHA, INI POSTINGAN BAROKAH BANGET. DIAWAL DIBUKA DENGAN VIAGRA, DIAKHIR DITUTUP DENGAN SURAT AL BAQARAH.
    ALLAHUAKBAR!

    Yawloh, itu atas visi dan misi apa kamu mau potong rambut kayak Cassie. Untung nggak diizinin sama mama kamu, Cha :'D Segitu ngefansnya. Hahaaa
    Iya bisa jadi, Cha. Kalo kamu sekelas sm Nina, kamu bisa lengket dan bergantung ke dia mulu.
    Hahahaaa '' AKhirnya masuk rumah sakit juga. ''
    Kayak ada kepuasan tersendiri gitu bagi Zai. Hahaaa, :'D Lucu ih kalian.
    Walaupun nggak jadi ke Bontang, seenggaknya Zai udah nemenin kamu semalaman di rumah sakit, Cha :D Aciyeee. Zai sampai rela tidur di lantai. Aciyee lagi. Uhuk~

    Bhahaa, blog Darma udah berdebu. HAHAHAA SIBUK MIKIRIN JODOHNYA HAHAAAA
    CARIKAN AKU JODOH AAAAARGGHH

    Yeay, semoga tulisan bertema WIDY berjalan lancar di pertengahan Februari ini. Amin :))
    Kegagalan yang bikin kita patut bersyukur. Untuk cerpennya, mungkin nanti bakal dilanjut dan diedit sama om Yoga dulu ya Cha.
    Nggak sabar pengen nulis tulisan bertema. Hahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAHAHAHAHAHAH WULAN. INI NGETIKNYA SEMBARANGAN ABIS GILA. YANG AYAT SURAH AL BAQARAH ITU TIBA-TIBA KECETUS AJA. TRUS NGERASA COCOK SAMA POSTINGAN, YAUDAH DEH DIMASUKIN DI POSTINGAN INI.

      WALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR WALILLAH ILHAM.

      Aku cuma pengen keliatan keren kayak dia, Lan. Udah cukup nggak keliatan cantik, aku nggak mau nggak keren juga. Huahaha. Iya. Alhamdulillah sih gagal punya rambut gitu. :'D

      Sialan. Kepuasaan tersendiri. Iya sih, Lan. Nggak salah lagi. Dia bisanya dipuaskan dengan cara aku masuk rumah sakit, nggak ada cara lain. Hiks.

      Ahahahaha. Wulan ih, masih ingat aja cerita sialan itu. Duuuh malu :$

      Kamu udah dapat kok, Lan. Jodohnya datang sendiri ke kamu. Aciyeeeee. Balas uhuk ~

      Iya. Aamiin. OM YOGA. Yo oloh. Yoga udah tua. Nggak kerasa ya, Lan. Hahaha.

      Iya sama aku juga nggak sabar nih. Huehehehe.

      Hapus
    2. Lan, beneran kamu lagi nyari jodoh lan? hahaha :D

      Hapus
  11. wuiih cha subhananallah banget postinganmu cha, yang biasanya berbau mesum bikin ngakak yang ini beda. ada surah alquranya.

    coba lagi aja cha rencananya siapa tau berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohohoho. Tapi ini ada mesumnya juga kok dikit.

      Huahahaha boleh juga, tapi udah terlanjur bersyukur itu gagal, Di. :'D

      Hapus
    2. Ah kamu tau aja sih, Dib. Duuuh. Jadi malu. Malu-maluin :|

      Hapus
  12. "Dan aku disana, mau nggak mau sibuk mainin dildo demi menghibur diri." Cha, plis... -____- hahaha.

    Setomboy-tomboynya aku, belum pernah tuh nyoba potong rambut kiri cepak kanan panjang. Tertarik sih, cuma belum berani. Tapi setelah tau itu adalah model rambut terburuk, makin gak berani deh. Hahaha. Btw yang menyatakan itu rambut terburuk siapa? Bukannya selera orang relatif?

    Nice banget ya Cha. Atas bahas dildo bawah ditutup dengan penggalan ayat Al-Quran. Pencitraanmu berhasil Cha. Huahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak farih sholat pake mukena aja kaget, apalai potong rambut begini. -_-

      Hapus
    2. Bahahahaha. Ampun, Riiiih :|

      Nah sama berarti tertarik juga. Dan nggak berani juga. Hahahaha.

      Ada web tentang style rambut gitu, apa ya web nya aku lupa. Aku sebenarnya juga rada heran sih. Padahal masih banyak rambut lain yang nggak kalah buruk. Kayak rambut kepangnya David Beckham tuh kalau nggak salah. Huhu.

      Bahahahaha. Sialan. Pencitraan. Tapi dibilang berhasil. Nggak tau harus senang apa sedih. Hiks.

      Hapus
    3. Aku juga kaget kalau kamu yang di Bekasi (eh iya bener Bekasi kan?) tiba-tiba pake mukenaku di Samarinda, Dib. Kejutan banget :D

      Hapus
    4. Hahaha nanti dek. Nunggu badanku kayak Selena dulu baru potong model begitu.

      Hapus
    5. Cha ada id line atau apakek yang bisa dihubungi gitu gak? Mau nanya-nanya soal blog. Kayaknya kamu udah master, mau berguru. Hahaha.

      Hapus
    6. Aku aminin deh badannya kayak Selena. :D

      Bahaha. Master chef kali, Rih. Ada. Cuma jangan muntah ya pas ngetik id line-ku. Alay soalnya. Id line-ku ichairunnica.

      Hapus
  13. Wahh... bener tuh.. hidup emang perlu rencana meskipun sesuatu yang kita rencanakan mungkin gak berhasil tapi percayalah Allah memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya.. begitulah kira kira..

    Temen sekosan ada juga yang model rambut begitu dulu.. kalo pulang ditutupin... hahaha

    Kesian juga gagal jadi sekelas sama temen akrab tapi syukurlah jadi lebih banyak temen baik...:-)

    Cieilee alhamdulillah g jadi rame rame ke bontang, jadinya berdua di rumah sakit... eheemm..

    Kalo aku dulu alhamdulillah gak dibolehkan kerja, jadi sekarang masih menikmati kuliah.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena Allah Maha Mengetahui ya, Rum :')

      Ohahahahaha. Jadi repot sendiri kalau potong kayak gitu ya.

      Hehehe. Iya, Alhamdulillah. Nggak berdua kok, Rum. Masih ada pasien lain trus ada suster juga. Kamarku waktu itu bukan yang kelas satu :'D

      Alhamdulillah ya bisa kuliah, Rum. Baru deh habis itu kerja. Yuhuuu~

      Hapus
  14. Subhanallah. Walaupun awalannya hot, tapi diakhiri dengan kutipan ayat suci. Barokah banget blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahaha. Barokah. Bang Har juga barokah, jomblo barokah lebih tepatnya. Jomblo yang hapal Surah Al-Baqarah :D

      Hapus
  15. Masya Allah, ada ayat Alquran. Ini mesum apa alim maunya, sih? Hahaha. :))

    Bikin syukuran, awalnya gue kira lu mau bikin give away gitu, Cha. Ternyata bersyukur sama rencana Tuhan, ya. XD

    Sering, sih. Salah satunya: sewaktu gue nggak jadi pergi ke Jogja atau ke mana ya waktu itu. Eh, ternyata keretanya anjlok dan keluar dari rel. Banyak korban luka-luka. Asli, itu alhamdulillah banget buat gue. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau, Yog. Nggak jelas banget ya. :D

      Bahaha. Nyangkain give away. Iya juga sih judulnya bisa bikin orang nyangkan gitu. Doain aja biar bisa ngadain gve away ya, Yog. Hehe.

      Mirip kayak cerita gagal dari kecelakaan pesawat ya. Aku merinding sekaligus terharu. Apalagi kamu ya, Yog. Alhamdulillah banget gagal pergi. :)

      Hapus
  16. Hai neng icha salam kenal, bersyukur pasti bakal si tambah nikmatnya, itu pasti*ehm* keinginanku yang belum tercapai?atau tidak tercapai, ketika aku memutuskan tidak langsung ambil S2 dan memi l ih pulang, padahal ortu ngasih lampu hijau, tapi aku bersyukur dg pilihan itu, kalau lanjut S2 nggak tau kapan ketemu suami*ehhhh* meski sekarang kadang suka gigit jari kalau lihat temen temen ngerjain tesis,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salam kenal juga, Mbak Amri Evianti.

      Wuiiih sayang banget ya kalau nggak jadi ngelanjutin S2, padahal sikon sudah mendukung. Tapi memang sudah takdirnya kayaknya gitu ya, Mbak. Takdirnya ketemu jodoh :))

      Hapus
  17. keren rambutnya skrilex

    nrimo kersaning Gusti :)

    BalasHapus
  18. Aku nggak bisa ngebayangin gimana kalau model rambutmu kayak Skrillex chak :( wkwkwk

    ditutup dengan surah al baqarah 126 :) lengkap dan pas banget tulisan ini Chak :) maniiiiiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga nggak bisa ngebayangin, Feb. Bisanya ngebayangin adegan aku diusir dari rumah gara-gara punya rambut gitu. Bahahaha.

      Lengkap nggak jelas tapi, Feb. Huahaha manis. Makasih yaaaa :D

      Hapus
  19. Gue pernah nih, dulu waktu mau jual char COC gue.
    char gue ditawar dengan harga tinggi, yaa namanya ditawar tinggi ya tentu tergoda dong. Si penjual ini mintanya buat ngasih data-data duluan, padahal gue pinginnya transfer duluan sambil gue ngirim foto ktp dan foto-foto lainnya yang memperkuat kalau gue bukan penipu.

    Eh, nggak sengaja liat beranda facebook ada yang share kalau dia itu ternayta nipu di grup-grup jualan char COC. wkwkwkw.... alhamdulillah lah, walaupun nggak kejual tapi juga nggak sia-sia gue maininnya selama setahun lebih.

    Tuh cha, COC gue mainin setahun lebih aja nggak ngamuk. Kamu mau gue mainin? *digampar*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahahha mau ngeyakinin diri kalau bukan penipu sama penipu. Untung aja nggak jadi dijual ya, Yu. Alhamdulillah.

      Iya ya nggak ngamuk. Mau sampe kapan dimainin? Nggak mau dipacarin aja gitu COC-nya?

      Sini sini mainin. Mainin catur sama akuuuu :p

      Hapus
    2. Iya, padahal kalau dijyal duitnya buat bikin GA di blog. Heuheu.....

      Kak icha pingin jadi sponsor? :p

      Sampai marahari menangkap bulan dan menelannya mentah mentah. Lah kok ngeri amat yaa?

      Gue nggak bisa main catur ._., kemaren waktu gue main catur, gue malah diketawain temen. Gue majuin kuda lurus, mereka bilang harus letter L. Padahal kan kuda gue kuda barokah, udah berada dijalan yang lurus dan penuh kebajikan :((

      Hapus
    3. Lah.... ini anak malah nodong orang buat sponsorin :(

      Iya serem. Udah, bilang aja kalau cuma mau mainin itu sepatu, nggak usah pake alasan apa-apa deh.

      BAHAHAHAHAHAHA. KUDA BAROKAH NDASMU!

      Hapus
  20. Kenapa tiba-tiba ada iklan viagra di awal???

    Si krillex itu cukur di pangkas rambut mana ya??!

    Itu poni panjang amat sampe sedagu...

    Mantap kali postingan, ada ayat Al-Qur'an juga...

    Namun terkadang manusia suka egois dan lupa daratan alias khilaf....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Nggg... itu nggak maksud ngiklanin Viagra sih, Mas Hen. Cuma mau ceritain kasus tentang Viagranya aja :D

      Nggak tau, Mas. Ntar deh aku googling. Bahahaha.

      Iya lumayan. Tapi nggak sempat waktu itu, baru sehidung aja.

      Hahaha. Iya makasih. Iya bener, Mas. Ciri khasnya manusia tuh suka khilaf.

      Hapus
  21. Kalimat pembunya Viagra, kalimat penutupnya ayat alquran. Hmm..

    Saya juga pernah. Ceritanya di ajak jalan sama teman ke smd, tapi gak ada duit. Akhirnya dirumah aja. Eh dua hari kemudian, tau tau di ajak trip gratis surabaya-banyuwangi-bali-lombok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm juga..

      Whoaaa! Luar biasa. Dapat rezeki trip gratis gitu. Liurku langsung tumpah ruah, Her :(

      Hapus
  22. Icha, akukah Nina teman SMP-mu itu? Hahaha

    Ganyangka ya kamu pengen punya rambut kayak Skrillex... aku juga sih, pengen punya kumis kayak Hitler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Kalau iya, kamu jahat, Nin. Nggak ngundang aku pas di tasmiyahan kedua kamu. Hiks.

      Wuidih. Nyentrik ya. Aku pengennya kumis kayak Adam Suseno. Tumbuhin kumis bareng yok, Nin.

      Hapus
  23. gagagl aku gagal aku gagal.. aku gagak di ajak ikut jalan-jalan gratis sama temen ke jogja, nyatnaya temen-temenku yang ikut malah di ajak ke perkumpulan MLM. diajak gabung ml... ye aku bersyukur aku gak ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahaha. Iya, nanti kamu kalau nggak mau gabung, kamu nggak bisa loh, Muhae. Alhamdulillah banget ya.

      Hapus
  24. Saya juga punya beberapa pengalaman engenai kegagalan.Semakin banyak hal yang kita alami memang memberi pelajaran bagi kita ke depan. Itulah sebabnya, jangan pernah melupaakan kenangan, tapi jangan pula hidup di dalamnya.

    Btw, karena udah masukin ayat, apakah postingan ini jadi halal? *KayaknyaLabelHalalLagiNgetrend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Orang gagal adalah orang yang banyak belajar. Heleh. Aku suka dan setuju, jangan pernah melupakan kenangan, jangan pula hidup di dalam kenangan :)

      Hmm... untuk hal itu, saya serahkan saja kepada pihak yang berwenang. *ini apa dah*

      Hapus
  25. aku gagal jadi ganteng kak, tapi bersyukur setelah beberapa tahun lalu ada berita orang deportasi dari negaranya karna terlalu ganteng, alhamdulillah sampai saat ini aku masih jadi warga negara indonesia.

    btw Dina yang kaya Kimberly Ryder itu akun facebooknya apa kak?._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gagal jadi cantik, Ji. Jadi mari kita mengheningkan cipta mengenang kegagalan kita. Mengheningkan cipta, mulai.

      Eh itu serem ya sampe dideportasi. Kasihan banget abang-abang gantengnya. Negara mana itu?

      Hahaha. Ciye kepo nih yeeee :p

      Hapus
  26. Kalo kata temen-temen aku, itu rambut di mohak-mohak gitu. Bhaha. Ih, aku mah malah jijik. Geuleuh. Heu.
    Tetep harus bersyukur teteh. Mau gimanapun kejadiannya, pasti ada yang terkesannya. Hm.

    So, jadinya syukuran apaan? MEH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Padahal menurutku beda sama di-mohawk-mohawk gitu, Ris. Ehehe.

      Selera orang memang beda-beda ya :'D

      Iya bener, Ris. :)

      Huahaha. Syukurannya sujud syukur aja dulu bisanya :D

      Hapus
  27. "Rencana manusia digagalkan Tuhan, demi kebaikan manusia itu sendiri" --> begitulah Cha, manusia emang cuma bisa merencanakan, hasil akhirnya tetep di tangan Tuhan, dan itu semua ada hikmahnya. Hebat, dari empat cerita yang lo tuangin, lo bisa ambil hikmahnya, karena emang seburuk apapun kejadian, pasti ada hikmahnya untuk kita *hasek* :D

    Wah, Skrillex favorit gua nih, mantap abis lagu-lagunya. Untuk potongan rambut, itu semua masalah persepsi. Ada yang bilang jelek, neyeleneh, cool, dll. Gua sendiri ngeliatnya keren kok, tapi ngga berani nyoba. Bisa dikeluarin dari kantor mungkin kalo gua punya potongan rambut begitu hehe. Itu yang gagal sekelas sama Nina ternyata hikmahnya banyak ya, bisa kenal mereka-mereka yang akhirnya berpengaruh ke kehidupan lo. Luar biasa.

    Kegagalan versi gua adalah saat ditolak ikut tes PTN karena masalah ekonomi. Awalnya gua kepengen jadi psikolog, arkeolog atau sastrawan, tapi kuliah S1 seolah diharamkan bagi gua ("Nanti aja kamu kuliah S1 setelah kerja," kata nyokap), dan gua "diminta" untuk ngambil D3 Akuntansi biar ready to work (ilmu yang awalnya gua remehkan). Ternyata setelah dijalani, justru dari akuntansilah cerita-cerita hidup gua berkembang, sampe akhirnya lanjut kuliah S1. Kalo ngga gitu, mungkin gua ngga akan ketemu temen-temen kantor yang bisa bikin nyaman kayak sekarang, dan ngga akan ngerti susahnya banting tulang untuk biayain kuliah. Begitulah. Apapun pilihan hidup kita, dijalani aja dengan ikhlas dan sabar :) ngga akan ada yang nyangka nasib apa yang akan kita dapet ke depannya.

    "Gagal nggak selamanya buruk. Dan nggak selamanya berhasil itu baik" --> love this statement :)
    Ayo dilanjutkan proyek WIDY-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bay. Rencana Tuhan memang lebih indah ya daripada rencana umat-Nya. Hehehe. Makasih, Bay. Empat kejadian di atas aku syukuri banget kegagalannya, terutama yang gagal sekelas :')

      Wuidiiih, aku yang dulu ggak pernah dengerin lagu-lagunya Skrillex malah sok sok an ngebet banget pengen punya rambut kayaj dia. Hakhakhak serasa butiran debu aja kalau di hadapan fans beratnya Skrillex :'D

      Parah kalau sampe berani nyoba ya, Bay. :D

      Bener banget, aku juga mikirnya keren, Bay. Sampe sekarang juga mikir gitu. Nggak habis pikir juga kenapa bisa dinobatkan penghargaan semacam itu. Padahal masih banyak rambut yang lain, yang aneh banget sampe nggak ada yang bisa bahkan mau ngikutin. Huhuhu.

      Hehe. Iya. Nggak sesuai dugaan di awal juga bisa dapat temen pas nggak sekelas sama Nina, mengingat dulu aku anaknya pemalu dan minderan, jadi kayak antisosial gitu. Hahaha.

      Mantap, pengen jadi psikolog. Pantesan, Bay. Postingan-postingan kamu sarat akan kepedulian terhadap sesama. Peka sama hal-hal sekitar. Trus bisa jadi renungan, pengingat, juga solusi. Wuiiiiih. Keren.

      Untung permintaan orangtua kamu penuhin ya, Bay. Jadinya bisa ketemu teman-teman kantor yang bikin nyaman, trus jadi ngerti susahnya cari uang buat kuliah, jadi nggak ngerepotin orangtua karena sudah punya penghasilan sendiri. Wow. Buah dari keikhlasan dan kesabaran memang manis ya.

      Waaah. Makasih, Bay. Yang diketik sembarangan jadi yang disukai. Huehehehe.

      Oke sip. Ayok ikutan proyek WIDY menulis dengan tema makanan, Bay. :D

      Hapus
  28. Sumpah cha, liat ending tulisanmu itu bikin shock! hahaha dibuka dengan iklan viagra ditutup dengan ayat alquran. Subhanallah! :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahaha. Aku juga shock nih lihat komen Mas Fandy. Baru lihat sekarang. Huhuhu. Maaf ya. Gimana? Dimaafin kan? :'D

      Hapus
  29. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://pkcinema.com/
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    Nonton Movie
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Nonton Film Dewasa
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal ^_^

    BalasHapus