Perubahan Karena Mantan

Sebagai pecinta musik, Syarifatul Adibah pernah bilang di postingannya yang INI, kalau kita bisa tau lebih dalam tentang orang lain lewat lagu-lagu yang orang itu dengerin. 

Kalau aku boleh nambahin, kita juga bisa kepengaruh sama lagu-lagu yang kita dengerin. 

Entah itu berlaku ke semua orang apa nggak. 

Yang jelas, lagu-lagu Maroon 5 ngasih pengaruh ke aku. Aku jadi punya impian pengen punya suami kayak Adam Levine, yang jambangnya bisa dielus-elus pas lagi tidur bareng. Trus dia nyanyiin lagu Nina Bobo dengan suara khas high-pitched-nya dan sengau-sengau dikit. Uuuuuh. Bikin geli-geli basah dengernya. 

Lagu-lagu Eminem mempengaruhi aku buat suka mengumpat kalau lagi kesal. Misalnya kuota habis pas lagi asik streaming drama Thailand, trus ngumpat, 

"Fak.....tur pembelian! Harus beli kuota lagi kan!" 

Dan masih banyak lagu-lagu yang ngasih pengaruh ke aku. 

Pengaruh yang biasa aja sih. Nggak seluar biasa (atau lebih tepatnya seaneh) pengaruh yang Nanda dapat dari satu lagu, seminggu yang lalu. 

Waktu itu aku dan Nanda ngeliatin music video Hands To Myself-nya Selena Gomez dengan khidmat. Lagu terbaru dari mantan pacar kembaran Darma, Justin Bieber itu menurutku bagus, dengan aliran sesat dance pop dan synthpop. Bikin yang dengerin jadi pengen goyangin pinggul sambil ngegrepe-grepe diri sendiri. 

Sepanjangan ngeliatin MV-nya, aku nggak berhenti nyerocos. Ngagumin Selena yang cantik dengan poni dan rambut hitamnya, nyirikin badannya yang yahud, dan nyangka-nyangkain Justin Bieber bakal nyesal putusan sama mantannya itu. Sementara Nanda bergeming. Dia nontonin MV itu tanpa ekspresi. 

Begitu selesai dan aku mau liat MV terbaru lainnya.....

"Ndese, saya mau kayak Selena Gomez!" 

Pandanganku yang dari hape langsung teralihkan ke asal suara. 

"Maksudnya? Mau sembarangan masuk rumah orang cuma pake dalaman aja gitu?" 

"Bukan. Mau badan kayak Selena Gomez. Kau betul, Ndes. JB pasti nyesal putusan sama Selena. Selena makin cantik sekarang. Saya mau berubah juga. Saya mau buat anak itu menyesal!" jawab Nanda berapi-api. 

Aku cuma bisa mendengus, trus kembali fokus ke hapeku. Di satu sisi agak kesel kenapa lagu Same Old Love yang aku perdengarkan buat bikin Nanda move on nggak ngaruh. Di satu sisi lain, aku pengen ngetawain niat anehnya itu. 

Besoknya, Nanda merengek ke Mama minta dibikinin jamu penambah nafsu makan. Ramuan jamu yang terdiri dari kunyit, kuning telur ayam kampung, dan madu itu kemudian jadi minuman rutin Nanda tiap pagi. Ternyata dia nggak main-main sama ucapannya. 

Sebenarnya nggak lama habis itu, aku juga ikut minum. Tapi sampe sekarang yang keliatan hasilnya itu ya dia. Berat badannya lumayan, naik 3 kilogram. Tulang belikat yang biasanya menonjol mulai tenggelam. Mukanya yang tirus jadi agak tembeman. Hobinya yang dari gerayangin hape jadi gerilya kulkas. 

Trus porsi makannya saingan sama Mamaku. Kalau sore dia gelisah sendiri nyari cemilan. Kadang juga tega-teganya rebutan snack sama Khansa dan Tasya, dua keponakan. 

Aku sih senang-senang aja dia nggak malas makan kayak aku, jadi aku nggak perlu dengar Mama ngomelin atau maksa Nanda makan lagi. Akhir-akhir ini frekuensi ngomel Mama berkurang berkat Nanda. Ya walaupun tetap ngomelin aku juga sih. 

Tapi ngeri juga, takutnya ntar dia balik kayak dulu lagi waktu minum obat penggemuk badan.

Kayak gini, 

Sumpah, ini bukan karena kena virus flu babi kok
Trus bikin Mama teriak, 

"Sudah-sudah pang makannya, Nda! Beras habis nah!" 

Ngeri. Jangan keulang lagi, please

Dan ngeri juga sih, segitu besar pengaruh musik terhadap Nanda. 

Oke, mungkin lebih tepatnya pengaruh mantan. 

Segitu besar pengaruh mantan terhadap Nanda, sampai bikin dia berniat buat gemukin badan. Niat yang muncul bukan karena dorongan Mama, kayak dulu. Waktu kami dicekoki obat penggemuk badan Tiongkok sialan itu. Tapi niat yang muncul dari dirinya sendiri, karena sakit hati. 

Ya, Nanda adalah salah satu dari banyaknya kaum sumo -susah move on- yang bertebaran di muka bumi ini. 

Mungkin sekarang dia udah bisa lupain kenangan indah bersama si mantan, tapi dia nggak bisa ngelupain rasa sakit hatinya. Mantan yang mutusin dia tiba-tiba, dengan alasan pengen lebih fokus kuliah dan belum siap berkomitmen sama orang. Yang tambah bikin sakit hati, baru-baru ini si mantan udah punya pacar lagi. Dan pacar barunya si mantan, yaitu teman kuliah mereka juga. Jadilah si Nanda bisa dengan leluasa mergokin si mantan dan si pacar baru mantan mesra-mesraan di sudut kampus. 

FOKUS KULIAH NDASMU! 

Ternyata nggak cuma LDR aja yang bisa jadi turun temurun (Mamaku LDR, aku LDR juga), diputusin pacar juga bisa. Aku juga pernah diputusin dengan alasan pengen fokus, fokus sekolah. 

Aku jadi mikir, setiap cewek kayaknya punya niatan buat ngubah penampilan setelah putus sama pacar. Contohnya aja si Selena Gomez. Perasaan dulu dia nggak secantik itu. Perasaan dulu lagu-lagunya ngebosenin, nggak kayak sekarang yang easy listening semua. Iya nggak sih? 

Dan yang cowok-cowok, udah sering kan, ngeliat mantan kalian jadi cantik banget setelah putus? 

Nanda terilhami akan hal itu. Berusaha berubah jadi cantik supaya mantan menyesal. Tapi kayaknya nggak bakal berubah jadi cantik deh itu anak. Makin nyebelin sih iya. Karena dia jadi pelit kulit ayam goreng. Makanan yang biasanya dia ikhlaskan untuk aku makan, malah dia embat juga. 

Selain penampilan, mantan juga bisa mengubah sikap, perangai, dan bagaimana kita ke depannya. Untuk perubahan yang buruk kayak yang dari ceria jadi murung, dari yang punya semangat hidup jadi pengen mati aja, bla bla bla bla itu nggak usah disebutin (lah trus tadi apa kalau bukan disebutin?) kali ya. 

Ada yang setelah putus, jadi kapok pacaran, trus jadi selektif dalam mencari pacar dan akhirnya langsung dilamar, dan hidup bahagia selamanya. 

Ada yang dari antisosial, maunya kemana-mana sama si pacar, setelah putus jadi easy going dan punya banyak teman. 

Ada yang dulunya bukan siapa-siapa, setelah putus trus ngelahirin karya misalnya buku, lagu, atau film, yang terinspirasi dari pahitnya putus cinta, dan akhirnya jadi orang yang dikenal dimana-mana. 

Nggak bisa dipungkiri, mantan memberi perubahan buat kita. Dan nggak selamanya, putus dengan pacar melahirkan perubahan yang buruk. 

Mungkin memang, waktu awal putus, mantan adalah orang paling bajingan. Luka ditinggal pacar atau diputusin tiba-tiba itu teramat sakit. Tapi suatu saat, kita pasti bersyukur dengan adanya luka itu. Berterima kasih pada pemberi luka. Membiarkan dendam dan sakit hati itu pergi tertiup angin. 

Karena sesialan-sialannya mantan, secara nggak langsung dia udah jadi motivator kita buat menuju ke perubahan yang lebih baik. Minimal, ngebuat kita belajar akan sesuatu. Meskipun ‘cara’ mengajarinya cukup brutal. 

Seperti yang seseorang pernah bilang ke aku, “Mantan bisa bikin kita belajar mendewasakan diri, tanpa perlu nonton film dewasa.” 

Btw, buat siapapun, semoga cepat move on. 

You Might Also Like

106 komentar

  1. kalo abang neng putus dari mntan g nyesel
    justru mantan abang yg nyesel karena melihat abang ini makin kesini makin ganteng
    yah abang sadar diri aja deh
    .
    jgn pernah takut kehabisan beras neng
    kebetulan abang punya toko beras
    ada yg 8000 8500 sampe 9000
    udah gitu juga ada beras ketan 14000 perliternya
    ada juga yg karungan 200 kg sama 250 kg
    lumayan sih omset sehari itu bisa 1 milyar

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja, semua kebagian kok
      harap ngntri yah

      Hapus
    2. HAHAHA sekalian promosi ya bang kwkkw

      Hapus
    3. MASAK AER BIAR MATENG. MASAK AER BIAR MATENG.
      KE JAKARTA BELI PISANG.

      WOY NIKI LU JANGAN SOK GANTENG!
      MUKE LU KAYAK KETEK MUSANG.

      Hapus
    4. Satu milyar apaan, Bang Nik?

      SIRAM AIR PANAS ABANGNYAAAAAAAAAAAAA!

      Hapus
    5. orang ini kalo komentar selalu kocak dah hahaa

      Hapus
    6. NIKAHI AKU BANG, NIKAHI AKUUUU

      Hapus
    7. Ni kita apaain Bang Niki nih? Ni kita bunuh aja nih? Nikita Willy kok sinetronnya udah nggak ada lagi ya? *ini apa dah*

      Hapus
    8. BANG NIKI RADA RADA EMANG DAH HAHAHA

      ETDAH ITU KETEK MUSANG KENAPA DIBAWA BAWA WK

      Hapus
    9. ADA YANG GELAR LAPAK JUAL BERAS. ADA YANG MAIN SAMBER. ADA YANG PSIKOPAT MAU BAKAR TOKO. ADA YANG LEBIH SUKA PSIKOPAT MAU KEBIRI. ADA YANG OPIE KUMIS WANNABE. ADA YANG NGEBET NAIK KE PELAMINAN. ADA YANG KAGUM SAMA BANG NIKI. ADA YANG PENASARAN SAMA KETEK MUSANG.

      YO OLOH.

      Hapus
    10. Bang niki, itu warung berasnya ada yang jaga gak bang kalo malam ? Bisa kali ya buat ajang pelatihan. Pelatihan maling. Maklum banyak maling baru yang butuh di-ospek.

      Hapus
  2. bahaaa... kampret koplak juga.
    itu Ndese maksudnya apa cha??
    emang sih lagu kadang juga ngaruh, hhmm untung dengerinya lagu selena gomes masih bagus itu. tapi, ngomong sola selena gomes aku sama sekali gak tau sama lagunya sama orang nya aja udah lupa mukanya kayak apa.
    itu kalo dengerinya lagu A Little piece of heaven baru seruu, tentang diputusin juga.

    wuiih kalo mantan bisa bikin hal positif gitu yaudah kalian yang mau lebih baik putus mending putus aja siapa tau kan ntar jadi lebih dewasa jadi berubah bisa berkarya lebih baik, bisajadi terkanal.
    itu pipinya duuhh segede bakpao.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha. Ndese itu panggilan dia ke aku, nggak tau artinya apa, Di :D Nggak jelas memang itu anak.

      Liat aja mukaku, Di. Udah bisa bikin inget Selena Gomez kok. Huahahaha.

      Buseeeeet sadis banget Avenged Sevenfold ada lagu putus cinta. Mantap.

      Iya, Di. Tapi kalau hal positifnya yang lain, yang dihasilkan dalam semalam, jangan minta putus. Tapi minta pertanggung jawaban. *ini apa dah*

      Hapus
  3. HIDUP MANTAN !!
    Nggak bisa dipungkiri emang, berkat mantan kita sering kali keluar dari zona nyaman demi buat dia menyesal udah pernah ninggalin kita ..
    Tapi ya emang sesuatu akan tampak lebih indah jikalau udah bukan punya kita lagi, begitulah dengan mantan ..
    so, HIDUP MANTAN !!

    Kasian Nanda, yang susah move-on gegara diputusin dengan alesan fokus kuliah.. dan ternyata mantannya malah udah punya gandengan ..
    Bukan fokus kuliah ini mah, emang udah bosen aja tuh sama si Nanda .. -_-
    Tapi berkat diputusin itu Nanda yang dulu susah makan, jadi sering makan .. ternyata putus cinta obatnya gampang ya, makan !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA! HIDUP MANTAAAAAN!

      Iya ya. Keluar dari zona nyaman buat bikin si mantan nyesal. Bener juga. So, apakah begitu juga yang terjadi sama mantan kamu, Ka? Dia indah juga nggak pas nggak kamu milikin lagi? Duuuh.

      Iya, bener tuh. Udah pasti bosen. Kayaknya gara-gara Nanda ngomongin boyband Korea mulu selama pacaran. Entahlah.

      Yoi. Putus cinta bukan berarti putus juga urat nafsu makannya. Hidup makaaaaan!!!

      Hapus
  4. Ya allah, segitunyaaa....
    Diputusin langsung jadi tembeman, eh chubby ding. Wkwkwkwk, biasanya malah habis putus pingin jadi kurus...

    Wkwkwk, duh move on. Ini lagi ngetik hal move on juga.... Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha. Aku sama Nanda susah gemuk orangnya, Yu. Kalau jadi kurus mah bukan keinginan kami. Kami pengennya tembeman dan bohay. Huhu.

      Asik. Buat postingan baru ya, Yu?

      Hapus
    2. Belum, masih stak di ending. Lagi kurang mood juga, wkwkwk marathon film dululah....

      Lagian nganggur juga guenya :(

      Hapus
    3. Oh pantesan nggak nongol di dasbor itu postingan baru, Yu. Duh sama, aku nganggur juga :(
      Marathon film? Ikutan doooong~

      Hapus
    4. Lagi ngumpet cha, malu diliatin....

      Hapus
  5. hahaha si anjirr. nanda segitunya sii Ya Allah, piknik deh sini nanda liat mas mas bening biar cepet muvon.
    btw ca, dibayar berapa sama Adibah mau-maunya nyantumin nama dia?
    kena kutuk lhoo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ntar aku paketin si Nanda ya, Dib. Sini cantumin alamat rumah kamu.
      Nggak dibayar kok. Soalnya aku bukan wanita bayaran. Bahahahaha.
      Kutuk jadi mirip Emma Stone? Udah dikutuk dari lahir :'D

      Hapus
    2. Tega amat adek sendiri di paketin. blutut aja sini ca.
      hahaha

      masa si kamu dari lahir mirip emma batu? kamu manusia apa material bangunan?

      Hapus
    3. Yaudah, nyalain gih blutut kamu.
      Aku batu akik, Dib. Katanya sih aku Emma Gems Stone :(

      Hapus
  6. tulisan kamu telah membuat aku baper :'(

    BalasHapus
  7. Mantan harus dibuang ditempatnya. Dia akan bahagia saat kita sengsara tapi begitu tahu kita sukses maka dia akan menyesal hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya dia akan menyesal. Berarti mantan udah kayak sampah ya, Mas. Iya sih mantan itu sebenarnya sampah. Sampah masa lalu :D

      Hapus
  8. E sriyus cha yang ada di foto si nanda...kok makin cabiii???

    Etapi selena kecilll ah badannyaa, hahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu Nanda, Mbak Nit. Itu foto lama, waktu dia masih SMP :D
      Iya ya. Selena kecil badannya. Tapi yahud gitu, Mbak Nita. Bikin iriiiiiiii :(

      Hapus
    2. Kenapa memangnya, Jaenudin? :/

      Hapus
  9. iya, dia cantik banget pas udah putus dari aku, cha. apalagi pas rabu kemarin pake kebaya duh... bedebah yah nikin baper :'3 laki-laki suka kayak gitu, eh, apa perempuan juga kalau liat mantannya itu gimana ca ?
    ini jadi kelaur konteks ya, duh :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahaha BEDEBAH. Yo olooooh :'D
      Kalau perempuan gitu juga sih, tapi kayaknya lebih ke kabar si mantan deh, bukan ke fisik. Bikin bapernya ya pas si mantan kabarnya baik baik aja trus malah jadi orang sukses gitu. ITU BIKIN BAPER BANGET BEDEBAH JUGA LAH POKOKNYA, DI :"

      Hapus
    2. Ini nih salah satu kaum Sumo (susah Move-on) :v

      Hapus
    3. Gue bakal sukses nih cah, amiiiinn! biar mantan gigit jari, terus udah gitu gue getawain si kisanak ca, ceritanya dia nanti yang susah mpveon hahaha

      Hapus
    4. AAAAMIIIIIIN!
      Gigit bantal juga, gigit meja, gigit semuanya. Iya aku doain, Di. Lebih-lebih buat manasin Chisanak. Biar dia ikutan gigit-gigit jugak :D

      Hapus
  10. Dulu aku pernah dibikin berubah sama pacar, dari yang awalnya gampang percaya aja sama pacar jadi yang possesif gitu. Soalnya pernah diselingkuhin sih -_-

    Sekarang, ada satu mantan di zaman SMA yang jadi tambaaaaaah cuantik banget. -_- kucrut abis ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ya, kamu jadi berubah sikap gitu gara-gara mantan. Ciyeeee Febri trauma. Huahahaha.

      Bahahaha. Iya kucrut abis. Bener kata Azka, sesuatu terlihat indah kalau udah bukan milik kita lagi :"

      Hapus
    2. Nah ini kok sama ya kejadiannya haha

      Hapus
    3. Jangan-jangan mantan kalian adalah orang yang sama?

      Hapus
  11. Bangsyaaaams, (eit, gak jadi ngomong bangs*t) kalimat terakhir bikin gue geleng-geleng. "Mantan bisa bikin kita belajar mendewasakan diri, tanpa perlu nonton film dewasa.” Selama ini suka nonton film dewasa tapi tetep nggak dewasa. Astagfirullah, buka-bukaan di sini :(

    Setuju sih, kalo orang yang abis putus itu langsung berubah sikap. Biasanya yang berubah ke arah lebih baik itu mau nunjukin ke mantannya kalo "gue bisa tanpa lo".

    jadi pengen berkarya setelah pernah dikecewakan mantan. Hmmmm, karya karena PHP guru juga boleh laah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha, buka-bukaan. Robby bangsal! (Nggak jadi ngetik bangs*t juga)

      Nah iya, mau nunjukin kalau bisa hidup tanpa mantan. Bahkan bisa jauh lebih baik.

      Bikin gih karya, Rob. Eh katanya mau nulis soal cinta-cintaan di blog ya? MANAAAAAA CINTA-CINTAANNYA, MANAAAA? Cinta-cintaan sama guru yang suka PHP juga nggak papa. Bahahaha.

      Hapus
  12. Ya Allah Gusti... Malam Minggu baca beginian. Makin laperlah... lihat tentang kulit ayam yang dimakan Nanda. :(
    Nanda, bagi kulit ayamnya dooong~
    Nanda unyu banget pipinyaa. Punya adik asyik nggak, Cha? Hihi. Cepat move on, ya, Nandaa~ \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, berikanlah hambamu yang bernama Rimakmum Solehah ini makan, Ya Allah....

      Sini, Kak Rim. Aku bagi kulit ayamnya~

      Itu pipi kayak mau meledak gitu dibilang unyu :'D Asik-asik nyebelin sih, Rim. Apalagi dia anak bungsu, lebih dimanjain gitu deh. Oh iya, kamu anak bungsu juga ya kalau nggak salah?

      Hihi iya. Makasih Kakak Rimaaa :D

      Hapus
  13. Mantan pacar kaga ada... Haaah aku move on dari siapa doong. Dari cowok yg disuka aja kali ya :/ huhuuu
    Tp motivasi buat berubah lebih baik bukan cuma krn mantan pacar ajasih ya. Mantan gebetan/orang yg pernah kita suka jg bisa (?) ya apalah itu motivasinya. Semoga kita selalu berusaha buat jd lebih baik ya chaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyeee dari cowok yang disuka~ Iya, Bil. Bisa banget. Ini aku tujukan buat diriku sendiri juga. Buat nyemangatin diri sendiri, biar bisa move on dari tempat kerja lama. Huehehe.

      Aamiin. Semoga usaha kita itu berhasil yak :))

      Hapus
  14. jadi gini ya rasanya punya mantan :(

    BalasHapus
  15. Kalau saya terpengaruh anime dan manga. -_-
    Mantan juga bikin pola pikir saya berubah setelah putus. Alasan dia minta putus, pengen fokus cari kerja, taunya dapet pacar baru. Fokus ndasmu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terpengaruh hentai juga nggak, Bang Har? Eeeeeh.
      Buahahaha. Iya, rasanya aku ada baca soal itu di postingan Bang Har. Kerjaan macam apa itu, punya pacar baru. Gitu kalau nggak salah kalimat di postingan itu. Bikin ngakak :D

      Hapus
  16. Alasan yang mainstream banget sih. Teman saya juga pernah diputusin dengan alasan itu. Yah. Jalan move onnya orang juga beda-beda ternyata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Pasaran banget ya. Nggak kreatif. Nggak inovatif. Nggak berbobot.
      Bener. Daripada memilih jalan buat cari yang baru, mending perbaiki diri dulu aja sih menurutku. Huehehe.

      Hapus
  17. Cha? Itu mukamu atau nanda? KOk jadi pengen nyubit matanya. Eh, hidung maksudnya. Manis, sih. *Ukhuk."

    Btw, gue sendiri mikir sih, kalo emang udah ngajak putus cuman gara2 MAu FOKUS KULIAH NDASMU!! Gue bakalan bilang : "AKu juga mau fokus bunuh kamu setelah ini."

    Yakindeh gak jadi putus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mukanya Nanda, Pangeran. Iya cubit aja. Biar tambah pesek itu anak. Duh manis. Kenapa malah adeknya sih yang dikatain manis? :(

      Bahahahaha. Leh uga. Berarti sama-sama fokus gitu ya. Pangeran kayaknya berbakat buat jadi psikopat nih. Eeeeh.

      Hapus
  18. Mantannn, we...are never everr eveerrrr getting back togetherrr \:D/

    Yup, musik berpengaruh ke kita juga dan lebih berpengaruh lagi kalau musiknya ngingetin soal sakit hati karena mantan :3

    Sampai saat ini sih udah berhasil lupain mantan tapi gak untuk sakit hatinya. *curhat* Sakit hati selalu bisa jadi motivasi untuk berubah lebih baik, lebih bijak, dan berubah jadi lebih cantik Hahahahaha.

    Itu pipi kebanyakan baking powder kayaknya. Chubby itu gemesin. Hidup Nandaaaa, semoga bisa bikin si Mantan nyesel !! :v

    Ngomong-ngomong soal Selena, duhhh dia emang makin hari makin cantik, lagu-lagunya juga makin keren, she's getting hotter, Justin udah pasti nyesel hahah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada Taylor Swift :D

      Apalagi yang ngingatin sama mantan, berpengaruh banget. Jadi ingat film Silver Linings Playbook, si Pat sampe suka ngamuk-ngamuk sendiri tiap denger lagu pernikahannya, karena itu ngingatin dia sama si mantan istri. Serem.

      Iya, sakit hati bagusnya dijadiin motivasi sih ya, bukannya jadi penghambat.

      Huahahaha. Baking powder :'D Ya. Hidup chubby juga! :D

      Nah iya. Jadi ngiri banget sama Selena. Nggak cuma fisiknya, tapi musiknya juga. Justin Bieber langsung kalah hot deh. Bisa-bisa malah Beliebers jadi ngefansnya sama Selena :D

      Hapus
  19. "Bikin geli-geli basah dengernya" Sampai selesai baca tulisan ini, satu kalimat itu yang bikin bertanya-tanya, maksudnya apaaa, anggota badan mana yang geli, anggota badan mana yang basah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus kalimat yang itu :|
      Telinga yang geli, karena dinyanyiin pas di telinga. Trus tengkuk yang basah, keringatan karena grogi. Gitchu.

      Hapus
  20. Kalo Nanda nggak bisa move on juga, coba kenalin ke aku, Cha. Muahaha. XD

    Yah, begitulah mantan. Berkat mantan gue jadi konsisten nulis. Ya, awalnya mah mengalihkan alias menyibukkan diri supaya pikiran gue gak melulu fokus ke dia. Hidup mantan! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius mau kenalan, Yog? Sini ke Samarinda! Bahahahahaha.

      Iya. Berarti bersyukur deh ya kamu putus sama mantan, kalau nggak putus ntar nggak ada selebblog yang namanya Yoga Akbar Sholihin. Asik.

      Ya. Hidup mantan!

      Hapus
    2. Jauh bangkheee. Nanda suruh ke Jakarta aja! :p

      Asyeeekk gue dibilang seleblog. Seleb goblog maksudnya? :(

      Hapus
    3. Ntar aku tendang aja dari sini, Yog. Tolong ditangkap ya. :D

      Bahahahaha. Goblog-goblog menghanyutkan, Yog. :p

      Hapus
  21. "Kita juga bisa kepengaruh sama lagu-lagu yang kita dengerin" iya Cha, ini berlaku buat gua juga kok, yang sering kepengaruh sama lirik lagu, apalagi kalo lagunya didengerin terus-terusan. Haha, lagu-lagunya Eminem emang bisa mempengaruhi pikiran untuk mengumpat, soalnya album dia "parental advisory" :p

    Selena Gomez emang sekarang punya paket komplit, dari musik sampe penampilan. Makanya gua kaget "Same Old Love" ternyata dia yang nyanyi hehe.
    Well, putus sama mantan emang mengundang beragam reaksi ke diri seseorang. Perubahannya bisa dari positif ke negatif (mesti dihindari), atau yang lebih bagus, dari negatif ke positif. Kalo temen gua bilang: "Balas dendam terbaik ke mantan adalah dengan nunjukkin kalo kita bisa lebih sukses dari dia, biar dia nyesel udah mutusin kita". Begitulah filosofi yang gua dapet hehe. Kalo setelah putus ngelahirin karya (kayak yang lo bilang di atas), lebih kreatif lagi malah, contoh: Taylor Swift.

    "Karena sesialan-sialannya mantan, secara nggak langsung dia udah jadi motivator kita buat menuju ke perubahan yang lebih baik" --> mantap quote-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bay. Keliatan banget di postingan yang kamu tulis, kalaj kamu suka kepengaruh sama lagu yang didengerin. Tiap postingan pasti ada note soal lagu. Ciri khas yang keren. Aku sukaaaaaa! :D

      Btw ini manggil nama aja nggak papa ya, biar kesannya akrab. Huehehehehe.

      Parah Eminem itu. Hahaha. Udah liriknya kasar, ngebawainnya juga pake emosi. Tapi aku suka. Apalagi kalau dia nulis soal cinta-cintaan, walaupun jarang tapi makna lagunya kelewat dalem.

      Asik. Paket komplit. Selena perubahannya total banget ya. Iya, yang Same Old keren banget. Nggak bosen didengerin berkali-kali.

      Balas dendam yang terbaik. Keren. Sekaligus balas dendam yang berkelas ya, Bay. Sakit hati dibalas sama prestasi :D

      Iya, si Taylor keren banget move on-nya. Mantan nggak asal dilupain, tapi dijadiin materi buat bikin lagu. Mantan malah jadi mata pencaharian :'D

      Huehehe. Makasih, Bay! :D

      Hapus
    2. Hehe, makasih nih udah dianggep punya ciri khas. "Note" itu murni gara-gara gua selalu muter lagu untuk nemenin nulis, kudu wajib, biar idenya ngalir. Dan bagi gua pribadi, sebuah lagu itu berpengaruh banget ngebangun mood :)

      Iya ngga apa-apa Cha, panggil nama aja :D

      Selena paket komplit hehe, dan "Same Old Love" itu lagu juara, ngga bosen didengerin berkali-kali, sampe nyokap gua bilang, "lagunya bagus ya" padahal nyokap gua sukanya nonton D'Academy Indosiar :p

      Hapus
    3. Iya sama-sama, Bay. Iya aku suka sama note itu. Lagu yang di note itu bisa jadi referensi buat aku dengerin. Hehe.

      Bener banget. Aku juga suka dengerin lagu buat membangun mood. Mood nulis, mood makan, mood tersenyum ke orang-orang jadi nggak betean, sampe mood mau tidur :D

      Waaaaaaah hebat. Sampe ngaruh ke nyokap yang suka musik dangdut. Selena gokil memang :D

      Hapus
  22. Hanjirr ini postingan gue banget chaa.. pernah juga gue kayak gini.. tp si mantan gak nyesel nyesel *gubrak*
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huehehehe. Mungkin dia nyesel juga, Li. Tapi nggak ditunjukan aja atau kamunya nggak sadar. Gitu kali ya :'D

      Hapus
  23. Suka film Thailand juga ya ?
    lain kali share film-film Thailand dong teh ..
    gue suka banget soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. My True Friend, keren tuh film thailand

      Hapus
    2. Khairul Leon: Iya suka. Huehehehehe. Iya ntar kalau ada film Thailand yang baru ditonton ya :D

      Chisanak: Itu filmnya Mario Maurer kah, Chisanak? Iya bagus tuh. Cowok-cowok disitu ganteng semuaaaaa :D

      Hapus
  24. AAAAAAAAAAAKKKKK GIMANA BISA INI KAYAK YANG PERNAH AKU ALAMIN BANGET, CHAAA.
    Nanda leh uga, jadi terinspirasi dari selena, hahaa

    Aku dulu anti sosial banget waktu smk. Temennya itu itu mulu. Waktu ada pacar, aku jd malah nggak mau bergaul sm temen. Hahaa parahya :'D
    Aku setuju dengan kalimat, '' Karena sesialan-sialannya mantan, secara nggak langsung dia udah jadi motivator kita buat menuju ke perubahan yang lebih baik. Minimal, ngebuat kita belajar akan sesuatu. Meskipun ‘cara’ mengajarinya cukup brutal. ''

    Eh iya, Cha. Perubahan mantan itu terjadi buat cewek doang nggak sih? Atau buat cowok juga? Tapi aku jarang deh lihat mantan yang tambah ganteng HAHAHAAAA YAWLOH :'D
    Kalo cewek sih sering, dari temen-temen aku yang banyak perubahannya setelah putus dari pacarnya.

    Icha, kenapa kamu bisa nulis sesantai ini? Bisa ngeluarin banyak pendapat dari diri sendiri. :D

    Itu Nanda ya Cha? Aku kirain kamu? Mirip. Sumpah deh. Nggak ada bedanya. HAHAHAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAAAAK IYALAH, LAN? AKU TERHARU DEH ADA YANG PERNAH NGALAMIN KAYAK YANG AKU TULIS. AAAAK :'D

      Nah, aku juga pernah, Lan. Kayaknya kebanyakan cewek tuh gitu ya. Pas punya pacar, maunya sama pacar mulu. Temennya dilupain. Kelewat mabuk asmara gitu. Cewek ngerasa takut nggak bisa ngeluangin waktunya sama pacar gitu ya. Trus terlalu percaya sama pacar juga, percaya kalau pacar itu satu-satunya orang yang ada buat kita. Eh pas udah putus baru nyadar deh kalau itu salah :(

      Huehehe. Makasih ya, Lan! :*

      Nah itu dia, aku juga nggak tau, Lan. Eh aku pernah sih liat mantan tambah ganteng. Mantan yang mutusin aku. Huhu. Kalau mantan yang aku putusin, biasa aja. Mungkin tergantung dari kita ada di posisi mana kali ya, Lan. Kalau kita diputusin, kita bakal nganggap si mantan berubah jadi lebih ganteng. Kalau kita yang mutusin sih enggak. Gitu kali ya.

      Nah kalau cewek sih iya ya. Mungkin karena cewek lebih kuat tekadnya dalam berubah penampilan habis putusan. :D

      Bahahaha. Bisa aja kamu, Lan. Soalnya aku nggak bisa bikin tulisan curhat lucu kayak kamu, cerita fiksi, apalagi puisi, bisanya cuma nulis sotoy gini aja.

      HAHAHAHAHAHAHA. MIRIP DARIMANA, LAN. DIA HIDUNGNYA MASIH AGAK BENER CETAKANNYA DARIPADA AKU. HIKS.

      Hapus
  25. Hahaha makin ke kalimat terakhir makin pernah aku alamin Chaaa.
    Mantan itu kayak amplas. Kasar, bikin kita sakit, tapi bikin kita lebih mulus, lebih baik. Setiap mantan pasti ngasih kita pelajaran. Pelajaran -jangan terlalu mudah percaya orang- misalnya.

    Tulisanmu ini bikin gatal pengen curhat lho Cha. Random jadi komennya. Wkwkwk.

    "Btw, buat siapapun, semoga cepat move on."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Farih juga pernah ngalamin? Duh :'D

      Asik. Analoginya keren. Perasaan kamu memang jago bikin analogi, Rih. Yang tulisan soal kereta itu aja masih kengiang-ngiang.

      Iya, itu pelajaran yang berharga banget.

      Iya nggak papa, Rih. Curhat aja. Kalau masih mau curhat, tinggal kirim email aja. Buahahahaha.

      Hapus
  26. Ahaha.. Garagara mantan sampe minum jamu segala... Terus aja dengerin music eminem tuh.. Biar gsk bapersn.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. The power of mantan ya gitu :D
      Tapi aku baper loh kalau dengerin lagu Eminem, baper pengen jadi anak angkatnya :|

      Hapus
  27. Grilya kulkas?! Hahaha

    Jadi pengen kulit ayam, di rumah g boleh -_#

    Semoga banyak orang diluar sana yang termotivasi lebih baik pasca pacaran ya.. dan bisa lebih dewasa dalam menyikapi berbagai hal.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ikutan gerilya kulkas, Rum? Hahahahaha.

      Loh kenapa nggak boleh, Rum?

      Iya. Semoga. Kalau bisa termotivasi buat nggak punya mantan, jadi begitu dapat langsung nikah. Yuhuuuuuu~

      Hapus
  28. Mau dibantuin grape-grape gak Cha? Huahaha :D

    iya, juga Cha, kenapa kalo udah jadi mantan suka jadi lebih cantik?
    Apa cuma perasaan aja? perasaan ngarep? perasaan pengen CLBK? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Sini grepe-grepe kulkasku, Chisanak. Bahahahaha.
      Hmm... kalau kata Azka sih, sesuatu atau seseorang bakal terlihat lebih indah kalau udah bukan milik kita lagi. Jadi ya gitu, ya gitu deh. Duh, kamu sumo ya, Chisanak? :p

      Hapus
  29. Dikira macam kasih pengaruh yang bikin termotivasi buat semangat lagi atau gak mudah menyerah atau apapun itu, ternyata pengaruh macam impian pengen punya suami kayak si levine :3

    Tapi kalo kasih pengaruhnya jadi kaya Nanda, luar biasa juga ya sampe niat gitu minum jamu segala. Btw itu beneran ampuh buat gemukin badan? Hmm leh uga tuh, badan ku dah tinggal tulang kulit sama dosa doang ((kodekeras))

    Kalo denger denger sih yang baru putus suka banget emang tai taiin mantan ((eh._.)) tapi beberapa pada gak sadar kalo para mantan itu kasih pelajaran ke mereka.Btw quote terakhir itu mancay sekali, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Tapi pengaruhnya agak serem sih, Nis. Bisa bikin gila kalau sampe terobsesi mau punya suami kayak dia :|

      Iya dia niat banget. Alhamdulillah jadi nggak kurus-kurus banget. Lumayan sih, Nis. Tapi nggak ngefek ke aku sih. Mungkin semua kembali ke niat kali ya. Aku mah nggak ada niatan apa-apa minum itu. Bahahaha.

      Dicoba aja, sederhana aja kok. Cuma kunyit, kuning telur ayam kampung, sama madu. Ntar testimoni yak :D

      Iya, Nis. Yang ngetai-taiin mantan itu yang ngerasa luka mereka masih fresh. Pas luka mereka udah mengering karena waktu atau udah ikhlas sakit hati, mereka bakalan sadar mantan itu ada gunanya juga. Quote yang mana nih? Yang film dewasa? :D

      Hapus
  30. Hahaha. Pengaruh mantan emang dahsyat ya, Ca.

    Gue malah nggak pernah benci dengan yang namanya mantan. Emang sih, awal-awal putus pasti ada yang namanya rasa nyesek-nyesek gimana gitu. Tapi, semakin kesini, malah mantan-mantan gue yang terdahulu, gue jadikan bahan tulisan di blog.

    Dan, masih menurut gue, mantan merupakan orang yang di kirim tuhan untuk kita mendewasakan diri, sebelum kita jumpa dengan cinta sejati. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Iya, memang dahsyat banget, Har.

      Asik. Nggak pernah benci. Wah keren tuh, mantan dijadiin sumber inspirasi. Jadi ladang ide nulis postingan.

      Nah iya aku setuju. Mantan itu cobaan buat dapat yang terbaik ya. Mantan itu kayak konflik yang harus diselesain biar happy ending. :D

      Hapus
  31. ITU APAAN CHA ADAM LEVINEKU KAMU SEBUT-SEBUT?! KUGAMAU TIDUR BERTIGA :'v

    Hahahaha Darma mirip JB hahahaha. Impossibru :'(

    Wiiih ngomongin perubahan yang dilakukan karena mantan. Itu si Nandha jadi chubby bangeet. Pipinya kayak pantat bayi gitu. Uh sukak :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lagi tidur bertiga.......

      Hapus
    2. Lah, Dev. Bukannya malam Jumat Legi kemaren kita udah bagi jadwal ya? Tenang, nggak bakal tidur bertiga kok. Bahahahaha.

      Iya, dia pernah ngaku kalau dia kembarannya JB. Aku polos dan aku percaya :'(

      Astagfirullah pantat bayi. Bahahahaha.

      Hapus
    3. Nggak papa tidur bertiga asal nggak trisam, Di. Yuhuuuu~

      Hapus
  32. The law of mantan nih kalo boleh dibuat hukumnya mah.
    Pengaruh pengaruh mantan yang secara langsung atau secara gak sadar buat diri kita merasa ada yang beda aja gitu dari sebelumnya.
    Entah itu perilaku kek. Entah itu sikap ke doi yang baru. Entah itu tampang yang jadi makin ganteng atau makin cantik haha.
    Eh, ini kenapa jadi bahas mantannya doang ya. Uh, terjangkit virus baper ini mah, tanggungjawab ca! -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahaha. Keren. Jadi ingat serial Law and Order :D
      Atau hukum relativitas mantan. Haha.

      Duuuh. Komennya ada unsur mau curhat terselubung gitu kayaknya.

      Virus baper bisa disembuhin sendiri. Nggak mau tanggung jawab aaaaah~ Hahahaha.

      Hapus
  33. Teh, bilangin ke Nanda, itu badannya berlebihan. Udah nggak mirip Selena lagi :(
    Pipinya sumpah tumpah-tumpah ini. Gemes. :')
    Aku sih kalo putus sama mantan, mau dia atau aku yang putusin tetep aja nangis. Tapi justru pas itu, aku ketemu sama diri aku sendiri. Aku tau itu yang terbaik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, Ris. Tapi itu foto lama kok. Sekarang badannya nggak sebengkak itu. Pipinya doang bengkak dikit :D

      Iya wajar ya, Ris. Namanya juga cewek. :') Bener banget. Daripada tetap pacaran tapi nggak bisa jadi diri sendiri. Huhu.

      Hapus
  34. tapi kak, kalo berubah lebih baik cuma buat mantan nyesel, gak akan ngaruh kalo mantannya udah move on, mau sebaik apa kalo udah gak sayang kan gak peduli :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya sih. Tapi ntar lama-lama sadar kalau perubahan itu ngaruhnya ke diri sendiri. Bikin diri sendiri puas dan bahagia. Gitu kali ya. Duh sotoy amat dah Chaaaa :D

      Hapus
  35. berubah lah sesuai dengan yang terjadi, tapi ingat jangan berubah jadi poweranger ga guna sekarang mah udah ga laku hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Sekarang lakunya apa, Mas? Ultraman? :D

      Hapus
  36. Mantan itu terbagi dalam beberapa jenis, ada mantan kayak setan, ada mantan sialan yang masih suka nyebar perhatian, ada mantan yang masih suka minta jatah bulanan, sampai ada mantan yang terbuat dari parutan kelapa. Oke kalo yang terakhir itu santan.

    Berubah dkarena mantan, well menurut saya itu semacam pembelaan diri sekaligus senjata pamungkas untuk menghajar mantan secara telak namun halus. Biar dia menyesal.

    Lupakan saja mantan, lebih baik melupakan mantan dibanding sarapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha. Banyak juga jenisnya ya, Mas Fan. Yang terakhir, mantan yang enak tuh :D

      Bener banget. Mantan bukan jadi penghalang buat berubah jadi yang lebih baik, justru malah jadi pemicu. Iya nggak sih gitu. Huehehe.

      SETUJUUUU! Lupa sarapan bisa bikin lemes seharian :D

      Hapus