Cintai Dirimu, Jangan Aku

Untung aja Justin Bieber itu ganteng. Kalau gak ganteng, dari kemaren-kemaren udah aku unfollow akun Instagram-nya.

JB memang orang yang aktif main Instagram. Sekali upload, banyak banget. Udah kayak album di Facebook. Ganteng-ganteng ternyata alay. 

Tapi upload-nya bukan foto selfie kayak cewek-cewek kekinian, melainkan foto-foto yang berkaitan sama promo single atau album terbarunya. Waktu ngerilis Sorry, promo tracklist di album Purpose, sampai promo music video dari lagu-lagu di album teranyarnya itu. Dan gila, JB ngerilis 13 music video sekaligus. 13 track di album Purpose dibikinin music video-nya semua. Wow!

Dia bener-bener ngejar prestasi di musik kayaknya. Atau ngejar sensasi dengan prestasi. Entahlah. Yang jelas, aku dibuat nganga-nganga bloon gitu pas ngeliat 13 MV-nya di Youtube. Biasanya kalau penyanyi itu, dari satu album yang dibikinin MV-nya cuma satu atau dua lagu, lah ini semua lagu. Meminjam bitnya Yudha Keling, bisa dibilang, Justin Bieber adalah alay yang berkarya. 

Sambil ngeliatin MV demi MV yang dirilis Justin Bieber, hati kecilku menjerit,

"Tumben nih orang, MV-nya gak memancarkan aura mesum. Lagunya juga enak-enak."

"Kok kampret ya, cukup What Do You Mean aja yang bikin aku ngefans lagi sama dia. Cukup."

"HUAAAAA MAROON 5! EMINEM! TOLONG RILIS SINGLE TERBARU KALIAN SECEPATNYAAA! BENTAR LAGI AKU BAKAL POSITIF MENGIDAP BIEBER FEVER! AAAAKKKK!!!"

Sumpah, diri ini memang bener-bener kerasa terancam.

Nah, ngomongin soal lagunya. Bermacam-macam genre yang diusung, dengan berbagai instrumen. Dari 13 lagu, aku suka sama lagunya yang What Do You Mean, Sorry, dan Love Yourself. 

Pas dengerin Love Yourself, 'prasangka' yang muncul di awal jadi hilang seiring dengan lagunya yang mengalun. Aku kira lagunya tentang cintailah-dirimu-sendiri-jadilah-apa-adanya-jangan-peduli-apa-kata-orang-apalagi-peduli-sama-kata-mantanmu, pokoknya lagu-lagu bertema harus percaya diri macam Beautiful-nya Christina Aguilera atau Who Says-nya Selena Gomez. Ternyata, bukan. 

Di lagu ini, JB diceritakan punya mantan yang narsis. Mantan yang ngerasa kalau JB terpuruk banget pas putus sama dia. Mantan yang mengira kalau JB belum bisa move-on dari dia. Padahal, JB udah gak ada perasaan apa-apa lagi sama si mantan. 

Liriknya lugas dan agak nyelekit. Si mantan-mantan bener digambarkan sempurna sebagai orang yang Masya Allah, kepedean banget. 

Apalagi pas baca lirik ini, 

"My mama don't like you, she likes everyone."

Dan tentu aja, lirik di chorus-nya, 

"Cause if you like the way you look that much
Oh baby, you should go and love yourself.
And if you think that I'm still holdin' on to somethin'
Oh baby, you should go and love yourself."

Perasaan belum ada yang pernah nyanyiin lagu tentang mantan kepedean. Adanya lagu tentang mantan yang dirindukan. Musiknya gak hingar-bingar gitu lagi, padahal lagunya bisa dibilang tentang kebencian. Lagunya malah tenang plus teduh, ada alunan trumpetnya segala. Dan banyak yang bilang, kalau lagu ini adalah cara halus buat ngungkapin,

"You should go and fuck yourself." 

Wow. Keren. 

Lebih kerennya lagi, ternyata di lagu ini, JB kolaborasi bareng Ed Sheeran. Itu loh, penyanyi yang gak pernah sisheeran, makanya rambutnya kuwel-kuwel gitu. Ed turut serta dalam proses penulisan lagu ini. Dia juga mengisi backing vocal. Pantesan ada unsur-unsur akustik gitu, entah itu dari gitar atau ukulele. 

Ini dia MV-nya.Tenang, gak ada penampakan celana dalam merk Calvin Klein kok.


 

Gak nyangka, lagu santai beginian bisa dipake buat nge-dance. Terbukti di MV-nya. Dua sejoli menari di atas ranjang, dapur, ruang tamu, sama depan cermin. Nari yang gak sekedar nari. Tarian yang ngegambarin kalau si cowok ngejar-ngejar cinta si cewek. Si cowok selalu ngasih perhatian, berusaha menarik perhatian, tapi si cewek gak peduliin. Endingnya, si cowok pergi, seolah ngasih tau, 

"Kalau kamu gak bisa mencintai orang lain, cintai dirimu saja."

Tapi sebenarnya gak nyambung sih sama lagunya. Jadi bikin aku mikir, Love Yourself bermakna banyak. Salah satunya ya itu, yang kayak aku tangkap dari MV-nya. Makna yang paling aku suka. Makna yang bikin aku mengheningkan cipta.

Dalam satu hubungan pacaran, pasti salah satunya ada yang jadi pengalah. Atau terkalah. Ngerasain kekalahan dari pertengkaran karena beda pendapat, beda persepsi, beda kelamin (eh, yang terakhir itu udah pasti ya).

Mengalah buat kasih kabar duluan, nanya kabar duluan, datangin duluan. Mengalah dengan meluangkan waktu, sementara yang diluangkan waktunya, malah sok sibuk. Mengalah dengan menjaga perasaan pacar, sementara si pacar sendiri gak pernah mau ngejaga perasaan. Mengalah dengan diam aja, membiarkan diri pasrah dikatain macam-macam, dituduh macam-macam. Mengalah dengan menangisi masalah sendirian. Mengalah dengan berpikir yang baik-baik soal pacar, berusaha buat gak curiga. Mengalah dengan mengaku salah padahal benar, demi menjaga keutuhan berpacaran.

Pasti ada pengalah kayak gitu, di dalam hubungan berpacaran. Entah yang cowok, ataupun yang cewek. Dan biasanya, mereka yang pengalah ngerasa ikhlas ngejalaninnya. Ikhlas atas dasar sayang pacar apa adanya. 

Tapi sekuat-kuatnya si pengalah, dia juga manusia. Dia juga bisa lemah. Dia juga pengen dikejar. Dicari. Dibutuhkan. Dianggap. Diperjuangkan. Dipertahankan. Pengalah pengen ngelakuin kata kerja yang berimbuhan di-. walaupun hanya sesekali. Pengalah lelah selama ini selalu ngelakuin kata kerja berimbuhan me-. Pengalah capek karena selalu dia yang 'kerja'. 

Bukannya kalau berhubungan lebih dari sekedar teman, dua-duanya harus kerja sama? Saling menyayangi, saling berkorban, saling mengalah, saling........ Cuma caranya aja yang berbeda satu-sama lain.

Menurutku, lagu Love Yourself, juga cocok buat didengerin sama para pengalah dan pacarnya para pengalah, yang kelihatan kayak mikirin diri sendiri itu. Dan kalau kita lagi berada di posisi pengalah trus kita capek, mungkin jalan terbaik adalah ngelepasin orang yang kita sayang itu. Mungkin dia belum tau gimana caranya mencintai orang lain. Mungkin dia gak sepintar yang kita kira. 

Sekian. 

You Might Also Like

44 komentar

  1. Yang terakhir curhat? Hehehe. JB itu alay yang berkarya ya. Bisa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit. Hehe. Lebih tepatnya terinspirasi dari curhatan orang sih, Bang Har.
      Haha. JB ganteng-ganteng alay.

      Hapus
  2. Cha Sehat??
    Tumben postinganmu bijak gini gak ada mesum-mesum'a
    Gak bisa ngbully, terlalu bijak nih postingan

    Mata Aimashou \(^.^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha. Lulus sensor dong. Alhamdulillah.
      Apaan tuh artinya, Chisanak? Icha cantik ya?

      Hapus
    2. Lulus sensor tapi gak lulus di hati pembaca *asik

      Sampai jumpa lagi bukan Icha Cantik :p

      Hapus
    3. Iya nih. Tulisan Icha kalo gak ada mesum-mesumnya kayak ada yang ilang.

      Hapus
    4. Chisanak: Sedih banget. Di hati pembaca aja gak lulus, apalagi di hatinya doi. *ini apa sih*
      OOHHH. Sampai jumpa? Emang kamu mau kemana?

      Renggo: Duh. Jadi kalau gak mesum, itu bukan aku? :|

      Hapus
  3. HUWAAAA.. itu yang di highlight colornya ngena banget. Nggak bisa komen apa-apa lagi. tadi malam udah curhat sebanyak mungkin. Ini apalagi udah mewakili. Hahaha

    Love yourself. Lagunya beda ya Cha. Tentang mantan, tapi mantan yang kepedean abis gitu ya. Ngerasa seolah dia yang paling dibutuhkan. Dia yang harus dikejar.
    Hmm..
    jadi ingat sesuatu. HAHAHAAA
    JB memang ganteng Cha. Karena itu Darma jatuh hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Sehati mah kita ya. Sama sama pengen dianu. Bukan menganu.
      Ingat sopo, Lan? Ingat Zayn Malik ya? Oh iya, bukan. Belum jadi mantan ya si Zayn itu. Baru calon.
      Hahahahahaha Darma. :'D Darma mah jatuh hati ke rambutnya JB aja, Lan.

      Hapus
  4. Butuh asupan Adam Levine yang bisa bikin blur abs-nya JB di What Do You Mean? coba di-pause detik ke 0,12 MV Maroon 5 : This Summer's Gonna Hurt Like Motherfuck***
    Awww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, aku udah pernah liat, Mbak. Duuuuh Adam Levine, sumpah gak kuat ngeliatnya. Rasanya pengen ambil sarung trus dipakekan ke dia. :D

      Hapus
  5. izin saya amankan bole ya mbak, sangat menarik mbak bagi saya :) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amankan kemana, Mas? Kita lagi gak di Paris loh :D

      Hapus
  6. YANG PALING GUE KESEL, SI JB PERNAH FOTO BUGIL MADEP BELAKANG. ITU ALAY TAEEEKKK NAJISSSS. BAHAHAHA.
    Anjir, ini ngapa gue kapital semua. :(

    Sejauh ini belum ada yang suka lagu dia. Emang bukan aliran gue, sih. Caileh segala aliran. Aliran listrik statis, Yog? :/

    Btw, gue bingung sama maksudnya Muhammad Mukhlis. Apanya yang diamankan? Ada kerusuhan di mana? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Rabb. Aku gak pernah tau si JB pernah foto alay begituan. Ini akunya yang gak update atau kamunya yang diam-diam jadi Belieber, Yog? HUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

      Hehe. Selera musik orang beda-beda sih ya. Kamu sukanya yang payung-payungan kan, Yog? Payung Teduh maksudnya. Huaaa listrik statis. Jadi ingat Haw :(

      Sama, Yog. Hehe. Padahal blog ini gak rusuh-rusuh banget. Gak kayak blog kamu :D

      Hapus
  7. Lagi bener yak? :D. akwkakwakk. Gue pribadi sih gak suka sama justin bieber :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu bener kok :D Memang aneh sih kalau cowok suka sama Justin Bieber. Hahaha.

      Hapus
  8. Ujung ujungnya curhat mamah dedeh banget ya, Cha? ahaha

    Terakhir gue denge lagu bieber yang Beauty and the beast doang, lagian malu euy kalo banyak banyak denger lagu JB wkwkw takut disangka yang engga engga. Padahal kan gue emang engga engga, eh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamah Dedeh. Huahaha.
      Udah lama banget itu lagu. Yak, pertahankan keenggak-enggakanmu ya, Jeh.

      Hapus
  9. Gue agak gak paham sama tulisan awal tentang mantan yang kepedean kemudian tentang pacar pengalah. Maksudnya gimana sih Ca? -_-
    but...
    tulisan-lo-yang-diwarnain-biru-itu...ngena banget! Haha haha. *alay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw itu yang di vido orang mana? Mukanya lokal banget.

      Hapus
    2. Anu Rih, itu aku sok-sok an ngartiin lagunya berdasarkan yang aku lihat dari MV-nya. Jadi maknanya gak cuma tentang mantan kepedean. Gitchu.
      Hehehe. Makasih, Rih. Gara-gara warnanya tuh, warna biru. :D

      Hapus
    3. Nah, kurang tau tuh. Kayaknya Asian deh. Orang Filipina mungkin?

      Hapus
  10. Awalnya Justin Bieber, di bagian akhir ada quote. Icha mulai bijak nih. Jangan-jangan sekarang jadi bagian sahabat Pak Mario Teguh yang baik hati nan super itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan udah bijak dari dulu deh. Huahahahahaha.
      Kayaknya. Tapi aku masih nyaman jadi jamaahnya Mamah Dedeh, Nggo.

      Hapus
  11. Iya nih bener awalnya ngomongin lagu barunya Justin Bieber, akhir-akhir malah curhat. Curhat yang terselubung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha. Ya, namanya juga baper blogger, Ziz.

      Hapus
  12. Akuuu jadi penasaran soalnya sejak doi puber sudah jarang dengerin lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Puber. :D
      Play aja lagunya kalau penasaran, Mbak Nit. Tapi segala resiko yang timbul, di luar tanggung jawabku ya. (Resiko apa juga)

      Hapus
  13. terimakasih telah mengingatkan bahwa aku memang akan mencintai diriku sendiri, lagian ngapain juga mencintaimu...nggak ada kerjaan banget deh ih...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Mang Lembu bisa aja deh ih.

      Hapus
  14. Jadi siapa yang akan kamu cintai... lanjutkan artikelnya diepisode ke 2 yooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan serial drama Korea, Mas Andre. Jadi gak ada lanjutannya. :)

      Hapus
    2. ohhh.... gitu ya.. btw name fb nya apa nich bleh gak?? klo keberatan disini pake googleplus hangout az.

      Hapus
  15. bijak banget kak kata kata yang bagian akhir......

    bijak banget dah kayak guru BK :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Emang dari dulu sempat punya cita-cita pengen jadi guru BK sih :D

      Hapus
  16. Kayaknya lagu Love Yourself ini kamu banget deh mbak :p bisa detail gitu njelasinnya :p wkwk

    aku nggak ngikutin justin :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu dari curhatan orang sih, Feb. Tapi bener, kayaknya juga aku banget. Huahaha. Huhuhu.

      Lucu juga sih, masa' fans Mayday Parade ngikutin Justin. :D

      Hapus
  17. JB lagi khusyuk perbanyak harta.. makanya aktif promosi instagram, barang kali itu marketingnya yg pegang akunya. haahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Hartanya masih kurang banyak ya?
      Yang aku balasin komennya ini juga promosi, promosi blog. Hehehehe.

      Hapus
    2. banyak sih udah.. cuma ga puas2.. maklum, manusia.

      hehe iya sih promosi.. kan biar jadi kayak JB :3

      Hapus
  18. mungkin kalau gak ganteng gak bakal jadi artis,hehe

    BalasHapus
  19. Alay yang berkarya, wah Yudha Keling oke deh, kamu juga oke

    Ed Sheeran musisi yang jarang sheseeran haha

    Cintai dirimu minum yakult tiap hari hmm

    BalasHapus