Omnivora Lagu

Setelah sukses bertanya lewat single Where Are Ü Now yang beat-nya bikin aku pengen nari perut, Justin Bieber kembali bertanya dengan single terbarunya berjudul What Do You Mean. 

Duh, si Bieber nanya-nanya mulu. Padahal aku gak kemana-mana kok. Aku cuma vakum ngefans sama dia semenjak masuk SMK, dan memilih buat mantengin lagu-lagunya Maroon 5. Trus berlanjut suka sama Eminem sampe sekarang.

Dulu, tepatnya waktu SMP, aku jadi Belieber kijil. FYI, Belieber itu sebutan buat penggemarnya Justin Bieber. Dan kijil itu... centil. 

Aku jadi sosok perempuan yang menggilai sosok Justin Bieber, stuck sama lagu-lagunya, ngejilatin foto-fotonya yang kepampang di layar hape, dan mengidam-idamkan dia jadi suamiku kelak. Kami sebaya, sama-sama kelahiran '94, itu jadi peluang yang besar buat jadi istrinya, kan? Begitu pemikiranku dulu. Betapa polosnya, dan songongnya.


Sampe ngedit foto beginian, Astagfirullah, ampuni hambamu yang binal ini, Ya Wadud.

Untungnya, sebelum yang baca muntah-muntah hebat (atau mungkin sekarang udah keburu muntah), aku gak ngidam-ngidamkan JB sebesar itu lagi.

Begitu JB melepas album Believe di pasaran, saat itu juga dia melepas citra dirinya sebagai anak baik-baik. Dia resmi jadi bad boy, seiring dengan usianya yang makin nambah. Seolah belum puas dengan citra dirinya yang baru, JB mulai rajin bikin kontroversi sana-sini. Lagunya juga gak sebagus waktu di album My World. Dia juga semakin jadi bahan omongan gak enak. Kalau dulu diomongin suaranya kayak cewek, kalau sekarang diomongin kelakuannya like an asshole. Aku kzl ngeliatnya.

Tapi aku gak kzl lagi begitu ngeliat postingan Kartini di akun Instagramnya.

Teman sekelasku waktu SMK itu nge-upload teaser MV What Do You Mean, lagu terbarunya JB. Aku sempat kaget. Perasaan dia udah gak suka lagi sama JB semenjak orang itu putus sama Selena Gomez. Kartini beralih ke Cody Simpson. Dan kagetnya lagi, model di MV-nya itu kayak Cara Delevingne. Btw, kami berdua sama-sama ngefans Cara. Tapi dia parah, sampe ngaku-ngaku jadi saudara kandungnya Cara. Kalau aku sih, nganggap diriku ini serpihan bulu kakinya Cara udah seneng.

Oh, mungkin gara-gara ada Cara, makanya dia upload teaser itu. Pikirku.

Tapi Kartini bilang kalau itu bukan Cara. Dan sebelum aku nuduh Kartini yang gak bersalah itu bohong sama aku demi bikin aku kelihatan kudet, akhirnya official music video-nya dirilis.

Seperti biasa, JB seolah gencar nunjukkin kalau dia udah dewasa, dengan beradegan dewasa. Lawan main di MV-nya selalu model-model cantik, dan kali ini model cantik bernama Xenia Deli. Si JB tau aja kalau nama model itu kayak nama merk mobil, main nunggangin aja. Aku ngerutin kening selama nonton MV-nya itu.

Oke, sebenarnya gak masalah sih. Mau dia ngelakuin threesome di MV-nya juga gak masalah, toh itu lagunya sendiri, ya terserah dia. Tapi rasanya aku gatal buat ngumpat sana-sini habis mengonsumsi MV-nya. Aneh banget.

Jadi gini, di awal MV, JB terlihat lagi ngobrol sama seorang cowok. Mereka membuat perjanjian. Trus JB pergi ke apartemen pacarnya, si Xenia Deli itu. Gak lama mereka main bareng, kalian pasti tau permainan macam apa itu. Makna lagunya mulai tersampaikan di bagian ini. Si cewek bersikap ramah, tapi kadang jadi pemarah.

Lalu datang tiga kawanan bertopeng menculik mereka. JB dan si si cewek itu disekap, disandera, disembeleh buat hari raya Idul Adha. Eh, yang terakhir itu bohongan, kalaupun ada paling buat versi Islaminya. Lanjut, untungnya mereka berhasil kabur dengan cara terjun bebas dari lantai atas. Pas jatoh, mereka berdua udah ada di tengah-tengah arena skateboard. Salah satu dari kawanan bertopeng itu juga ada, trus dia ngebuka topengnya dan voilaaaaa! Ternyata orang itu adalah orang yang diajak ngobrol di awal MV, atau lebih tepatnya dibayar JB buat melakukan penculikan itu. Habis itu mereka larut dalam pesta di arena itu. Si cewek senang, JB pun goyang. Goyang bareng orang-orang di pesta itu. Udah gak ada lagi adegan goyang di ranjangnya.

Ngebayar orang buat nyulik kamu dan pacarmu, demi ngebawa pacarmu ke skate park? Kejutan macam apa itu? What do you mean, Ntin???!!!


Sumpah, aku gak ngerti apa yang ada di pikiran sutradaranya, Brad Furman. Maksudnya apa pake konsep cerita buat MV yang kayak gitu? Yang lebih bikin gak ngerti, kenapa juga JB masih aja demen gak rapi kalau pake celana, sampe celana dalamnya kelihatan. Celana dalamnya yang bermerk Calvin Klein itu sempat-sempatnya terpampang di MV-nya. Sponsored by Calvin Klein, huh? Ngakak keras aku ngeliatnya. Kayaknya si JB belum nonton tausiyah Mamah Dedeh yang temanya tentang riya' itu gak boleh deh.

But fuck it all, aku ngefans sama lagunya. Komentar demi komentar di official lyric video-nya melegakan buat dibaca, karena banyak yang suka sama lagu ini. Bahkan ada yang gak ngaka kalau What Do You Mean itu lagunya JB. Entah itu pujian atau... Huaaaaa kasihan juga sih sama anak itu.

Menurutku, lagunya easy-listening. genre musiknya keren, pop-tropical house, nyatu dengan sempurna sama suara seraknya. Dan makna lagunya, setauku sih belum ada lagu yang ngangkat tema tentang cewek-tuh-maunya-apasih-dasar-cewek-tuh-ngebingungin-susah-ditebak. Liriknya bener-bener ngegambarin cowok yang gak tau maunya cewek itu apa. Ngegambarin cowok yang selalu salah di mata cewek. Ngegambarin cowok-cowok yang lagi kena plin-plannya cewek PMS.

Kebanyakan cewek emang gitu kan? Suka gengsian bilang yang sebenarnya. Maunya dimengerti sama cowok. Suka pengen si cowok peka dan tau sendiri tanpa harus si cewek kasih tau. Suka gak terus terang. Padahal cowok juga manusia, bukan makhluk bertanduk di kepala, yang bisa menangkap sinyal dari cewek dengan dua tanduknya itu.

Seperti yang aku lihat di Genius.com, JB menjelaskan kalau makna lagunya adalah,

"Girls are often flip-floppy. They say something, and then they mean something else. “What do you mean?“ … I don’t really know, that’s why I’m asking."

HUAAAAAAAAAA!!!!!
HUAAAAAAAAAAA LAGIIII!!!!!
HUAAAAAAAAAAAAAAAA LAGI AHHHH!!!!

Dengerin What Do You Mean terus-terusan bikin aku jatuh cinta lagi sama JB. Telepas dari semua kontroversi yang dibuatnya, dan hatersnya yang kayaknya semakin banyak, JB adalah sosok cowok berbakat, ganteng, dan romantis. Entahlah, aku anggap lagu ini romantis. Mungkin gara-gara JB ngebahas kelakuan si cewek dengan detilnya. Dia bingung dan kesal, tapi tetap sayang. UUUHHH~

Walaupun konsep MV-nya aneh, kolor Calvin Klein-nya nongol dengan songong, potongan rambutnya kayak mau nyaingin rambutnya Kristen Wiig, aku ngerasa terlalu tua buat jadi Belieber lagi, yang jelas aku suka lagunya. Suka banget! Kalau JB ngeluarin single dengan judul kalimat tanya lagi, misalnya judulnya "Who Are You?!", aku bakal jawab, "I'm your Selena." Trus kami berdua ngeluarin single duet judulnya "Will You Marry Me?" HUAHAHAHAHA!

HUAAAA!!!! JADI PENGEN PAKE BAJU SMP LAGI SAMA TOPI UNGU MIRIP KAYAK PUNYA JB, MAU JADI BELIEBER LAGIIIIII!!!!!

Tapi sebenarnya aku geli juga sih nulis postingan ini. Eh, bodo amat dah. Mau diketawain Dina kek karena dulu aku pernah bilang bakal gak suka JB lagi, mau dikatain alay sama Nanda kek, mau malu sama playlist lagu Maroon 5 dan lagu hip-hop kek, mau diceraikan sama Adam Levine kek. bodo amat. Aku orang yang gila dengerin lagu, sok-sok rajin nyari makna lagu trus nyocokin sama masalah yang lagi dialamin. Kalau boleh bilang. aku omnivoranya lagu. Penyanyi aja seharusnya bisa nguasain semua teknik bernyanyi dan bisa nyanyiin lagu berbagai genre musik. Dan menurutku, sebagai pendengar musik sejati, kita harus dengerin musik dari segala penyanyi dan genre. Melahap semuanya. Makananku kali ini, gak masalah buat pencernaanku yang berupa kedua telinga ini kok.

Oh iya, kalian omnivora lagu juga gak? 

You Might Also Like

37 komentar

  1. Kalo saya emang nggak ngefans sama si Bieber nih. Apalagi kelakuannya yang mulai bertingkah.

    Kalo saya sih mau alirannya apa aja, yang penting enak di kuping hehehe...

    Saya omnivore makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bertingkah banget Mas Hen. Beda banget sama dulunya. Tapi sekarang malah suka lagi. Huhu.

      Hehehe. Bagus tuh, kupingnya nerima semua aliran lagu. Asal gak aliran sesat aja ya, Mas.

      HAHAHAAHA. Beruntung banget :))

      Hapus
    2. Aliran sesat mah kelaut bae, hehehe...

      Hapus
  2. JB ya, aku pernah nge fans gak ya.. Kayaknya gak deh..

    Tapi menurutku lagunya gak jelek jelek amat kok sama tampangnya juga gitu.. Gak malu maluin lah kalo dijadiin pacar.. Lah, eh, loh Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat!!! Berarti kamu gak pernah alay.

      Iya bener. Gak malu-maluin dibawa ke kondangan. Ke KUA apalagi. Huahahahaha.

      Hapus
  3. kalau What Do You Mean.jarang-jarang denger bahkan g pernah tapi....Nama Justin Bieber tak asing lagi buat saya....yaaa sedidkit ngefand lah

    BalasHapus
  4. Oh, ini lagu yang lagi ngetren itu, ya? :)
    Btw, kok lu alay banget sampe begitu, Cha? Sedih lihatnya.

    Genius(dot)com? Gue tahunya cerdas(dot)com. Wuahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yog. Sayangnya yang nulis postingan tentang lagu ini gak ikutan ngetren :(

      ((ALAY))
      ((BANGET))

      Sedih aku baca komen ini :(

      Dan aku tau cerdas(dot.com) gara-gara kamu. Terima kasih, Yoga Akbar Sholihin.

      Hapus
  5. Hahahaaa serpihan bulu kakinya Cara? Bulu kaki aku maksudnya gitu Cha?
    Aku cuma suka dengan beberapa lagu JB aja Cha. Nggak keseluruhan sih. Cuma lagu yg bener-bener ngena di hati doang. Hehe

    Hahaa kalo JB sering make celana berantakan, coba deh sekali-kali kamu rapihin Cha.
    Kalo Adam Levine ceraiin kamu, kasih tau aku ya Cha. Tengkiyu. Muah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup Raisa aja yang kamu akuin sebagai saudara kembar. Cara D jangan, Lan. JANGANNNNNNNNNNNN

      Oh. Lagu yang mana, Lan? Yang Baby bukan?

      Maunya sih gitu. Tapi JB-nya gak mau. Soalnya aku mau ngerapiinnya pake gigi.

      Iya, Rahayu Wulandari Hestiningrum Sulistianawati Tuk Tik Tak Tik Tuk. Surat perceraiannya aku kirim ke rumahmu. Pake bluetooth.

      Hapus
  6. kebetulan saya memag gak suka ama JB seh dari dulu, lagu lagunya juga gak pernah tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Dan sekarang udah tau JB gara-gara postingan ini? Alhamdulillah.

      Hapus
  7. Itu lu waktu SMP, Cha? Gede juga, ya.
    Hmm. Review MVnya bagus.
    Btw, setelah lihat MVnya itu, gue jadi suka sama JB.
    Dia makin ganteng, ya.
    Padahal dulu gue nggak suka.
    Aneh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HHAHAAHAHAAA
      Cha, itu pasti Darma salah nulis komen deh di kotak atas. Jadi nulis di kotak balasan komen orang.
      HUAHAHAA

      Hapus
    2. Darma: Iya, pipiku emang gede pas SMP. Maklum, waktu itu berat badan 48 kg. EH, ini yang kamu bilang gede emang maksudnya pipi kan?
      Pasti gara-gara rambut pirangnya yang menjuntai indah ke depan makanya kamu jadi suka. Ngaku deh, Dar.

      Wulan: Nah iya kali ya, Lan. Saking jadi sukanya sama JB sampe salah gitu. Huahahahaha.

      Hapus
    3. @Wulan: Iya. Lu, kok, tahu banget sih. Tahu segalanya tentang gue. :p

      @Icha: Iya. Maksud gue memang pipi lu. Bukan yang di dada itu. Beneran. Waktu SMP lu berat badannya segitu. Itu, mah, berat badan gue yang sekarang. hohohohoh. Iya. Itu potongan rambut JB model apa, ya?

      @Mba Nita: Mesum apanya Mba? Maksud gue juga itu pipinya Icha. Bukan yang lain.

      Hapus
    4. Darma: Hahaaa apa sih yg nggak gue tau tentang lu. :P HAHAHAAA SAMPE NANYA POTONGAN RAMBUT JB SEGALA. HOI NGAPAIN LU? NAKSIR SAMA JB HAH?

      Hapus
    5. Hahahaa iya Cha. Saking cintanya sm JB, jadi buru-buru gitu ngetik komennya.

      Hapus
  8. Alhamdulilah masa SMK udah dapat hidayah ya cha... berarti SMPnya labil, karena fans JB. hahaha
    kalau saya ngga terlalu suka sama JB, bukannya iri, tapi emang kalah cool :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat hidayah~ Hahaha iya, tapi kayaknya sekarang terancam hidayah itu dicabut.

      Emang jarang sih cowok suka JB. Kalaupun suka rata-rata gak mau ngaku, takut dikira.... gitu deh. Kalian sama-sama cool kok sebenarnya, kalau masuk ke dalam kulkas berdua :D

      Hapus
  9. Balasan
    1. Mengingatkan akan kealayan jaman SMP :))

      Hapus
  10. Yang difoto itu mba icha ?? ya ampun chabby banget mba :D tapi sekarang juga masih sama :D hihi
    pas ngedenger lagunya bikin pengen denger lagiii :) enaaaak bangeeeeet sama musicnya :)
    tapii ngeliat vidoe clipnya ya ampyun bikin tutup mata -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu aku. Sekarang sih cuma di pipi aja chubby-nya. Kalau dulu sih semua badan kayaknya :(

      Padahal enak dengerin lagunya sambil liat MV-nya loh. Enak ada tontonan daripada gak ada tontonan maksudnya.

      Hapus
  11. Astagfirullah cha,...itu kamuuuu
    Kok cabian ...pesti pas jaman masi labil, ye kann

    Hmmm akunyah jarang nonton pideo klip, sukanya mp3 gretongan,,,tau sendiri kn

    Cha, apa yang kamu sukai dari eminem...
    Klo maroon 4, kupikir dulu pokalisnya dah tuir...maklum memang beloman pernah liat mukanya secara face toface,,, yakali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di-astaghfirullah-in :( Hahaha iya itu aku, Mbak. Alaynya keliatan banget kan.

      Suka Eminem gara-gara lagu-lagunya keren, Mbak. Orangnya juga.

      Udah lumayan tua sih, udah 36 tahun. Main-main ke rumah aja kalau mau ketemu face-to-face, Mbak :D

      Hapus
  12. Hahaha jujur banget ini mah. Jadi inget beberapa temen alay yang beliber lahir batin. Sampe nangis gak bisa nonton konsernya waktu itu. Syukur sekarang udah sembuh. Fans alay lahir batin yang belum sembuh itu k-pop. Entah kapan sembuhnya.

    Btw tulisannya asik. hehehe. Salam kenal. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku termasuk salah satunya. Salah satu dari cewek-cewek yang menangisi ketidaksanggupan karena gak bisa nonton konser JB di Jakarta.
      Alhamdulillah :) Nah itu tuh, ada obatnya gak kira-kira?

      Yang komen juga asik. Salam kenal juga :)

      Hapus
  13. ya ampun itu fotonyaaaaaaa ...plis jangan marah kalau gue ketawa yah wkwk sejauh ini lagu justin bieber yang aku suka tuh yang mistletoe ....suka dengernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya........................... Gak marah kok. Cuma murka.

      Eh enggak, aku terima aja sih. Aku aja ketawa kok ngeliatnya.

      Iya, aku juga suka Mistletoe. Lagunya enak buat tidur. Apalagi tidurnya bareng yang nyanyi. Eeh.

      Hapus
  14. Dulu aku suka juga dengerin lagu justin bieber karna adekku belibers tapi itu dulu, tapi "what do you mean" aku juga suka kok,

    BalasHapus
  15. gue malah cuma dengerinnya waktu awal-awal keluar dulu.
    kalo gue denger lagu tergantung sama kuping gue, suka pilih-pilih,
    dan yang paling penting lagunya bisa gue nikmatin dan gue nyanyiin.

    BalasHapus