Jumat, 20 Februari 2015

Jatuh Cinta Sama Sialan

Beberapa hari yang lalu, mungkin seminggu yang lalu, di Instagram maupun di Path pada heboh meme-nya Sam Smith. Penyanyi pendatang baru yang katanya Kak Ira so sweet itu menghiasi sosial media dengan plesetan namanya yang beragam, kayak gini,

Apa salah Samsul, eeh Sam Smith? APA???? HAPAAAHHHH???!!!

Ternyata gara-gara dia berhasil ngeborong empat trofi dari ajang penghargaan musik bergizi, eh bergengsi, Grammy Award yang ke-57 tanggal 8 Februari kemaren. Empat trofi mennnnnn, keren kagak. Eminem aja cuman dapat satu, lah Maroon 5 parah gak ada masuk nominasi satu pun, hiks! Untungnya ada Adam Levine perform bareng Gwen Stefani, nyanyiin lagu My Heart Is Open. Nah kalau Eminem tu katanya sih gak dateng ke Grammy, aku taunya dari grup WA sih, soalnya waktu nonton di Net TV itu ditayanginnya gak sampe habis.

Huaaaa disitu aku mencak mencak shuffle depan belakang, kesel banget pas nominasi rap-rap gitu gak ditayangin, cuman sampe di nominasi Artist of The Year kalau gak salah. Maksudnya apa coba????? Padahal pengen liat Childish Gabino, mau tau yang ngambil trofinya Eminem itu siapa, mau liat ekspresinya Kendrick Lamar pas dapat trofi------

Balik lagi ke Sam Smith.

Nah si Sam ini sukses menang banyak berkat lagu Stay With Me-nya, dari album A Lonely Hour, yang lagi-lagi kata Kak Ira, "So Sweeettttttttt!!!!" padahal menurutku gak ada so sweet so sweet-nya. Ada sih, tapiiiiiiiiiiii just a little bit, pas di reff aja suaranya sweet kayak mentega. Lebih sweet John Legend deh perasaan, lagu Legend yang judulnya You and I (Nobody In The World). Jadi agak gak terima juga sih sama kemenangannya Samsul. Pas di nominasi Record of The Year, kenapa bukan Sia aja yang menang? HAH??? 

Nah, sebenarnya orang ini nih yang mau aku bahas di postingan. Sia. Sia Furler. Nama yang unik, lagu-lagunya unik kelakuannya juga gak kalah unik, atau bisa dibilang..... aneh.

Sia itu udah lumayan lama malang melintang di dunia musik. Selain jadi penyanyi, dia juga jadi penulis lagu. Lagu Diamonds-nya Rihanna, You Lost Me-nya Christina Aguilera, My Heart Is Open-nya Maroon 5, itu ciptaan cewek ekstentrik kelahiran Adelaide ini. Wuiiihhh lagu-lagunya, gak nyangka banget ciptaannya Sia. Wuiihhhh Adelaide, kota impian aaakkkk. Aku pertama dengar namanya itu di lagunya Flo Rida yang judulnya Wild Ones, lagu yang dari jaman SMK sampe sekarang betah di memory card-ku. Habis itu namanya muncul lagi di lagu David Guetta, Titanium, lagu sejuta umat, sampe lirik reff-nya diganti gitu jadi amberegul emeseyu gitu. Kalau ada yang gak tau lagu Titanium pasti hidupnya di kolong jamban, gatau dunia luar. 

Suaranya bagus, bagus banget dan berkarakter. Good-looking juga, dengan rambut blonde berponinya itu. Punya bakat hebat nelurkan lagu-lagu hits. Trus apa yang aneh Chaaaaaaa???

Keanehan Sia mulai nampak pas dia ngeluarin album terbarunya, 1000 Forms Of Fear.

Chandelier, lagu hits dari albumnya itu lagi-lagi bikin aku kagum sama suara berkarakternya. Ditambah lagi music video-nya yang gak biasa, nampilin anak umur sembilan tahun bernama Maddie Ziegler lagi joget balet kesurupan kesana kemari di sebuah rumah kosong. Dari yang awalnya ketawa ngakak sampe akhirnya kagum pas ngeliat MV-nya iti. Ketawa karena mikir ngapain sih anak itu gak jelas banget nyekek diri sendiri pake gorden, nunjuk-nujuk tembok, menyeringai, melotot, eeeeh sekarang jadi kagum banget dan masih bisa dibikin melongo walaupun udah berkali-kali ngeliat. Saking kagumnya, aku, Kak Ira, dan Kak Indra bikin dance cover (?) MV Chandelier malam minggu beberapa bulan lalu, yang videonya entah masih ada di hapenya Kak Indra atau udah dia hapus karena saking jeleknya. Tapi gak cuman itu aja sih, aku foto ala Maddie, nih fotonya, 




Lagu Elastic Heart pun menyusul kesuksesan Chandelier, lagu yang sekarang juga lagi demen aku dengerin mulu. Lagi-lagi dia bawa si Maddie buat jadi model MV, bareng Shia LaBeouf. Karena Elastic Heart, aku jadi penasaran sama lagu-lagunya lamanya. Dan aku kepincut sama You've Changed. Bagussssssss, aku keingatan someone pas dengerin lagu itu. Menurutku, lagu-lagu Sia itu punya makna yang dalam, dan yang gak biasa. Tiap dengar lagunya, aku selalu spontan ngucap, "SIALANNNNNNN, LAGUNYA DALEM AMAT YAK???!!!!!" Kalau milih judul pasti menarik. Kayak Ibu Suri alias Dewi Lestari yang selalu milih judul novelnya dan judul bab yang gak biasa, bikin penasaran apa isinya.

Pas ngeliat MV You've Changed, aku jadi nyadar kalau Sia gak pernah nampilin dirinya sendiri lagi di MV lagunya, sekarang selalu minjam badan dan muka orang lain buat meranin dia. Aku jadi ingat di lagu Guts Over Fear, dia sama Eminem, di MV-nya itu dia pake Chantelle Brown buat jadi dia. Di tiap performnya, baik on-air maupun off-air, dia gak pernah lagi nyanyi ngadap ke penonton, bahkan ke kamera sekalipun. Waktu di acara talkshow, dia nyanyinya ngadap belakang, sementara si Maddie asik bejoget sana sini sesuai di MV. Bahkan di Grammy kemaren, dia ngadap ke belakang juga, ke tembok. Ada Maddie sama Kristen Wiig yang nampilin aksi teatrikal dengan balet kontemporernya yang keren itu. Gilaaaaaa, unik banget si Sia. Aku aja awalnya bingung, ini Sia mana kok gak ada, eeh ternyata lagi berdiri depan tembok, ngebelakangin penonton.
Gak cuman pas perform, pas di red carpet Grammy kemaren, dia gak menampakkan wajahnya. Bareng Maddie, Sia pake setelan dan wig yang kompakan sama anak kecil itu.


Aneh sih, bikin kesel sih awalnya, itu orang kenapa deh pake ditutupin segala mukanya, tapi lama-lama kok ngerasa dia itu keren ya? Gak peduli deh kalau ada yang bilang Sia nutupin wajahnya cuman demi sensasi, atau sekedar nutupin jerawat yang baru muncul. Gak betul itu mah. Karena Sia punya alasan tersendiri, kayak yang aku baca di Alasan Sia, yaitu gak suka sama ketenaran. Bagi Sia, menjadi terkenal itu gak enak. Saat terkenal, bukan cuma karya kita aja yang dikritik, tapi penampilan kita juga. Seperti yang dia bilang, "Saya tidak ingin dikritik tentang penampilan saya di internet. Bertahun-tahun saya menulis lagu untuk para bintang. Saya bertemnan dengan mereka, dan melihat sendiri seperti apa hidup mereka. Sesuatu yang sama sekali tidak saya inginkan."

Menurutku, cara yang ditempuh Sia itu sebenarnya bikin dia terkenal, bikin dia tenar. Tapi mungkin dia mau mendapatkan semua itu hanya dengan suara dan karyanya aja. Dia ingin buktikan itu, dan dia udah buktikan. Walaupun terkesan freak, tapi dia gak kehilangan penggemar, malah penggemarnya bertambah. Penggemar yang menggemari dia betul-betul karena karyanya, potensinya, dan prestasinya. Bukan karena dia cantik, punya badan bagus, rambut blonde indah...

Huaaaaaaaa, aku jadi jatuh cinta sama Sia. Dan panggilan sayangku buat dia itu Sialan. Yes, Sialan. Sialan emang, udah bikin aku kesel, ngelongo, kagum, cintrong. Sialan, udah bikin aku pengen neladanin dia, jadiin dia panutan, lebih dari sekedar idola. 

0 komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN YANG LAKU

GUMPALAN KESEHARIAN

BLOG BINAL INI DILIHAT BERAPA KALI?

PARA PENGETIK YANG TERJERUMUS

Copyright © Pelacur Kata | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com