Rabu, 27 Juli 2016

Sayangilah Mustangmu, Bukan Pelepas Kutangmu

Lebih baik nonton film keluarga disfungsional, daripada nontonin cowok yang ngalamin disfungsi ereksi. Alias susah keras. – Icha, 21 tahun. Kebelet pengen berkeluarga.

Pengen nulis kayak gitu rasanya, di jidat orang-orang yang heran pas aku bilang suka nonton film bertema keluarga disfungsional. Tapi lihat jidatnya juga sih. Kalau jidatnya lebar kayak aku, bisa aja aku tulis. Kalau nggak sih palingan aku kecup aja. Kecup pake hak-nya sepatu higheels. Btw, definisi keluarga disfungsional yaitu keluarga yang punya banyak konflik, perilaku buruk, bahkan ada pelecehan di antara anggota-anggotanya. 

Awalnya karena setahun yang lalu aku ngebaca post Distopiana yang INI. Trus jatuh cinta sama salah satu film yang dibahas di post itu, yaitu Dogtooth. Sampe sekarang jadi kecanduan buat nonton film sejenis itu. 

Alhamdulillah (kayaknya Astagfirullah bagi yang baca ini huhuhu), aku nonton The Virgin Suicides dan Mustang. Dua film keluarga disfungsional (atau bisa disebut drama coming of age) yang menurutku punya banyak kemiripan satu sama lain. Dan punya kemiripan sama aku, jadinya kegeeran trus munculin naluri baper bloggerku.

The Virgin Suicides bercerita tentang lima perempuan bersaudara yang dikekang kedua orangtuanya. Karena nggak tahan dengan kekangan yang lebay, si bungsu, Cecilia (Hannah R. Hall) mutusin bunuh diri. Bukannya sadar kalau udah memenjarakan anak-anaknya, orangtuanya malah makin beringas aja ngekangnya. Para Lisbon Girls, lima bersaudara itu, harus ngalamin masa remaja yang kelam. Salah satu contoh kekelamannya yaitu Lux yang diperankan Kirsten Dunst, makin dikekang ya makin nakal. Bikin aku setuju banget sama yang ditulis di review Cinetariz

“Terlalu mengekang sama bahayanya dengan terlalu memberi kebebasan.”

Sedangkan Mustang, nggak beda jauh sama The Virgin Suicides. Mustang punya lima perempuan bersaudara yang juga dikekang. Nggak boleh keluar rumah, harus putus sekolah. Ada salah satu dari lima bersaudara itu juga yang bunuh diri karena saking depresinya. Cuma masalah yang bikin dia depresi itu beda sih daripada yang bikin Cecilia bunuh diri. Dan kalau disuruh milih, aku lebih suka Mustang daripada The Virgin Suicides.

Sumber: Google Image

Bukan, bukan karena Mustang itu film dari Turki yang bikin aku jadi keingat serial Elif. Apalagi keingat serial Cinta di Musim Cherry. Dan serial-serial Turki lain yang berhasil merenggut remote tivi dariku. Bukan juga karena di The Virgin Suicides, nggak ada adegan Kirsten Dunst diselamatin sama Spiderman pas hujan trus dicipok. Bukan. Mustang adalah pengkritik atau penyindir yang lebih menyenangkan daripada The Virgin Suicides, terhadap isu sensitif. Isu sensitif berupa moral, agama, dan budaya. 

Hal ‘menyenangkan’ yang aku dapat waktu nonton Mustang berawal dari Lale (Güneş Şensoy) Nur (Doğa Doğuşlu), Ece (Elit İşcan), Selma (Tuğba Sunguroğlu),dan Sonay (İlayda Akdoğan) main di pantai bareng temen-temen cowok. Hal itu mereka lakuin demi ngehibur si bungsu, Lale yang nangis karena guru kesayangan mereka pindah ke Istanbul. Lima bersaudara itu asik main gendong-gendongan sambil nyiprat-nyipratin air satu sama lain. 

Begitu mereka pulang, Neneknya manggilin mereka dengan muka menahan marah. Mereka diadili satu persatu. Karena Sonay yang paling tua di antara mereka berlima, Sonay yang diadili duluan di kamar oleh sang Nenek. Empat saudaranya di luar kamar menanti dengan harap-harap cemas. Entah apa yang Neneknya lakukan. Aku sih ngebayanginnya si Nenek ngelakuin kayak yang dilakuin ke para anggota Yakuza perempuan. Yang kalau kata akun Twitter @indoKEPO, anggota Yakuza perempuan yang ngelanggar peraturan, bakal dapat hukuman pada putingnya. Serem. Tapi kayaknya Sonay bersaudara nggak dapat hukuman sevulgar itu deh. Karena Neneknya cuma ngomong vulgar, 

“Cucuku menggesek-gesekkan selangkangan di leher anak laki-laki! Cucuku bermasturbasi di leher anak laki-laki!”

Mereka jelas kaget, kenapa si Nenek bisa mikir sengeres, eh sejauh itu. Padahal mereka tadi seru-seruan doang. Tapi hal itu dianggap cabul oleh para tetangga yang ngeliat kejadian itu, trus ngelaporin ke Neneknya mereka. Neneknya yang emang kolot, juga karena Turki masih berpegang erat pada tradisi dan agama. Agama Islam.

Ini pas otw ke tempat pemeriksaan... nonton sendiri aja lah.
Sumber: Rorypnm

Sejak saat itu, hidup Mustang Girls pun berubah. Mereka benar-benar nggak boleh keluar rumah. Kerjaannya ngelakuin hal-hal yang perempuan banget kayak masak dan ngejahit. Trus harus pake baju tertutup. Paman Erol, paman mereka, pake nambahin dengan nggak boleh pacaran. Beliau nggak suka banget ngeliat Mustang Girls dekat sama laki-laki. Sonay yang udah terlanjur punya pacar, tetap pacaran dan sering mojok sama pacarnya dengan kabur  lewat jendela.

Walaupun dikekang, mereka mencoba menghibur diri dengan tetap senang di rumah. Mereka masih bisa ketawa, masih bisa bercanda, masih bisa pura-pura lagi berenang padahal lagi di kasur....

Sampai akhirnya, keputusan Nenek buat menikahkan mereka satu persatu, memisahkan mereka. Ngebuat mereka nggak bisa senang-senang bareng lagi.  Sonay yang awalnya mau dijodohkan dengan pria yang bulu-dadanya-nyembul-di-balik-baju, akhirnya nikah sama pacarnya. Pria berbulu dada nyembul itu nikah sama Selma. Ece yang ‘giliran’-nya tiba buat dinikahkan, mutusin buat bunuh diri. Dan saat itu si Lale, tokoh paling kecil tapi paling strong di film ini, ngambil tindakan. Dia jadi pahlawannya. Pahlawan bagi Nur yang juga mau dinikahkan, dan pahlawan bagi dirinya sendiri. 

Selesai nonton Mustang, aku tersenyum haru sambil ngusap airmata yang ngalir. Film yang nyentuh abis. Aku suka semangat Lale yang pengen membebaskan saudaranya dari pemikiran kolot Nenek dan Pamannya. Aku suka Mustang ngebawa pemikiran orang jaman dulu (atau masih sampe sekarang) yaitu kalau tandanya masih perawan itu yang ngeluarin darah pas malam pertama.

Aku suka karena film ini nggak bikin aku mikir kalau Lale itu pembangkang. Lale itu cuma pengen ngerasain kebebasan. Aku suka karena Mustang nggak bikin aku mikir kalau si Neneknya itu jahat. Neneknya itu baik, beliau kayak gitu karena faktor moral, budaya, dan agama yang dipegang terlalu erat. 

Dan yang paling aku suka, yaitu persaudaraan mereka berlima. Bikin baper. Aku nangis pas scene Sonay dan Selma nikah, jadi mereka berlima nggak serumah lagi. Spontan aku langsung keingat sama empat saudara perempuanku. Yang kalau boleh dikasih nama kayak Lisbon Girls dan Mustang Girls, namanya Abdullah Girls. Abdullah itu nama Bapakku, btw. Bahri Abdullah.

Lisbon Girls, Mustang Girls, Abdullah Girls. Huahahaha. 

Karena Mustang, aku makin ngerasa beruntung punya empat saudara perempuan. Menyenangkan, semenyenangkan Lale yang punya empat saudara perempuan. Entah bakal kayak gimana kalau aku nggak punya Kak Iin, Kak Fitri, Kak Dayah, dan Nanda. 

Banyak hal nyenengin yang aku alamin karena punya saudara kayak mereka, seperti yang pernah aku tulis di SINI. Cuman sekarang aku ngerasa, mungkin aku nggak bakal ngerasain betapa nyenenginnya punya adek, kalau nggak ada Nanda. Nyenengin karena ngeliat dia yang nangis kejer karena dipehapein. Nyenengin aja, ternyata nggak cuma aku dan Lucky Laki yang bisa menangis karena cinta. HUAHAHA. 

Ya, Nanda nangis karena cowok yang udah bikin dia baper, malah mutusin buat jadian sama cewek lain. Dan Nanda mutusin buat membaperkan dirinya sama video terbaru Awkarin. Saat itulah giliran aku yang nangis. Bisa-bisanya dia baper sama video Awkarin. Trus baper sama kalimat di video itu yang,

“Ketika Cancer dan Sagitarius bersatu, di situ ada kita.” 

SHIT, MAN.

Pasti udah pada tau videonya. Di mana di video itu, Awkarin ngasih kejutan buat Gaga trus curhat soal dia diputusin sama pacarnya itu.

Kayaknya bisa nih dibikin film. Judulnya Confession of  Gagaholic.
Plesetan dari Confession of Shopaholic.

Bukan cuma curhat, tapi Awkarin juga mewanti-wanti kita yang nonton supaya jangan nyakitin Gaga. Ditambah lagi, ada ancaman dari Sarah, temen Awkarin di video itu, buat Gaga. Ancamannya yang paling ngena yaitu, 

“Bukan karma, tapi roda itu emang berputar.”

Aku sempat tenangis dikit sih pas nonton videonya itu. Hehe. Tapi nggak sampe baper juga. Jujur, aku juga pernah nangis-nganga-lebar karena diputusin. Bahkan susah move on dua tahun. Aku juga pernah bikin video curhat yang isinya putus sama Indra. Video yang ada aku post di blog, cuma lupa (atau nggak mau nginget) judulnya apa. Aku pernah ngerasain kenistaan bercinta ala ababil. 

Aku rasa Awkarin wajar udah kayak gitu. Ini masanya dia nangis lebay karena cinta. Ini masanya dia pikir cuma si Gaga yang bisa bikin dia bahagia. Ini masanya dia nggak sadar kalau kalimatnya dia yang, “I will always put your happines first over mine,” itu lebih baik ditujukan buat saudaranya, buat keluarga, bukan buat Gaga.

Karena keluarga, nggak bakal pernah ninggalin dia. Seperti Lale yang nggak ninggalin Nur. Seperti kakak-kakak dan adekku yang nggak bakal pernah ninggalin aku. 

Dan nanti bakal ada masanya Awkarin lebih sayang sama 'mustang'-nya, daripada sayang sama pelepas kutangnya, yaitu Gaga. Eh tauk deh, Gaga pernah ngelepas kutangnya Awkarin apa enggak.

Sialan. Udah panjang aja ini post. Sampe ngomongin Awkarin segala. Ini post kemana-mana. Udah kayak roda aja. Berputar. 

35 komentar:

  1. Awal dan endingnya ditabok dengan soal-soal yang nganu hahaha ciri khas!

    Tapi ya bener juga sih soal film mustang dan virgin suicide, baca dari reviewnya (meski belum nonton filmnya) rata2 memang mengupas nilai tentang aturan2 dan pemikiran kolot orang2 tua seputar pernikahan dan perjodohan, membaca reviewnya kamu cha jadi inget sama bukunya Siti Nurbaya dan buku2 lainnya yg seputar perjodohan...

    haha dan jeniusnya, tulisan ini ditutup dengan bahasan awkarin.
    Dan soal pernah atau tidaknya, gaga melepas kutangnya dia itu jadi rahasia mereka X)

    BalasHapus
  2. Baru kali ini, jadi komenter pertama di blognya icha :')

    what a luck?!

    BalasHapus
  3. Paling bener sih itu yg kalo dikekang malah diem2 main belakang. Beberapa temen gue yg cewek ada yg gak dibolehin pacaran, akhirnya backstreet, ini contoh kecilnya ajasih. Tapi kadang kalo dikasih kebebasan ya jadinya bablas juga. Mungkin orang2 mikirnya lebih baik mencegah sebelum terjadi hal yg enggak2, tapi caranya salah.

    Btw, pas awal2 itu mustang gue pikir... merk mobil. Muahahaha

    BalasHapus
  4. Aku jadi penasaran sama film Mustang soalnya aku 5 saudara perempuan dan 1 laki. Aku sepertimu juga merasa beruntung. Aku bisa jadi adik dan juga kakak. Kadang aku harus tegar didapan adik, tapi aku juga manja sama kakak.

    Neneknya di film Mustang memegang budaya dan agama banget ya.. :))

    Dari film keluarga, saudara sampai awkarin.. hahahaha

    BalasHapus
  5. Nangis paa liat selma sama somay nikah
    Jadi selma menikah dengan somay?
    Mereka kan sodaraan? Mereka juga cewek

    BalasHapus
  6. Wah awal nya ituloh yang memikat mata dan hati ingin terus membaca..

    film mustang maupun The virgin suicides belum sempat nonton sih tapi setelah baca ini jadi ada niat buat nonton juga nih kayaknya bikin baper :)

    BalasHapus
  7. dpat hukuman pada puting susunya itu fulgar? itu sadomasokis banget, serem, mengerikan.
    aku sedang membayangkan bagaimana bermasturbasi dengan leher, belum pernah lihat sebelumnya.

    eh btw abdullah girl jangan sampai emngalami hal seperti yang di alami mustang girl ya.
    eh abdullah girl masih ada yang jomlo gak? ehh

    BalasHapus
  8. Hahhaha untung aku dan 2 saudara kandungku bukan anak yang terkekang, sehingga tidak nekat main belakang. :')
    tapi gak dibebasin juga, kalo istilah Undang-undang anak-anak mamahku ini bebas terbatas. Hahah
    Kayanya film yang sangat rekomended untuk bisa ditonton seluruh anggota keluarga, semoga isinya "baik-baik" saja sehingga cocok untuk segala usia. :D

    dan itu awkarin, aikenot deh akujenuh mendengar namanya.

    BalasHapus
  9. hmm.. dari mustang jadi ke awkarin ya... gue kira itu namanya somay, ternyata sonay. ahahahaha, somay apaan yang maen di pantai. somay pake bikini kali.. hmm, jadi ceritanya mereka bersaudara kah? kalau ceritanya geng2 cewek, ada satu film korea yang bagus. judulnya Sunny. cuma gue nggak tau itu film disfungsi ereksi atau enggak... maap, maksudnya disfungsional atau enggak.

    BalasHapus
  10. Aku udah niat pengen nulis tentang Awkarin yang bikin Resah umat manusia,,
    ternyata disini sedang dibahas juga muehe .

    BalasHapus
  11. Jadi keinget sama berita kawin paksa.. dikekang, putus sekolah, dikawinin, kabur.. ujung-ujungnya diadopsi keluarga lain karena kawin paksa udah termasuk pelanggaran HAM. pelajaran buat orang tua biar gak terlalu ngebebasin dan ngekang anak keduanya sama-sama bahaya

    BalasHapus
  12. Nice review :)
    Pas baca review nya, lumayan kebawa suasana juga, dikit. Ngeri deh kalo lima saudara semuanya dikekang ama keluarganya. Ehh itu beneran si Nenek ngebentaknya gitu? Gitu pisan? Haha lucu juga.

    Jadi, Cha, sekarang Indra ada dimana?

    Btw, perempuan-nya cakep-cakep tuh yang di film Turki.

    BalasHapus
  13. Weheee, kembali ke andalannya, me-review film. Sekarang mulai nyatet film-film yang di-review blogger ah. Biar kalo lagi iseng, dan banyak bonus kuota bisa download. Hehehe. Kebutuhan internet lagi berkurang soalnya.

    Btw, jadi pengen bikin post yang ada Awkarin-awkarinnya. Dia kan seumuran dengankuu. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. seumuran denganku Rob. jangan sok tuak deh kamu.

      Hapus
    2. Oke deh. Aku masih 14 tahun.

      Hapus
  14. Sama ka aku juga lumayan suka genre ini (genre film, bukan genre kehidupan awkarin) dan penasaran juga sama film2 distas, makin numpuk aja nih film yang mesti didownload

    BalasHapus
  15. Sejujurnya gue emang dari dulu gak pernah membatasi apa aja yang gue tonton. Asalkan positif, gue tonton. Sama seperti film ini. Judulnya agak seperti Mobil, ya cha? Mustang Gue pikir ini adalah kisah anak geng mobil mustang yang keren dan ketje itu.

    Owalah... rupanya tebakan gue kurang bener (alias salah). Rupanya ini kisah keluarga yang terkekang. Tapi serius. Gue sendiri ngebayangin karakternya si Ece itu kasihan banget. Gegara dikekang, dia malah milih bunuh diri. Gue juga, sih. Melihat kentalnya kultur budaya Turki, rasanya di sana (mungkin) masih banyak yang mengalami keadaan seperti itu.

    Segi positifnya dari nonton film gini tuh, keren sih, menurut gue cha. Apalagi Icha yang hidupnya selalu mirip sama film. Heran, gue udah nyoba nyari film yang ada kaitannya sama diri gue, tapi kok rasa maksa kesannya. Tapi serius jumlah saudaramu sebanyak itu cha? Nyes banget cha. Kalo kumpul-kumpul pasti rame banget. Dan kalo udah pulang, kerasa sepi banget. Hem..

    BalasHapus
  16. sebelumnya sorry cha aku masukin instagram tulisanmu hahaha abis gemes.

    Kaget endingnya ke awkarin. aku pikir tante-tante hits kayak kamu cuek sama awkarin, ternyata notice juga hahaha

    Mustang, baca judulnya kupikir itu film indo -____-

    BalasHapus
  17. Kayaknya, Mustang bener-bener film keren deh Chak :D wkwkwk penasaran aku, asem :'

    Kenapa sampai ke Awkarin ya -_- itu siapa sih -_- Eng... Kutang Awkarin pernah dilepas Gaga? Bagus ya pasti bentuknya *INI KEMANA-MANA BANGET SIH wkwkw

    BalasHapus
  18. Openingmu sungguh bikin gue erekzy!
    endingnya bikin gue ...puk puk puk... sabar yuah neng... moga jodohmu segera datang.

    BalasHapus
  19. Yaarabb Teh Cha, aku baca judulnya udah ngakak apalagi opening-nya. APALAGI ENDINGNYA! Teh Cha emang the best :'D
    Ai Mustang itu artinya apa sih? Soalnya baca judul nggak ada Turki-nya sama sekali wkwkwk
    Ngeri kalo jadi anggota Yakuza perempuan. Hukumannya di pentil. Hih. :')
    Yaarabb Awkarin. Riska dari sebulanan lalu ngestalk Awkarin, abis TL askfm rame sama dia. Nyampe pas puncak putus sama Gaga makin rame aja.

    BalasHapus
  20. Yaarabb Teh Cha, aku baca judulnya udah ngakak apalagi opening-nya. APALAGI ENDINGNYA! Teh Cha emang the best :'D
    Ai Mustang itu artinya apa sih? Soalnya baca judul nggak ada Turki-nya sama sekali wkwkwk
    Ngeri kalo jadi anggota Yakuza perempuan. Hukumannya di pentil. Hih. :')
    Yaarabb Awkarin. Riska dari sebulanan lalu ngestalk Awkarin, abis TL askfm rame sama dia. Nyampe pas puncak putus sama Gaga makin rame aja.

    BalasHapus
  21. Kalau melihat anak dikekang sama orang tua ., saya jadi teringat anak saya, apakah saya termasuk ortu yang suka mengekang anak-anak saya atau bukan. Terimakasih untuk selalu mengingatkan, jika ini dibaca para ortu bisa memberi sedikit arti tentang masa-masa remaja yang harus ditempuh!

    BalasHapus
  22. semakin dikekang semakin nakal, bwner juga mbak!

    BalasHapus
  23. Banyak juga ya lima bersaudara. Persis kamu dan kakak-adik kamu ya Cha. Semoga kamu bisa menyelamatkan Nanda dari tangisan sia-sia. Hahahaha. Nanti juga kalau udah magang, lupa.

    Btw, baca ini jadi pengen parodiin Awkalin.

    BalasHapus
  24. Terus si elif apakabar?

    Kalo menurut agama sih menurut gue emang gak boleh "gesek2" kek gitu.. Tapi menurut kebebasan emang itu hak, hak untuk bahagia..

    Dan, itu si karin.. Nangis2in s gaga mele.

    BalasHapus
  25. Kalo mereview film gini, kamu emang jago banget Cha. Aku selalu penasaran tiap baca (0.0)

    Beruntung. Sonay dan pacarnya ternyata jodoh, walaupun mau di nikahin sama Pria berbulu dada nyembul tapi kalau gak jodoh ya gak bisa di paksa ya?! Heuheu.

    Ini di paragraf-paragraf terakhir bikin aku jadi galau. Aku juga baru putus kemaren dan nangis semaleman tapi gak bikin video kayak Awkarin. Percuma, mantan juga gak bakal mau nonton :(

    BalasHapus
  26. Emang paling favorit kalo lu review film Cha.. gimana gitu~~

    Soal awkarin, ya emang lagi masanya aja tuh anak. Dulu gua juga geli bgt sama diri sendiri. Apa apa puisi. Diputusin bikin puisi. Ditinggal gebetan bikin puisi. Keinget mantan bikin puisi. Hadeh..

    BalasHapus
  27. Wah 5 bersaudara yang bahagia, gue mah malah berantem mulu huahahaha.....

    Btw, awkarin mah sekarang udah jadi kiblatnya para remaja goals, tapi apa cuma gue HEATERSnya hahaha...

    BalasHapus
  28. Udah lama gak mampir, mesum'a gak ilang" yah Cha. Tiap pembukaan pasti yang mesum-mesum XD

    BalasHapus
  29. Semacam gak pengen ngeliat videoa si Awkarin ngeriii


    Iya ngeri baper berkepanjangan hahaha
    <( ̄︶ ̄)>

    Waaah mustang itu film Turki, wajib dan harus banget nonton kalo kaya gini mah heheh, meskipun agak geli ngebayangin cowok yg bulu dadanya banyak hhe

    BalasHapus
  30. Pas gie baca postingannya sist, gue langsung ke warkop dowload si Mustang haha

    BalasHapus
  31. Serem amat jenis film yang kau tonton Icha... Kalau saya mending nggak liat keduanya, apalagi disfungsi ereksi, itu sejenis apakah ya Cha??????

    BalasHapus
  32. this blog very useful dan fully information, dont forget to visit also my blog

    Agen Togel
    Agen Togel Terpercaya
    Togel Online

    BalasHapus

POSTINGAN YANG LAKU

GUMPALAN KESEHARIAN

BLOG BINAL INI DILIHAT BERAPA KALI?

PARA PENGETIK YANG TERJERUMUS

Copyright © Pelacur Kata | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com