(88) Days of Haris Firmansyah

Tadinya mau bikin judulnya sama kayak judul film, (500) Days of Summer. Jadi (500) Days of Haris Firmansyah. Cuma post-nya belum nyampe 500 (Ya iyalah, Cha! Orang blognya berumur setahun, dan setahun itu 365 hari!). Dan lagi, kayaknya Bang Haris nggak punya tanda lahir berbentuk hati di lehernya. Kayak tanda lahirnya Summer Finn, tokoh di film itu. 

Maka jadilah judul postingan ini menyesuaikan sama banyaknya jumlah postingan yang ada, juga dicantumkannya nama lengkap pemilik blog harisfirmansyah.com itu. 

Tapi setiap main blog Bang Haris, kita memang seolah diingatkan dengan film (500) Days of Summer lho. 

Coba buka deh blognya, trus lihat nama blognya, Hari-Hari Haris. See? Hari-hari. Days. Satu kata yang mirip sama judul film itu.

Kalau ditelusuri lebih jauh, ada beberapa postingan yang menyelipkan (500) Days of Summer di dalamnya. Mulai dari diselipkannya foto kebersamaan Tom-Summer, foto Summer, review singkat film itu, sampe penemuannya akan efek terbaru saingan Summer’s Effect, yaitu Novi’s Effect. Btw, Novi itu temannya. Bukan mantannya. Kayaknya sih. 

Ngelihat hal-hal itu di blognya, aku sendiri dibuat terperangah kagum sambil bergumam, 

“Ternyata Bang Har suka film (500) Days of Summer. Kirain suka film Jan Dara aja.“

Bagi yang mengenal Bang Haris dari lama, pasti udah nggak asing dengan nama panggilan Pangeran yang disematkan padanya. Tapi bagi yang baru mengenalnya dalam hitungan bulan seperti aku, mungkin setuju kalau personal branding yang dibangun Bang Haris, nggak jauh beda dengan kepribadian Tom Hansen.

Ini Bang Joseph Gordon-Levitt yang meranin Tom Hansen.


Ini Bang Haris. Sumber: Blog Diva Press

Mirip kan? Mereka sama-sama mainin tangan saat berpose. Tom Hansen alias JGL masukin tangannya di kantong. Bang Haris nyilangin tangannya kayak guru pengawas Ujian Nasional.

Cuma Bang Haris sepertinya nggak senaif Tom Hansen dalam mengartikan cinta. Lahirnya juga di Serang, Indonesia. Bukan di Margaret, New Jersey juga kayak Tom Hansen. 

Tapi sekali lagi, mereka berdua punya satu kesamaan yang mencolok. Sama-sama ‘membicarakan’ wanita yang telah mengecewakan. Tom Hansen membicarakan Summer. Bang Haris membicarakan mantan. 

Yeaaaah, mantan. Yang kata Bang Haris sendiri, mantan adalah kata terlarang versi bajak laut. Tapi dia sendiri bukan bajak laut. Jadi dia bebas, leluasa, dan seringkali menuliskan soal mantan di blognya. Seperti yang aku kutip dari postingannya yang berjudul 11 Macam Mantan dan Cara Menghadapinya,

“Selama ini saya sering bahas mantan. Entah kenapa mantan jadi topik yang layak diperbincangkan. Sebagian layak diajak balikan sih. Kali ini saya ingin mengklasifikasikan macam-macam mantan dan bagaimana cara menghadapinya. Pokoknya, kalau udah berurusan dengan mantan, jangan macam-macam deh.”

Setelah paragraf itu, paragraf selanjutnya yaitu tentang klasifikasi mantan dan cara menghadapinya. Terlihat kalau Bang Haris sudah berpengalaman menggeluti berbagai jenis mantan.

Tapi, Bang Haris nggak pernah nyebutin siapa mantan-mantannya. Siapa mantan yang dimaksud dalam tulisannya. Ada satu nama sih, yaitu Ponijah. Ia tulis di buku terbarunya, Unforgettable Baper Moments (satu-satunya buku Bang Haris yang aku punya huhu sedih). Tapi siapa yang percaya kalau itu nama asli?

Alasan nggak dicantuminnya nama mantan di postingannya, adalah karena Bang Haris ingin menyajikan karya, bukan nestapa. Ia menggunakan mantan sebagai bahan utama, kemudian diramu dengan cara yang idealis, kritis, dan tentu saja, humoris. Lalu jadilah sebuah karya yang bukan sekedar berisi curhatan, tapi karya yang sarat akan tawa dan pelajaran berharga. Bikin para wanita yang habis baca, jadi pengen menjerit manja, 

“Bang Haris, tanggung jawab! Sekarang aku sedang mengandung benihmu! Benih tawa yang kau taburkan di tulisanmu! Cepat nikahi aku, Bang! Aku nggak kayak mantanmu, yang selalu menyakitimu. Nggak pernah mau ngurusin kamu. Bohongin kamu. Curangin kamu.”

Trus Bang Haris dan para wanita itu nyanyi lagu Gak Kayak Mantanmu-nya Ello berjamaah, dan Bang Haris di-gangbang. 

Eeeh, nggak ding. Gangbang mah satu cewek dianu banyak cowok ya. Lagian, Bang Har adalah jomblo barokah yang hapal surah Al-Baqarah. Hanya ayat pertama sih. Tapi tetap barokah. Nggak mungkin nge-gangbang cewek.

Btw, bener nggak sih alasannya itu, Bang Har? Bukan karena takut dibaca mantan trus diblokir dari semua medsos kan? *digampar* 

Mantan bukan hanya jadi bahas nulis aja bagi Bang Haris, tapi juga sebagai alasan kenapa memilih genre personal di blognya, hingga ia bisa menulis banyak postingan yang bikin ngakak sampe basah. Ngomong-ngomong, yang basah itu mata, ketawa sampe bercucuran air mata maksudnya. Bukan basah bagian tubuh yang lain.

Alasan lengkap pemilihan itu aku kutip dari postingan Salam Sapa Blogger Personal,

“Saya memilih genre personal dalam ngeblog karena saya bukan mewakili perusahaan atau kabupaten di sini. Saya murni ingin berbagi tentang masalah hidup saya, kegundahan saya sehari-hari, tentang mantan saya yang hobi remove dan blokir saya semaunya. Saya heran, kenapa sih saya nggak bisa akur sama mantan?”

Tuh kan. Mantan lagi. Puk puk Bang Har. 

Eh, nggak perlu dipukpukin sih. Karena Bang Haris kuat dalam menghadapi kemantanan. Hal itu terbukti di banyak postingannya.

Ada satu postingannya yang paling aku sukai, dan yakin aku nggak bakal sendirian kalau orang lain pada baca postingan itu. Yaitu Haris Firmansyah dan Relikui Kemantanan. Bang Haris sangat bijak dalam menghadapi para mantan yang singgah silih berganti di hidupnya. Ya, singgah, bukan menetap. Dimasukkannya beberapa film yang sesuai dengan tema postingan itu, bikin aku jadi makin suka. 

Pokoknya, bagi kaum-kaum susah move on yang kalau kata Bang Haris, ngebaca judul film Ant-Man aja jadi Man-Tan. Bakal ngerasa nggak sendirian, termewek-mewek, terhibur, dan termotivasi kalau bacain blog Bang Haris. Ia menulis tentang mantan dengan dewasanya. Hmm, mungkin faktor umur juga kali ya. Kan udah mau umur 24 tuh.

Ngomong-ngomong soal umur, Bang Haris pernah menuliskan beberapa hal yang ingin ia wujudkan sebelum berumur 25 tahun, di postingan Before 25. Postingan itu sangat menginspirasi banyak orang untuk bermimpi dan mengejar mimpinya, termasuk aku yang cuma punya mimpi menikah di umur 24 tahun. Cetek sekali. Beda banget sama Bang Haris yang nggak puas jadi penulis aja, tapi juga pengen menerbitkan komik. Aku bisa jadi pengetik (baca: blogger) erotis aja udah sujud syukur. 

Ya, ada kata komik barusan. Di blognya kita bisa ngebaca postingan yang merekomendasiin beberapa komik keren, trus anime favoritnya, juga ada cerita bergambar (cergam). 

Selain jadi bacaan para kaum sumo (susah move on), blognya juga bisa menjadi surga bagi para pecinta komik dan anime. Kalau bagi para pecinta hentai sih, nggak. Atau belum? Entahlah. 

Bang Haris suka berimajinasi, lalu menuangkannya ke tulisan. Oleh karena itu, kita jadi bisa ngebaca postingan-postingannya yang nge-remake sinetron dan film jadul, ada di awal-awal ia ngeblog. Daya ingatannya yang kuat dan kemampuannya memplesetkan segala hal yang serius jadi lucu, bikin yang baca jadi nungguin postingan-postingan Bang Haris berikutnya.

Di blognya kita juga bisa menjumpai pengamatan-pengamatannya akan banyak hal, lalu dituliskan dengan gaya komedi bikin-ngakak-sampe-basah-mata-loh-ya-bukan-bagian-tubuh-yang-lain. Salah satu postingan observasinya yaitu 7 Artis yang Tidak Boleh Baca Doa Puasa di SCTV. Aku sukses dibikin ketawa ditutup dengan mendesah, saking lucu dan basahnya. Kok bisa kepikiran ya Bang Haris bikin begituan? Hal-hal yang dipandang remeh oleh kebanyakan orang, malah jadi sesuatu di tangan Bang Haris. 

Masih ada lagi. Blog Bang Haris juga memanjakan para pembacanya dengan postingan tentang review film dan bedah lagu. Bukan sembarang review film dan bedah lagu, karena dibumbui dengan gaya penulisannya yang bikin basah itu. Ya, sekali lagi, mata yang basah. Mikir mesum mulu yang baca deh!

Di blognya, Bang Haris punya rubrik Ngobrol-Ngobrol Ngondek yang sedap buat dibaca. Sudah banyak orang-orang hebat yang berhasil ia ajak obrol. 

Salah duanya ada Hadi Kurniawan, sang blogger, penulis, sekaligus sahabat ngondek Bang Haris. Dan ada Milfachu, seorang wanita yang ngomikin Twit-nya Raditya Dika. Ngobrol-Ngobrol Ngondek bukan sekedar ngobrol-ngobrol yang ngondek, tapi juga menginspirasi. Bermula dari iri, kita akhirnya jadi termotivasi untuk bisa seperti bintang tamu NNN. Minimal, termotivasi untuk jadi seperti Bang Haris, yang haus akan ilmu menulis dari para tamu-tamunya itu. 

Blog Bang Haris sama kayak film (500) Days of Summer. Isinya bukan sekedar cerita dari lelaki yang pernah dikecewakan. Mereka berdua nggak menghabiskan hari-harinya hanya untuk merancap sambil mandangin foto mantan. 

Mereka bisa mengejar mimpinya. Tom Hansen mengejar mimpinya menjadi arsitek. Sedangkan Bang Haris mengejar mimpinya menjadi penulis, juga punya blog yang humoris-humoris manis. Blog yang entah disadari empunya atau enggak, telah mengajarkan bahwa sudah nggak jaman lagi mantan jadi alasan buat ngejomblo. Jamannya itu, mantan jadi alasan buat menulis. 

Well, itulah review blog Bang Haris Firmansyah dalam rangka Giveaway 1st Anniversary-nya. Sebenarnya aku rada pesimis buat ikut. Seperti yang udah kalian baca, aku nggak bisa nge-review. Huhuhu.

Kalaupun nggak menang, anggap aja ini kado buat anniversary Bang Haris dengan blognya. Aku cuma seorang blogger, jadi bisanya cuma kasih kado beginian. Coba kalau aku ini penari striptis atau yang biasa disebut stripper, aku bakal kasih Bang Haris lap dance. Alias tarian pangkuan. 

Astagfirullah, kalimat penutup macam apa itu?

You Might Also Like

57 komentar

  1. Tarian pangkuan? Mauuu, Cha. Mau.

    Baca ini, saya ngakak-ngakak sendiri. Ya Allah. Icha, kamu lucu banget sih. Paham banget sama maksud dari tulisan-tulisan saya. Tau banget kalau saya masih belum bisa move on dari (500) Days of Summer. Saya jadi terharu. Bisa nggak bikin beginian tiap hari, Cha? Atau khusus kamu, panjang tulisannya harus 100 halaman A4 font TNR 12pt. Biar saya happy. Hahahaha. Ternyata saya narsis juga.

    Btw, makasih kadonya, Cha. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Bentar ya, Bang. Aku mau ambil cambuk dulu biar greget :D

      Huaaaaaaaa makasih ya, Bang Har. Aku juga ngakak-ngakak sendiri baca komen Bang Har ini. Eh, senyum-senyum sendiri sih. Ini baru pertama kali nge-review blog orang soalnya. Iya menurutku Bang Har suka banget sama (500) Days of Summer. Oh iya, itu pake tanda kurung ya. Aku lupa, Bang. Huhuhu. Ini aku edit postingannya nggak papa ya, Bang. Duuuh Ichaaa kok bego banget sih :'D

      Hahaha. Buseeet 100 halaman. Asal dikasih bocoran mantan paling jahat nomor satu versi Bang Har, bisa deh kayaknya :D

      Iya sama-sama, Bang :)

      Hapus
    2. Sebenarnya di wikipedia ditulis 500 Days of Summer. Dan saya bacanya Maratus Deis of Samer.

      Nanti saya kasih hint mantan paling jahat nomor satu itu deh. Yang jelas mantan saya yang itu bikin saya ngerasa kayak Tom Hansen.

      Hapus
    3. Hahaha iya, Bang. Aku juga bacanya kayak gitu. Males gitu ya mesti ngingat bahasa Inggrisnya 500 itu apa.

      Okesip. Nah kan beneran mirip Tom Hansen :D

      Hapus
  2. kayaknya sih harusnya setahun kan 365 hari ca haha dan ini tulisan buat GA yang setahun haha tapi kenapa ambilnya 88 ? lagi kepikiran sama densus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat GA yang setahun, Mas Fan. Aku ambilnya 88 karena jumlah postingannya ada 88 dari awal ngeblog sampe hari ini. :D

      Hapus
    2. 88 postingan dari awal ngeblog? wah ya banyak cha X)

      Hapus
    3. Iya banyak, Mas Fan. 69 aja udah banyak, apalagi 88 xD

      Hapus
  3. Oh bang haris suka berimajinasi
    Ajarin om eh bang eh tante haris gimana caranya supaya berimajinasi? Apa nunggu pelangi nongol dikepala dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta ajarin Spongebob aja, Bang Nik. Gampang lagi kalau sama dia, tinggal masuk dalam kotak aja :D

      Hapus
  4. Lalu gue cuma mau nanya, "Review yang baik itu kayak gimana?" Soalnya nggak bisa review juga. Tapi ini review cukup oke, sih. Bikin pembaca penasaran sama Haris. :))
    Tarian pangkuan? Saya beneran nggak tahu apa itu, Kak. Tolong dikondisikan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita satu golongan berarti, Yog. Sama-sama nggak bisa review. Eh tapi kamu bisa ah. Review Huawei, trus review perasaan kamu habis diduain sama dia. *ini apa dah*

      Makasih pujiannya, Kakak Yogaaaaa :)

      Huahaha maaf maaf :'D

      Hapus
    2. Ini contoh review yang baik, Yog. Ikutan ya. :D

      Hapus
  5. Selama ini liat bang haris cuma dari avatarnya yg kayak mice kartun, ternyata bedaaa ya, aslinya keren juga
    Yg pernah kubaca dari sekian artikel bang haris, yg tulisan umur 25 itu
    Klo ngobrol ngobrol ngondek dibikin singkatan kayaknya kebacanya lebih pantes ng-ng-ng
    Hahaaa

    Klo mantannya bang haris, salah satunya blogger n penulis juga bukan dih hihihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Har, baca nih! Dibilang keren sama Mbak Nita xD

      Hahaha iya juga ya, Mbak Nit. Aku juga bacanya gitu. Untungnya nggak kebacanya nenen. Astagfirullah, itu apa sih, Cha :(

      Yang Vindy Putri bukan? Hihihihi juga aaaaah :D

      Hapus
    2. Waduh Dek Nita bikin saya ge'er aja. :D

      Iya, itu mantan saya yang terakhir. :p

      Hapus
  6. Ya Allah ini review lengkap bangeet. ;')
    Tetep yaa bumbu-bumbu "Dewasa" nya ga ketinggalan. Gak ngerti lagi deh cha. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha. Panjang bener ya, Dib. Pusing bacanya :D

      Iya, kamu aja nggak ngerti sama aku, aku sendiri tambah nggak ngerti, Dib :'D

      Hapus
  7. Bhahahaaaa ini reviewnya lengkap banget, Cha. Pake disamain dengan 500 days of summer. Bisa aja yawloh :'D
    Kamu nge-reviewnya pake ciri khas kamu banget. Segala bawa bawa basah karena ngakak dengan tulisan-tulisan bang Har. Hahahaaa
    Aku jadi pengen penasaran dengan setiap link tulisan bang Har yang kamu tulis di atas. Wkwkw
    Aku barusan baca before 25 nya bang Haris. Bikin aku nyadar kalo harapan-harapan aku cetek banget. Nggak ada apa-apanya. Hahahaaa mau nangis aja aku.

    Keren bangetlah ini reviewnya. Makin panjang malah dibikin sukses penasaran sambil ngakak-ngakak. HAHAHAAA
    Semoga menang, Ichaaaa :D
    Tapi, Cha. Mungkin aja sih bang Har nge-gangbang cewe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha lengkap karena panjang juga kalau dibaca, Lan. Aku susah ngilangin kebiasaan buat nulis nggak panjang. Hiks. Hahaha iya nih aku keingat film 500 Days of Summer pas buka blog Bang Har, jadi yaudah deh :D

      Alhamdulillah kalau masih ada ciri khas dan bikin penasaran :D Nah iya kan, jadi ngerasa cetek. Eh tapi impian kamu banyak juga kok, Lan. Aku ada baca di foto yang kamu kirim ke Darma. Kamu tulis di buku gitu impian kamu. Ihiiiiy~ :D

      HAHAHAA HUAAAAA MAKASIH YA WULAN EDEMBRANG GEDEMBRUNG MUAAH MUAAAH MUAAAH. IYA AAMIIN. AKU NGAREP BANGET DAPAT BUKU BUAT NEMENIN BUKU BAPERKU. :'D

      Ngg... iya kali ya, Lan. Nge-gangbang mantan-mantannya mungkin? Eh hahaha.

      Hapus
  8. Si icha bisa banget nyamain review dengan judul film, dasar emang icha selalu update dengan film sih. Bagus juga bisa jadi bahan untuk acara GAnya bang haris.

    Moga menang n good luck cha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Emang dasarnya aku bisanya cuma kayak gini, Wid. Belum pernah review blog orang juga :'D

      Makasih ya, Wida caem. Aamiin :)))

      Hapus
  9. udah tau ni blog waktu kemarin cari reviewnya comic part 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho. Keren kan blognya? Tambah keren lagi karena ngadain GA, Bang Heru. Hadiahnya seru-seru loh :D

      Hapus
  10. Wah muantappp gaya pose fotonya sederhana namun muantappp.

    BalasHapus
  11. Cha kirain gangbang itu jalan menuju Bank B*I biar lebih cepet sampe'a

    Hahaha dari Ant-Man bisa jadi Man-tan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Chisanak mah pura-pura polos :p

      Hahahaha kamu gitu nggak, Chisanak? :D

      Hapus
  12. nggak kenal si Haris ini siapa. tapi jadi pengen ngunjungi blognya karena Icha bilang ada mirip-miripnya sama (500) Days of Summer, soalnya ada seseorang yang pernah dekat dan nyuruh aku nonton film itu. makanya pas dengan judul filmnya jadi inget si beliau itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau upaya mirip-miripin itu bikin jadi pengen ngunjungin :D

      Filmnya bagus kan? Ciyeee beliau siapa tuh? :D

      Hapus
  13. Nyama-nyamainnya agak dipaksa-paksa gitu ya xD
    Baru pernah baca tulisan ngereview blog orang lain. Mantap, ye. Lengkap banget sampai ke mantan-mantannya juga dibongkar abis haha tampaknya bang Harisnya ini selalu dikelilingi mantan ya xD

    Moga menang giveawaynyaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih, Nis. Namanya juga usaha. Tapi memang mirip kok makna yang terkandung di film itu dengan blog Bang Haris :D

      Iya, Bang Haris sang kolektor mantan kayaknya. Peace, Bang Har xD

      Oke sip. Aamiin. Makasih ya, Nis! :)

      Hapus
  14. Wah, ngeblog ngebahas mantan?
    kayaknya gak bakalan kehabisan story tuh cha?
    Hmmm.... jadi terinspirasi buat posting masalah mantan... tapi gue bingung, mantan yang mana? mantan Lurah kalee yeee? xixixii..

    Ternyata buat GA to?
    Sip sip sip.. Reviewnya okey Cha, serius :)
    sukses yah dg GA nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, Mas. Mantan bisa jadi sumber inspirasi ya :D

      Bahahaha. Boleh boleh. Mantan presiden juga boleh. Tentang Pak SBY gitu.

      Huaaaa makasih ya, Mas. Oke sip. Ikuta GA juga dong, Mas :D

      Hapus
  15. lha orang gak bisa review aja sebagus ini cha, apalgi kalo bisa review ya cha. keren tulisanmu cha.
    bikin senyam senyum baca tulisanmu ini. bang haris emang sering dia ngomongin soal mantan, beberapa kali baca postinganya yang dibahas mantan manatan dan mantan, keren juga sih penulisanya enak dibaca.

    buat GA ya cha, sukses buat GA nya cha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh dibilang bagus sama keren. Alhamdulillah. Berarti aku nggak kapok buat review blog orang lagi. Bahahaahaha.

      Makasih ya, Di. Iya bener, ngomongin mantan tapi nggak ngebosenin dan keren ya, Di :D

      Iya buat GA. Oke sip makasih. Ayok kamu ikutan GA-nya juga dong, Di! :D

      Hapus
  16. Aku kok berimajinasi liar ya sama 'Tarian Pangkuan' :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAHAHAHAHAHA AMPUUUUN. Mau aku kasih tarian pangkuan, Feb? :p

      Hapus
  17. Ngebaca reviewnya Icha, gue kok jadi ngerasa gak pengen ikutan GA bg Haris lagi. Ini bener-bener mantep. Reviewnya emang gak biasa. APalagi, ada materi buku yg diikutkan. Keknya, gue hening dulu, deh. Semoga aja bisa nemu Inspirasi lain.

    Logikanya gue suka banget, karena ICha emang update banget soal Film, dan sepertinya bener2 penikmat film. Semoga menang, ya cha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Pangeran bisa aja mujinya. Hehehe. Jadi cengengesan nih. Tetap ikutan dong. Pangeran mah udah sering review ini itu, blog orang kayaknya apalagi. Lah aku baru ini, apalah aku yang blogger amatiran ini :'D

      Iya bisa dibilang aku penikmat film. Soalnya kalau jadi penikmat kamu, belum halal, Pangeran. *ini apa sih* Oke sip. Makasih ya! :D

      Hapus
  18. Waaak jangankan mantan, gebetan aja kujadiin bahan tulisan hihhi biarin ajaah selama gak minta royalti O(∩_∩)O

    Jadi penasaran nih sama si bang Haris, jebolan divepress juga yak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha iya, Vir. Mereka berguna buat jadi bahan postingan ya. Nggak cuma jadi bahan galauan aja: D

      Yuks segera meluncur ke blognya. Nah kalau itu aku kurang tau, Vir. Diva Press itu penerbit mayor dari Jogja bukan?

      Hapus
  19. ngebahas mantan cha?? ah sudahlah..

    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya ngebahas blog yang jadiin mantan buat bahan postingan bikin ngakak, Thur. Huahaha. Ah kamu masih susah move on dari mantan kah? Puk puk Fathur: 'D

      Hapus
  20. Cha, Jan Dara film apaan sih? Penasaran karena ada Dara-Dara nya haha.

    Astaghfirullah, itu kalimat penutup... Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film drama erotis dari Thailand, Dar. Yang main si ganteng Mario Maurer :D

      Bahahaha. Maaf ya, Dar. Maklumin aja ya :'D

      Hapus
    2. Yah... Gak jadi mau nonton deh ini kayaknya... Drama erotis :/

      Hapus
    3. Iya baiknya nggak usah ditonton, Dar. Adegannya banyak yang nyeselin. :(

      Hapus
  21. yeah, sesi bedah-bedah blog tetannga. setiap blog pasti punya ya... katakan "rubrik" nya sendiri :)
    dan sudah kuduga, setelah melihat judulnya gue berasumsi pasti ada hubungannya sama 500 days of summer. hahaha, ini orang tau aja film 18 nya thailand.. pasti gara2 yang main mario maurer tuh. kalau enggak, kayaknya itu film nggak laku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, Jev. Itu bisa jadi ciri khas blog tersebut :D

      Huahahaha. Iya gara-gara ada Mario Maurer. Daya tariknya memang di Mario Maurer ya :D

      Hapus
  22. Cha, review lo lengkap and keren begini. Bener kata Wulan, lo nge-reviewnya pake ciri khas lo dan hasilnya mengalir lancar pas dibaca. Ini gua doang yang ngerasa atau gimana ya, kok abis baca ini gua jadi ngebayangin apa jadinya kalo lo nge-review blog gua sendiri haha, penasaran kalimat apa yang bakal lo tuangin. :D (tiba-tiba imajinasi gua bergerak liar haha)

    Wah hebat deh Bang Haris, mengejar mimpinya sebagai penulis, dan gua mengutip kalimat lo: "Blog yang entah disadari empunya atau enggak, telah mengajarkan bahwa sudah nggak jaman lagi mantan jadi alasan buat ngejomblo. Jamannya itu, mantan jadi alasan buat menulis" --> this is it, disalurkan jadi sesuatu yang positif hehe.

    Lo sukses ngebuat gua ngakak pas baca ini: "merancap sambil mandangin foto mantan" hahaha :D Ya Allah Icha, kalimat penutupnya segala pake lap dance haha. Oke, semoga menang GA-nya ya Cha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaaaaaa senengnya :D Alhamdulillah. Makasih ya, Bay. Haha duh sampe berimajinasi gitu, Bay. Blog kamu selalu memotivasi para pembaca dan beraura positif. Lagu yang kamu ceritain di akhir postingan juga bagus-bagus. Coba kalau kamu nulisnya tentang keluhan nggak ada rasa bersyukurnya melulu trus lagu yang kamu tulis di akhir postingan itu lagu Lingsir Wengi, blog kamu fix beraura negatif, Bay. Serem. :|(Imajinasiku juga langsung bergerak liar hahaha)

      Iya, Bang Haris bisa ngewujudin keinginannya. Bener, Bay. Harusnya kesedihan atau malapetaka yang kita terima, disalurkan jadi sesuatu yang positif yak :D

      Hahahahaa. Alhamdulillah aku bisa ngelucu juga. Iya nggak tau tuh tiba-tiba terpikir lap dance. Hahaha. Oke sip. Aamiin. Sekali lagi makasih ya, Bay :)

      Hapus
  23. itu give away 1st anniv cha ? kalau aku liat dari deskripsimu di atas dia berasa jadi kayak sosok yang udah lama ngeblog gitu deh.
    Semangat semoga kamu menang give awaynya karna udah mirip miripin doi sama pemeran utamanya 500 day of summer. Nice try to spik him cha!

    Terlihat kalau Bang Haris sudah berpengalaman menggeluti berbagai jenis mantan.
    Btw kenapa aku jadi mikir aneh pas baca kalimat ini ? huhu. 'menggeluti'. Astaghfirullaaaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Li. Huahaha karena aku nulisnya kepanjangan ya? Eh enggak sih kayaknya. Gara-gara Bang Haris itu penulis dan blognya keren isinya berbagai macam tulisan, jadinya kayak udah lama ngeblog gitu :D

      Aamiin. Makasih ya, Li! :)

      Huahahaha. Habis aku bingung mau pake kata apa lagi :'D

      Hapus
  24. Ya Allah, sering banget liat Haris Firmansyah ini, di Facebook atau di Gramedia (bukunya). Dan selama ini belum pernah baca blognya. Aduh, sebagai blogger, mainku kurang jauh :(

    Padahal di situ ada pos "Salam Sapa Blogger Personal", yang mencirikan Blogger Energy dan gue termasuk anggota BE. Sedih banget baru kenal sekarang.

    Btw, semoga review ini membawa kemenangan. Eh iya, masih berlaku, kan, doa yang gue kasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Robby. Buruan main ke blognya, Rob. Dijamin bakal nggak mau pulang, maunya digoyang.

      Hahahaha. Oh jadi anak BE diwajibkan buat nulis postingan itu ya? Baru tau fakta ini nih. Mudahan bisa nulis postingan begitu juga. Jadi anak BE. Ya ampun aku ngarep banget :'D

      Masih berlaku kok, Rob. Aamiin. Makasih ya atas doanya :)

      Hapus
  25. Wah kami Sangat Senang Bisa Menemukan Artikel Sebagus Ini Dan Sangat Bermanfaat Sekali, Kami Menunggu Artikel Berikutnya Yah Gan.

    Poker
    Agen Poker
    Agen Poker Online
    Agen Poker Terpercaya
    Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Terpercaya
    Poker Online Aman dan Terpercaya

    BalasHapus